.

Senin, 18 September 2017

PEMANFAATAN ENERGI NUKLIR DI INDONESIA

PEMANFAATAN ENERGI NUKLIR DI INDONESIA

@ProyekA03, @E03-Rayhan
Oleh Rayhan Ismed

                                   

PENGERTIAN

nuklir berarti bagian dari atau yang berhubungan dengan nukleus atom (inti atom).. Dalam  fisika nuklir, sebuah reaksi nuklir adalah sebuah proses di mana dua nuklei atau partikel nuklir bertubrukan, untuk memproduksi hasil yang berbeda dari produk awal. Pada prinsipnya sebuah reaksi dapat melibatkan lebih dari dua partikel yang bertubrukan, tetapi kejadian tersebut sangat jarang. Bila partikel-partikel tersebut bertabrakan dan berpisah tanpa berubah (kecuali mungkin dalam nuklir energi), proses ini disebut tabrakan dan bukan sebuah reaksi.

Membangun sebuah instalasi energi yang mampu menyuplai listrik dalam jumlah yang sangat besar menjadi kebutuhan bagi Indonesia saat ini. Di tengah krisis energi yang dihadapi, berbagai macam solusi berusaha diterapkan. Penelitian tentang elaborasi energi alternatif digencarkan. Rencana pembangunan pembangkit listrik baru juga digalakkan. Salah satu ide yang masih mengundang kontroversi saat ini adalah mengenai rencana pemerintah untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir. Nuklir layaknya pisau bermata dua. Keunggulan nuklir terletak dari kemampuannya untuk menghasilkan energi yang sangat besar tanpa menghasilkan produk sampingan berupa emisi gas rumah kaca. Selain itu, nuklir merupakan sumber energi yang bersih, yang tidak menghasilkan gas-gas berbahaya seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, aerosol, dan lain-lain. Meskipun menghasilkan limbah padat, hasil sampingan tersebut hanya sedikit bila dilakukan dalam proses normal.

Berbagai pandangan miring tentang nuklir dianggapnya sebagai suatu bentuk ketakutan atas sesuatu yang tidak diketahui. Nuklir memiliki potensi yang sangat besar untuk menyelamatkan Indonesia dari krisis energi.

Apakah PLTN ini bisa menjadi jalan keluar krisis energi Indonesia?

Kita tentu mengharapkan nuklir bisa berperan dalam membantu mengatasi krisis energi nasional. PLTN diperlukan untuk mendukung terwujudnya keamanan pasokan nasional secara berkelanjutan energi (energy security of supply). PLTN dinilai secara kompetitif terhadap PLTBatu bara, di mana PLN sendiri telah membuat studi pada 2005,yang berasumsi pertumbuhan listrik 7% per-tahun.

Di studi tersebut, penggunaan BBM dan gas tidak dipertimbangkan karena alasan yang sudah jelas, ketersediaan sumber daya. PLTN dapat menghasilkan energi listrik kapasitas tinggi pada lahan yang luasnya terbatas, dan operasionalnya tidak tergantung pada fluktuasi harga BBM di dunia.

Jadi, keunggulan nuklir sudah jelas. Selain dapat membantu mengurangi laju pemanasan global karena PLTN ramah lingkungan tanpa gas rumah kaca dan gas buang berbahaya lainnya, ia juga aman dan ekonomis.

Bagaimana awal mula sejarah nuklir di Indonesia?

Indonesia memang tidak begitu populer dibandingkan negara-negara semisal Iran, Korea Utara, Tiongkok, dan lainnya mengenai riset nuklir. Di Indonesia sendiri Nuklir masih menjadi perdebatan, karena memang keberadaannya sangat rentan. Beberapa ahli mendukung pembuatan dan pengembangan reaktor Nuklir di Indonesia, namun tak sedikit pula yang menolak pembangunan reaktor nuklir tersebut, karena dikhawatirkan dampak radiasinya yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia.

Manfaat Energi Nuklir Bagi Manusia

Dalam Bidang Medis

Manfaat energi nuklir bagi manusia dalam bidang medis yakni sebagai diagnose dan juga terapi radiasi. Hal ini tentunya sangat berguna bagi mereka para penderita kanker. Pada bidang ini sering disebut juga sebagai kedokteran nuklir. Sinar X merupakan salah satu hasil dari pengembangan teknologi ini yang dikembangkan oleh banyak ahli di seluruh dunia. Sebagai kesimpulan teknologi nuklir tidak hanya digunakan sebagai senjata saja, melainkan dalam bidang medis untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Dalam Bidang Pertanian

Manfaat energi nuklir bagi manusia berikutnya adalah dalam bidang pertanian. Lalu apa yang dimaksudkan dalam bidang pertanian? Apakah makanan yang akan dikonsumsi terkontaminasi denan radiasi? Dalam hal ini teknologi nuklir disebut dengan istilah Irradiasi makanan. Irradiasi makanan merupakan proses memaparkan bahan makanan dengan menggunakan ionisasi radiasi. Proses tersebut kedengarannya berbahaya, namun tahukah Anda bahwa proses tersebut bertujuan untuk menghancurkan bakteri, virus, maupun juga serangga yang terdapat pada makanan. Proses ini menggunakan radiasi dar sinar X, sinar gamma, dan electron dari hasil pemercepat electron.

Dalam Bidang industri

Selanjutnya adalah manfaat nuklir dalam bidang industri. Saat ini banyak negara yang memanfaatkan energi nuklir dalam bidang industri. Sebagai contoh dalam proses eksplorasi serta gas, penggunaan teknologi ini sangat bermanfaat. Dibutuhkan guna menentukan dari sifat bebatuan yang terdapat di sekitar seperti litografi maupun porositas. Penggunaan teknologi nuklir menggunakan neutron, sumber energi dari sinar gamma dan juga detector radiasi yang sudah ditanam pada bebatuan yang akan diteliti.

Kemampuan dari radiasi nuklit ini memiliki daya tembus yang sangat tinggi, sehingga sangat efektif untuk pemeriksaan bahan tanpa harus melakukan perusaan terlebih dahulu. Selain digunakan untuk proses eksplorasi gas serta minyak, teknologi nuklir juga digunakan untuk mengukur kelembaban dan kepadatan serta sebagai perancangan konstruksi jalan. Baca Juga Kelebihan Root pada Android dan Kekurangannya.

Dalam Bidang pembangkit Listrik

Teknologi nuklir digunakan juga dalam pembangkit listrik. Konsep ini diterapkan oleh negara-negara maju di dunia seperti Jepang, Jerman, Inggris, dan negara maju lainnya. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir memang memberikan energi listrik sangat besar ketimbang energi dari fosil. Namun dalam penerapan sebagai pembangkit listrik dibutuhkan biaya yang tidak sedikit serta membutuhkan perhatian khusus dalam hal keamanan agar radiaktof dalam reactor tidak bocor.


DAFTAR PUSTAKA:

Thursday, 14 March 2013 Nuklir: Pengertian , bahan pembuatnya , dan Kegunaan https://sainsforhuman.blogspot.co.id/2013/03/nuklir-pengertian-bahan-pembuatnya-dan.html

Nadya Priscilya Hutajulu Pemanfaatan Energi Nuklir di Indonesia http://menulisproyek-blog.tumblr.com/post/19678329470/pemanfaatan-energi-nuklir-di-indonesia


13.56.00  Fisika, Pilihan http://www.lintasains.com/2017/03/perkembangan-nuklir-di-indonesia.html

adhiMANFAAT ENERGI NUKLIR BAGI MANUSIA http://dbagus.com/manfaat-energi-nuklir-bagi-manusia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.