.

Senin, 04 September 2017

PEMANFAATAN BAHAN KIMIA






 
@E10-Farhan, @ProyekA01
Oleh: Muhamad Farhan Naufal

Manfaat Bahan Kimia Pada Makanan:

Bahan kimia mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan sehari – hari kita. Sadar atau tidak berbagai bahan kimia telah digunakan sejak dulu, karena sudah tidak asing lagi bagi kita karena sering menggunakannya dalam kehidupan sehari hari. Berikut bahan kimia (zat adiftif) yang biasa kita gunakan dalam makanan.

A.    Pengertian Zat Adiftif
Untuk bertahan hidup, manusia tidak lepas dari makanan. Karena makanan berguna untuk mendapatkan energi, memperbaiki sel – sel yang rusak, pertumbuhan, menjaga suhu dan menjaga agar badan tudak terserang penyakit.
B.     Macam – macam Zat Adiftif Pada Makanan
1.      Asam Benzoat
Asam Benzoat adalah zat pengawet yang sering digunakan dalam saos dan sambal.  Asam benzoat bertujuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri terutama untuk makanan yang telah dibuka dari kemasannya.
2.      Monosodium Glutamat (MSG)
Monosodium glutamat atau MSG adalah salah satu bahan tambahan makanan
Yang digunakan untuk menghasilkan cita rasa yang lebih enak dan lebih nyaman kedalam masakan.
3.      Kalium Sorbat
Kalium sorbat merupakan salah satu dari garam – garaman sorbat yang lainnya yaitu K, Na, dan Ca sorbat. Garam sorbat itu lebih sering digunakan karena mempunyai kelarutan yang lebih baik dalam air dan bekerja dalam keadaan tak terdisosiasi, dengan keaktifan 10 – 600 kali bentuk asamnya.
4.      Tartazim
Tartazim adalah salah satu zat pewarna buatan yang berwarna kuning dan dipergunakan secara luas dalam berbagai makanan olahan.
5.      Sakarin dan Siklamat
Penggunaan sakarin dan siklamat sebagai zat pemanis makanan dari beberapa penelitian ternyata dapat menimbulkan karsinogen.  Siklamat yang memiliki tingkat kemanisan yang tinggi dan enak rasanya tanpa rasa pahit walaupun tidak berbahaya dan digunakan secara luas dalam makanan dan minuman.
C.     Keuntungan Zat Adiftif
Penggunaan zat adiftif ini memiliki keuntungan meingkatkan mutu makanan dan pengaruh negatif bahan tambahan pangan terhadap kesehatan. Agar makanan lebih menarik dan rasa yang enak maka perlu ditambahkan bahan makanan yang dikenal dengan nama “food additive”.

Fungsi Bahan Kimia Pada Makanan:  

Penggunaan bahan kimia dalam makanan sudah sejak dulu dilakukan, misalnya asam cuka untuk membuat acar, garam yang mengandung nitrit dan nitrat untuk mengawetkan makanan dan lain sebagainya.
Saat ini penambahan bahan kimia dalam makanan berfungsi lebih luas, diantaranya untuk:
  1. Meningkatkan nilai gizi dengan cara menambahkan vitamin dan mineral dalam bahan makanan
  2. Mengawetkan makanan untuk mencegah kerusakan makanan akibat bakteri, jamur atau kelembaban udara sehingga makanan dapat tahan lama
  3. Menyedapkan dan mewarnai makanan untuk menambah cita rasa dan membuat penampilan makanan menjadi lebih menarik
  4. Mengentalkan makanan, seperti yang terdapat pada sup dan puding instan
  5. Mencampur air dan lemak agar dapat bercampur membentuk emulsi dan kemudian agar tidak berpisah lagi ditambahkan bahan penstabil, misalnya pada es krim dan mayones.

Daftar Pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.