.

Selasa, 12 September 2017

Mengenal Polimer

@D10-Khalil , @ProyekB02
Oleh Khalil Gibran Setiaman


PENGERTIAN

Apa sih definisi dari Polimer ? Kata polimer sendiri berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu Poly dan Meros. Poly artinya banyak sedangkan Meros berarti unit atau bagian. Polimer merupakan senyawa yang besar yang terbentuk dari hasil penggabungan sejumlah (banyak) unit-unit molekul kecil. Unit molekul kecil pembentuk senyawa ini
disebut monomer. Artinya senyawa polimer terdiri dari banyak monomer. Polimer bisa tersusun dari beribu-ribu atau bahkan dari jutaan monomer, Sehingga dapat disebut sebagai senyawa makromolekul. Sumberdaya alam banyak menyediakan berbagai jenis polimer, mulai dari protein,selulosa,katun,wol. Semua bahan alami tersebut tergolong makromolekul. Berbagai hasil penelitian mengenai polimer telah terbukti dapat memperbaiki kesejahteraan hidup manusia, karena polimer sering diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

FAKTOR FAKTOR APA SAJA YANG MEMPENGARUHI SIFAT SIFAT POLIMER
Sifat polimer didasarkan pada hal-hal berikut :

Panjang rantai
Semakin panjang rantai polimer, maka kekuatan dan titik leleh senyawanya semakin tinggi.
Gaya antarmolekul 
Semakin besar gaya antarmolekul pada rantai polimernya, maka senyawa polimer akan semakin kuat dan semakin sulit meleleh.
Percabangan
Rantai polimer yang memiliki cabang banyak akan memiliki daya regang rendah yang disertai mudahnya meleleh.
Ikatan silang antar rantai polimer
Ikatan silang antar molekul menyebabkan jaringan menjadi kaku, sehingga bahan polimer menjadi keras dan rapuh. Semakin banyak ikatan silang yang dimiliki oleh polimer, maka polimer akan semakin mudah patah

MANFAAAT APLIKASI KEGUNAAN DARI POLIMER

Tentu saja polimer juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari :
-         Polimer jenis PE polietilena lebih banyak digunakan untuk plastic pembungkus, pembukus makanan, dan kantung plastic.
-        Polimer jenis polietilen tereflatat PET dapat digunakan sebagai bahan pembuatan film, tas plastic, dan jas hujan.
-        Polimer jenis politetrafluoretena, Teflon banyak digunakan sebagai pelapis karena tahan terhadap panas, dan permukaan licin. Contoh penggunaannya adalah untuk penggorengan karena tidak lengket ketika dipakai untuk memasak.
-         Polimer jenis polivinil klorida banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pipa dan karpet.
-        Nilon adalah jenis polimer yang merupakan salah satu bahan serat sintetis yang cukup kuat dan banyak digunakan sebagai bahan sandang, pakaian.
-       Karet alam atau poliisoprena merupakan jenis polimer yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pembuatan ban/roda kendaraan,sepatu,sarung tangan.
-        Sutra merupakan jenis polimer yang diperoleh dari protein kepompong ulat sutra. Polimer dari jenis ini banyak digunakan sebagai bahan untuk pembuatan bahan sandang karena memiliki serat yang bermutu sangat baik.


Daftar Pustaka
RadenWinata.2013.pengertiansifatmanfaatcontohkegunaandalamhttp://radenwinata.com/pengertian-sifat-manfaat-contoh-kegunaan-polimer.html
Suharsini, M., Saptarini, D., & Heryati, S.H.A. (2007). Kimia dan Kecakapan Hidupdalamhttp://kimiadasar.com/kegunaan-polimer/

Hidayat,Atep Afia dan Muhammad Kholil.2017.Kimia, Industri dan Teknologi Hjau. Jakarta: Pantona Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.