.

Selasa, 05 September 2017

KIMIA DALAM BIDANG PERTANIAN

 @ProyekB01@D16-Fauzi. 
Di buat oleh: Fauzi Fathiyakan



Tujuan dikembangkannya ilmu kimia adalah untuk meningkatkan taraf hidup manusia melalui penemuan dan pengembangan material-material baru sehingga mempermudah untuk melakukan pekerjaan atau kegiatan. khusunya dalam bidang pertanian banyak sekali peranan, seperti halnya :
1.Dalam pembuatan Pupuk Tunggal            
        Pupuk tunggal adalah jenis pupuk yang mengandung 1 macam unsur hara saja. Biasanya berupa unsur hara makro primer, urea yang hanya mengandung unsur hara nitrogen.
2.Dalam pembuatan Pupuk Majemuk
Pupuk majemuk umumnya mengandung unsur hara lebih dari 1 macam. Pupuk ini biasanya dibuat dalam bentuk butiran yang seragam dan mudah untuk di taburkan.
3.Dalam pembuatan insektisida
        Insektisida yaitu bahan-bahan kimia bersifat racun yang dipakai untuk  mencegah dan membasmi hama dan serangga, seperti wereng, belalang, dan ulat.
4.Dalam pembuatan Rodentisida      
        Jenis pestisida ini digunakan untuk mencegah dan membasmi serangan binatang pengerat (tikus) di lahan pertanian, rumah tangga atau gudang.

5.Dalam pembuatan Herbisida
    Herbisida digunakan untuk mencegah dan membasmi serangan tanaman pengganggu atau gulma, seperti alang-alang dan rerumputan.
6.Dalam pembuatan Fungisida
        Jenis pestisida ini digunakan untuk mencegah dan membasmi serangan jamur. Seperti natrium, dipromat, dan organemerkuri.
7.Dalam unsur Hara    
        Bagi tanaman unsur hara adalah senyawa kimia di dalam tanah yang sangat dibutuhkan tanaman untuk tumbuh kembangnya. Ada sekitar 16 unsur harabyang di perlukan oleh tumbuhan yaitu unsur makro. Unsur makro adalah unsur hara yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah besar, yaitu unsur C,H,O,N,S,P,K,Mg dan Ca. adapun unsur mikro adalah unsur hara yang diperlukan dalam jumlah sedikit seperti unsur Cl,Fe,Mn,Cu,B, dan Mo.
Ilmu kimia juga memiliki dampak negative jika kita menggunakannya dalam jumlah yang tinggi, kurun waktu yang lama dan jenis  bahan kimia seperti pestisida akan menyebabkan pembuangan residu pestisida yang tinggi pada lingkungan pertanian sehingga akan mengganggu keseimbangan linkungan.
DAFTAR PUSTAKA      
https://agroteknologi.web.id/pengertian-pupuk-tunggal-dan-pupuk-majemuk/                                     https://id.m.wikipedia.org/wiki/insektisida                                                                                         https://www.pengertianmenurutparaahli.net/penertiam-unsur-hara/                           https://intannovitadewi.blogspot.co.id/2014/10/peranan-ilmu-kimia-dalam-bidang.html?m=1 https://brainly.co.id/tugas.2956585

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.