PERKEMBANGAN TEKNOLOGY TRANSPORTASI
Teknologi telah dikenal manusia sejak
jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih
makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada
Teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan.
Transportasi diartikan sebagai
pemindahan barang dan manusia dari tempat asal ke tempat tujuan. Proses
pengangkutan merupakan gerakan dari tempat asal, dari mana kegiatan angkutan
dimulai, ke tempat tujuan, kemana kegiatan pengangkutan diakhiri. Peranan transportasi
sangat penting untuk saling menghubungkan daerah sumber bahan baku, daerah
produksi, daerah pemasaran dan daerah pemukiman sebagai tempat tinggal
konsumen.
Ada beberapa moda transportasi yang
kita ketahui saat ini, baik transportasi Datat, Laut maupun Udara. Moda
transportasi diatas sudah banyak mengalami perkembangan dari awal kemunculanya.
Dari yang metode yang sangat sederhana hingga sekarang banyak ditemukan berbagai
macam technology transportasi yang
sangat canggih. Kali ini penulis akan membahas perkembangan transportasi darat
khusunya mobil.
Perkembangan Teknology Transportasi Darat
(mobil)
Mobil merupakan salah satu moda
transportasi darat yang banyak digunakan dimasyarakat. Awal kemunculanya mobil
memiliki konsep yang sangat sederhana dan masih digerakan secara manual. Seiring
berjalannya waktu banyak ilmuan
mengembangkan technology transportasi mobil. Seperti dikutip dari “Izeldin Blog” berikut Ilmuan
– ilmuan yang menemukan dan mengembangkan moda transportasi mobil sebagai
berikut :
1.
Nicolas-Joseph Cugnot
Kendaraan pertama yang menggunakan
tenaga mesin uap dibuat pada akhir abad 18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses
mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769. Nikolaus August
Otto adalah penemu Jerman yang pada tahun 1876 menciptakan mesin dengan empat
dorongan pembakaran. Pembakaran bagian dalam mesin merupakan suatu hasil
pemikiran yang cermat dan ini dipakai untuk penggunaan dalam gerakan mesin
mobil. Banyak percobaan dilakukan membuat mobil sebelum Otto menciptakan
mesinnya. Beberapa penemu seperti Siegfried Marcus (1875), Etienne Lenoir
(1862) dan Nicolas Joseph Cugnot (1769), telah berhasil membikin model yang bisa
bergerak. Tetapi berhubung kekurangan dalam mengkombinasikan antara keringanan
dan kecepatan, tak satu pun model itu punya arti praktis untuk digunakan.
2.
Gottlieb Wilhelm Daimler
Gottlieb Wilhelm Daimler yang
terlahir tanggal 17 Maret 1834 adalah seorang insinyur Jerman yang membuat
mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz). Pada tahun 1882 Gottlieb
Daimler memisahkan diri dari perusahaan karena dia mengambil keputusan mau
memprodusir mesin untuk sepeda. Menjelang tahun 1883 dia berhasil menciptakan
mesin dengan sistem pembakaran sempurna yang mampu menggerakkan mesin dengan
kecepatan putaran 700-900 per menit.
3.
Karl Friedrich Benz
Karl Friedrich Benz yang lahir pada
tanggal 25 November 1844 adalah seorang insinyur otomobil Jerman. Umumnya ia
(bersama Gottlieb Daimler yang sezamannya) dipandang sebagai salah satu
pencipta otomobil berbahan bakar bensin. Ia juga putra seorang masinis. Karl
Benz membikin mobil beroda tiga, dengan tekun terus menyempurnakan mobilnya dan
dalam beberapa tahun berhasil memasarkannya. Mobil Benz dapat melaju dalam
kecepatan mesin di bawah 400 putaran per menit, ini sudah memadai untuk
dianggap mobil praktis. Karl Friedrich Benz merupakan pendiri perusahaan
mobil raksasa di jerman yang sekarang bernama “Mercedes Benz”.
4.
Karl Friedrich Benz
Garis-produksi skala besar pembuatan
mobil harga terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902 dan kemudian
dikembangkan besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an. Dalam periode dari
1900 ke pertengahan 1920-an perkembangan teknologi otomotif sangat cepat,
disebabkan oleh jumlah besar pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk
meraih perhatian dunia. Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan
self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan
mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Seiring
berjalanya waktu bahan bakar utama kendaraan – kendaraan masa kini akan semakin
berkurang dan dimasa yang akan datang akan habis. Fosil murpakan bahan baku
pembuatan bahan bakar kendaraan bermotor. Yang tercipta dari pembekuan mahkluk
hidup dizaman dahulu yang membutuhkan beribu – ribu tahun untuk
pembentukananya. Maka dari itu moda transportasi mulai menggunakan bahan bakar
yang lebih ramah lingkungan dan efisien.
Kandaraan
bertenaga listrik adalah salah satu jawaban dari permaslah transportasi dimasa
yang akan datang. Listri dapat diciptakan
dari bahan – bahan yang dapat
diperbaharui baik dengan memanfaatkan energy matahari, arus air (Kincir air)
dan Udara. Penggunaan energy listrik
untuk penggerak moda transportasi dapat memberikan efek yang sangat baik baik
dari sisi Ekonomi, Sosial dan Lingkungan.
Berikut bebrapa keuntungan yang didapat dari penggunaan kendaraan
berbahan bakar listrik.
a. Mobil listrik jauh lebih hemat energi
dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional. Efisiensi keseluruhan
mobil listrik adalah 48 persen, secara signifikan lebih baik dibandingkan
dengan mobil berbahan bakar konvensional yang mencapai efisiensi sekitar 25%.
b. Tidak seperti mobil tradisional,
mesin mobil listrik sangat halus sehingga mereka tidak menyebabkan masalah
polusi suara.
c. Mobil listrik juga menjamin keamanan
maksimum karena tidak melibatkan bahan bakar minyak sehingga mereka tidak akan
terbakar atau meledak jika menabrak sesuatu.
d. Mobil listrik juga sangat kompak dan
nyaman.
e. Biaya isi ulang mobil listrik juga
sangat terjangkau. Rata-rata mobil listrik memerlukan biaya isi ulang 2 sen per
mil dibandingkan dengan 12 sen per mil pada kendaraan berbahan bakar
konvensional.
f. Masa pakai motor mobil listrik
diperkirakan sekitar 90 tahun, jika dikendarai sejauh lima puluh mil per hari.
g. Mobil listrik juga memiliki biaya
pemeliharaan yang secara signifikan lebih rendah dibandingkan dengan mobil
berbahan bakar konvesional karena mobil listrik hanya memiliki sekitar 5 bagian
di motornya, dibandingkan dengan mobil tradisional yang memiliki ratusan
komponen dalam mesin pembakaran internal.
Mobil listrik juga memiliki beberapa kelemahan dan berikut adalah beberapa di antaranya:
h. Harga baterai mobil listrik masih
tinggi, lebih dari $ 10000. Baterai yang mahal ini masih menjadi alasan utama
di balik tingginya harga mobil listrik secara keseluruhan.
i. Fakta bahwa mobil listrik tidak
bersuara saat hidup tak selalu merupakan suatu keuntungan karena senyapnya
suara mobil bisa menimbulkan bahaya bagi orang buta, orang tua dan anak-anak.
j. Type mobil listrik masih terbatas dan
juga mengisi ulang daya secara signifikan lebih lama dibandingkan dengan proses
yang relatif cepat pada pengisian bahan bakar ke tangki pada mobil tradisional.
k. Ada juga masalah pemanasan. Mobil
listrik yang digunakan dalam iklim yang lebih dingin memerlukan banyak energi
untuk memanaskan interior dan defrost jendela. Pada kendaraan yang
menggunakan BBM, proses pembakaran sudah mentransfer panas dari mesin,
sedangkan pada mobil listrik pemanas membutuhkan energi ekstra dari baterai
mobil.
l.
Dapat
disimpulkan penggunaan mobil listrik memiliki banyak keuntungan dibandingkan
dengan mobil berbahan bakar konsfensional, Baik dari sisi ekonomi, Sosial
maupun lingkungan. Disamping berbagai kelebihan yang dimiliki, mobil listri
masih memiliki bebrapa kekurangan. Namun saya yakin kekurangan yang ada akan
dapat terselesaikan seiring berjalanya waktu.
Referensi
:
1. “ILMUAN PENEMU KOBIL.COM”
2. “INDOENERGI.COM”,Kelebihan dan
Kekurangan Mobil Listrik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.