.

Sabtu, 21 Januari 2017

BIOTEKNOLOGI

Pengertian bioteknologi
pengertian bioteknologi dapat diartikan sebagai suatu ilmu terapan atau teknologi yang menggunakan atau memanfaatkan mahluk hidup sebagai komponen utama dalam pembuatan produk baik dalam bentuk barang maupun jasa yang berguna bagi kehidupan manusia.

Pengertian Bioteknologi Konvensional dan Contohnya
Bioteknologi konvensional atau biasa juga disebut bioteknologi tradisional adalah suatu penerapan bioteknologi yang telah digunakan sejak ilmu pengetahuan masih belum berkembang pesat, penggunaannya terbatas pada peran organisme melalui teknik fermentasi yang terjadi dalam skala kecil, dan prosesnya masih sangat sederhana. Adapun beberapa contoh penerapan bioteknologi konvensional dapat kita temui dalam proses pembuatan bahan pangan yang menerapkan teknik fermentasi seperti tape, anggur, tempe, oncom, kecap, tauco, dan lain sebagainya.
Pengertian Bioteknologi Modern dan Contohnya
Bioteknologi modern adalah penerapan bioteknologi yang telah menggunakan alat dan cara kerja yang canggih, dilakukan dalam keadaan bersih dan steril, kualitas produk lebih baik, dan kuantitas hasil produk yang dibuat lebih banyak.
Adapun dalam jenis bioteknologi ini, penerapan tidak hanya mengandalkan kerja mikroba melalui fermentasi, melainkan sudah bermain di ranah manipulasi terhadap susunan genetis mikroba yang digunakan, misalnya melalui penyusupan gen. Beberapa contoh penerapan bioteknologi modern antara lain kultur jaringan, pemuliaan tanaman melalui rekayasa transgenik.


referensi
https://oktavianipratama.wordpress.com/2013/02/21/pengertian-dan-jenis-bioteknologi/
http://dataiptek.blogspot.co.id/2013/02/cara-membuat-tempe.htmlhttps://www.scribd.com/doc/25474204/bioteknologi-pembuatan-tempe
http://jokowarino.id/langkah-langkah-melakukan-kultur-jaringan-untuk-budidaya-tanaman/http://www.modulbiologi.com/tahapan-kultur-jaringan-tanaman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.