.

Senin, 13 November 2023

TEORI ASAM BASA: BUFFER DAN TITRASI

 











Abstrak

Teori asam basa merupakan salah satu konsep dasar kimia yang melibatkan pemahaman hingga tingkat terkecil. Ada beberapa teori asam basa, termasuk teori asam basa Bronsted-Lowry. Menurut teori ini, asam adalah senyawa yang memberikan proton kepada senyawa lain atau dapat disebut donor proton, sedangkan basa adalah senyawa yang menerima proton atau dapat juga disebut akseptor proton.


Kata kunci: Teori Asam dan basa secara umum


Pendahuluan

Konsep asam basa yang tidak tampak (visible) antara lain berkaitan dengan verifikasi identitas asam dan basa dengan menggunakan asam dan indikator kunci, seperti lakmus merah dan bunga matahari biru. Sebagian besar sifat umum asam basa menurut teori Arrhenius dijelaskan dalam tabel, antara lain sifat asam yang berasa asam, mengubah warna kertas lakmus menjadi merah dan menghasilkan gas H2, sedangkan sifat basa dan pahit mencicipi pengecapan, mengubah warna kertas lakmus menjadi biru dan menjadi konduktor. 


Teori buffer asam basa merupakan teori yang menjelaskan tentang larutan atau buffer. Larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan pH pada batasnya jika dilakukan upaya untuk menaikkan atau menurunkan pH, dengan penambahan air/asam/basa dalam jumlah besar. Larutan buffer terdiri dari dua zat yaitu asam dan basa. Asam akan bekerja jika ada upaya untuk menaikkan pH, sedangkan basa akan bekerja jika ada upaya untuk menurunkan pH. Asam dan basa di sini merupakan pasangan asam dan basa terkonjugasi. Titrasi asam basa adalah metode kimia yang digunakan untuk menentukan konsentrasi suatu larutan asam atau basa dengan menggunakan larutan standar dari zat lawan (asam atau basa) Dalam titrasi asam basa, beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain titran (titer), buret, titrat, labu erlenmeyer, dan indikator kimia.


Rumusan masalah

1. Jelaskan asam basa menurut teori Arrhenius?

2. Perbedaan teori buffer dan titrasi asam basa


Pembahasan

A. TEORI ASAM BASA

Teori asam basa menurut Arrhenius menyatakan bahwa asam adalah senyawa yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion hidrogen (H+), sedangkan basa adalah senyawa yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion hidroksida (OH-) [1][4][6]. Contoh asam menurut teori Arrhenius adalah asam klorida (HCl) yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion H+ dan ion klorida (Cl-), sedangkan contoh basa menurut teori Arrhenius adalah natrium hidroksida (NaOH) yang jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion OH- dan ion natrium (Na+). Teori Arrhenius merupakan teori asam basa yang paling awal dan sederhana, namun teori ini memiliki keterbatasan karena hanya berlaku untuk senyawa yang dapat menghasilkan ion H+ atau OH- dalam air


B. PERBEDAAN BUFFER DAN TITRASI

Buffer atau larutan penyangga adalah larutan yang dapat mempertahankan pH-nya tetap stabil meskipun ditambahkan sedikit asam atau basa. Buffer terdiri dari asam lemah dan basa konjugasinya atau basa lemah dan asam konjugasinya. Buffer digunakan dalam beberapa aplikasi biokimia dan analisis kimia.


Titrasi adalah suatu teknik analisis kimia yang digunakan untuk menentukan konsentrasi suatu larutan dengan menambahkan larutan standar ke dalam larutan yang akan dianalisis sampai tercapai titik ekivalen. Titrasi asam-basa adalah salah satu jenis titrasi yang paling umum digunakan, di mana asam atau basa standar ditambahkan ke dalam larutan yang akan dianalisis sampai tercapai titik ekivalen. Titrasi asam-basa dapat digunakan untuk menentukan konsentrasi asam atau basa dalam suatu larutan.


Kesimpulan

Dari materi yang telah dibahas diatas, dapat diketahui bahwa perbedaan antara buffer dan titrasi adalah bahwa buffer adalah larutan yang dapat mempertahankan pH-nya tetap stabil meskipun ditambahkan sedikit asam atau basa, sedangkan titrasi adalah suatu teknik analisis kimia yang digunakan untuk menentukan konsentrasi suatu larutan dengan menambahkan larutan standar ke dalam larutan yang akan dianalisis sampai tercapai titik ekivalen.


Daftar Pustaka

Mendrofa Victor (academia.edu). Buffer Asam dan Basa. (Diakses pada tanggal 13 November 2023) https://www.academia.edu/16822943/Buffer_Asam_dan_Basa


Ichsan Firman (academia.edu). TM dan laporan praktikum Kimia Dasar - materi buffer. (Diakses pada tanggal 13 November 2023). https://www.academia.edu/16822943/Buffer_Asam_dan_Basa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.