.

Selasa, 21 November 2023

Kekuatan Asam dan Basa : Asam Lemah

 Muhammad Reza Gunawan

41623010022

Abstrak 

    Materi berikut ini membahas tentang Asam dan Basa. Asam dan Basa merupakan dua golongan zat kimia yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan sifat asam basa, larutan dikelompokkan dalam tiga golongan, yaitu bersifat asam, bersifat basa, dan bersifat netral. Asam dan basa memiliki sifat-sifat yang berbeda, sehingga dapat kita bisa menentukan sifat suatu larutan. Pada titrasi asam lemah dengan basa kuat, asam lemah (analit atau titrat) berada dalam erlenmeyer 250 mL dan larutan basa kuat (titran) berada di dalam buret. Titik ekivalen dicapai bila jumlah titran yang ditambahkan ekivalen/ setara secara kimia dengan jumlah analit yang dititrasi (stoikiometris) (J. Bassett, 1978). Kurva titrasi merupakan kurva yang menyatakan hubungan antara pH larutan dengan volum titran.

Pendahuluan 

Asam lemah adalah asam yang tidak ter ionisasi secara signifikan dalam larutan. Misalnya, jika sebuah asam dilambangkan dengan HA, maka dalam larutan masih terdapat sejumlah besar HA yang belum terdisosiasi/terionisasi. Asam lemah adalah senyawa yang sulit melepaskan ion H+ dalam air dan mengalami disosiasi sebagai dalam larutannya. 

Rumusan Masalah 

  1. Mengapa disebut dengan asam lemah?
  2. Asam lemah memilAsam oksalat iki pH berapa?
  3. Bagaimana cara membedakan asam lemah dan basa lemah?

Pembahasan

Asam lemah merupakan asam yang tidak bisa terionisasi secara sempurna dalam larutan. Contohnya jika asam yang dilambangkan HA dilarutkan, maka dalam larutan tersebut masih tersisa sejumlah HA yang belum terionisasi. Dengan kata lain, asam lemah merupakan asam yang hanya terionisasi sebagian di dalam larutan, seperti asam oksalat, asam fosfat, dan asam fluorida. Pengertian yang lebih mudah dari asam lemah adalah semua jenis asam di luar asam kuat. Sebuah asam dikatakan asam lemah jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Tidak bisa terionisasi secara sempurna
  • Mempunyai elektronegatif A- yang lebih sedikit
  • Besaran pH-nya berkisar antara 7 sampai 3
  • Ketika dilarutkan dalam air, hanya menghasilkan sedikit atom hidrogen
  • Daya hantar listriknya lemah karena sifat elektrolitnya lemah
  • Mempunyai besaran nilai Konstanta Disosiasi Asam (Ka) yang lebih tinggi dari asam kuat
  • Sebagian besar asam adalah asam lemah
Asam lemah Asam lemah adalah larutan dengan pH di bawah tujuh dan di atas tiga. Tidak seperti asam lemah, asam kuat tidak terionisasi secara sempurna dalam air. Dilansir dari Lumen Learning, asam lemah hanya menyumbangkan sedikit ion hidrogennya atau hanya sekitar satu persennya yang terionisasi. Berikut adalah contoh asam lemah:
  • Asam oksalat 
  • Asam sulfat
  • Asam askrobat
  • Asam sosfat
  • Asam fluoride
Asam Lemah dan Basa Lemah

- Asam lemah adalah senyawa asam yang sulit melepaskan ion H+ dalam air dan mengalami disosiasi sebagian dalam larutannya. Contoh asam lemah yaitu H3PO4, H2SO3, HNO2, dan CH3COOH. 
- Basa lemah adalah senyawa basa yang sulit melepaskan ion OH– dalam air dan mengalami disosiasi sebagian dalam larutannya. Contoh basa lemah yaitu NaHCO3 dan NH4OH.

Daftar Pustaka

 1. TITRASI ASAM LEMAH DENGAN BASA KUAT (Regina Tutik Padmaningrum, M.Si Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA)

2. PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA MEDISINAL (Fakultas Ilmu Farmasi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro 2021)

3. American Collage of Rheumatology Guideline for the Treatment of Rheumathoid Arthritis (Arthiritis & Rheumatology;2016)

4. The Microbial Efficiency-Matrix Stabilization (MEMS) framework integrates plant litter decomposition with soil organic matter stabilization: do labile plant inputs form stable soil organic matter (Global Change Biology;2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.