.

Minggu, 19 November 2023

Derajat Ionisasi : Pengaruh Struktur Molekuler


Derajat Ionisasi : Pengaruh Struktur Molekuler (Efek Struktur Molekuler pada Derajat Ionisasi)

 

Aisyah Imelia Wardhani 41623010020 (Z09-AISYAH)

Abstrak

Derajat Ionisasi merupakan persentase jumlah dari molekul-molekul senyawa elektrolit yang berubah menjadi ion-ion, Maksudnya disini ialah derajat ionisasi itu menunjukkan jumlah dari molekul molekul senyawa elektrolit yang berubah menjadi ion-ion.

Kata kunci: derajat ionisasi dan ion

Rumusan Masalah

1.      Apa itu derajat ionisasi?

2.      Bagaimana pengaruh derajat ionisasi?

3.      Apa faktor-faktor yang mempengaruhi derajat ionisasi!

Tujuan

1.      Mengetahui apa itu derajat ionisasi

2.      Dapat mengetahui bagaimana pengaruh derajat ionisasi

3.      Mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi derajat ionisasi

Pendahuluan

Kekuatan asam dan basa suatu larutan bergantung pada banyaknya ion-ion yang terurai dalam larutan. Besar kekuatan asam dan basa dinyatakan dalam sebuah nilai yang disebut derajat ionisasi (α). Rumus derajat ionisasi dinyatakan dalam persamaan perbandingan antara jumlah molekul zat yang terionisasi dengan jumlah molekul zat mula-mula. Rentang nilai derajat ionisasi antara 0 sampai 1, dengan 0 untuk sedikit ion yang terurai dan 1 untuk semua ion terurai. Berdasarkan banyaknya ion-ion yang terurai, larutan asam/basa dibedekan menjadi lemah dan kuat. 

Pembahasan

Derajat Ionisasi (α) merupakan hasil bagi dari jumlah total molekul elektrolit yang terionisasi menjadi ion-ion. atau dengan kata lain: Derajat ionisasi (α) adalah perbandingan antara jumlah molekul zat yang terionisasi dengan jumlah molekul zat mula -mula.  Proses ionisasi adalah proses pemecahan molekul menjadi ion positif dan negatif dalam suatu larutan. Ionisasi adalah proses di mana atom atau molekul memperoleh atau kehilangan elektron, sering kali bersamaan dengan perubahan kimia lainnya, untuk memperoleh atau kehilangan muatan negatif atau positif.

Rumus Derajat Ionisasi

Banyaknya konsentrasi yang bereaksi atau menjadi ion akan tergantung kepada derajat ionisasi (α) yang dirumuskan sebagai berikut:


Berdasarkan derajat ionisasi tersebut, dapat disimpulkan jenis-jenis larutan, yaitu:

  • Jika α=1, maka zat telah terionisasi sempurna dan merupakan larutan elektrolit kuat.
  • Jika 0 < α <1, maka zat terionisasi sebagian dan merupakan larutan elektrolit lemah.
  • Jika α= 0, maka zat tidak terionisasi dan merupakan larutan non elektrolit.

Semakin besar derajat ionisasi, semakin besar harga tetapan keseimbangan asam atau basa. Harga keseimbangan asam atau basa dapat digunakan untuk melihat kekuatan asam atau basa tersebut.

Asam dan basa yang lemah, memiliki keseimbangan asam atau basa serta derajat ionisasi yang relatif kecil. Reaksi asam dan basa akan menghasilkan garam dan air. Pada reaksi asam dan basa, terjadi netralisasi dari sifat asam dan basa. Derajat keasaman (pH) dapat digunakan sebagai indikator pencemaran air bersih.

Berikut ini adalah alasan faktor-faktor yang mempengaruhi derajat ionisasi:

1.      Sifat elektrolit

Derajat ionisasi ditentukan oleh komposisi elektrolit. Elektrolit kuat memiliki tingkat ionisasi yang tinggi, sedangkan elektrolit lemah memiliki tingkat ionisasi yang rendah.

2.      Sifat pelarut

Konstanta dielektrik suatu pelarut menentukan kekuatan ionisasinya. Semakin besar nilai konstanta dielektrik maka semakin kuat pula daya ionisasi pelarut dan derajat ionisasinya.

3.      Pengenceran

Semakin besar pengenceran, semakin besar pula derajat ionisasinya. Bahkan elektrolit lemah pun hampir terionisasi seluruhnya pada pengenceran tak terhingga.

4.      Suhu

Saat suhu meningkat, derajat ionisasi juga meningkat. Penekanan atau derajat ionisasi elektrolit lemah dengan menambahkan elektrolit kuat dengan ion senama dikenal sebagai efek ion senama. Derajat ionisasi elektrolit lemah berkurang atau ditekan karena efek ion senama.

Kesimpulan

Ionisasi adalah proses pemecahan molekul menjadi ion positif dan negatif dalam suatu larutan, di mana atom atau molekul memperoleh atau kehilangan elektron untuk memperoleh muatan negatif atau positif.

Pengaruh Derajat Ionisasi: Semakin besar derajat ionisasi, semakin besar harga tetapan keseimbangan asam atau basa. Dan derajat keasaman (pH) dapat digunakan sebagai indikator pencemaran air bersih.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Derajat Ionisasi:

   - Sifat elektrolit, sifat pelarut, pengenceran, dan suhu adalah faktor-faktor yang mempengaruhi derajat ionisasi.

   - Elektrolit kuat memiliki tingkat ionisasi yang tinggi, sedangkan elektrolit lemah memiliki tingkat ionisasi yang rendah.

   - Pengenceran dan peningkatan suhu dapat meningkatkan derajat ionisasi.

Pemahaman terhadap derajat ionisasi membantu dalam mengklasifikasikan larutan sebagai elektrolit kuat, elektrolit lemah, atau non-elektrolit, serta memberikan wawasan tentang keseimbangan asam-basa dan sifat-sifat larutan.

Soal 

Suatu zat dilarutkan dalam 100 ml air dengan konsentrasi 0,2 M. Jika larutan terionisasi hingga 2%. Berapakah massa zat yang terurai? (Mr zat = 60)

Penyelesaian:

Diketahui: M = 0,02; V = 100 mL = 0,1 L, α= 2% = 0,02, Mr = 60.

  • Jumlah mol mula-mula = M × V
Jumlah mol mula-mula = 0,2 mol/L × 0,1 L
Jumlah mol mula-mula = 0,02 mol
Jumlah mol zat terurai = (α × jumlah mol mula-mula)
Jumlah mol zat terurai = 0,02 × 0,02
Jumlah mol zat terurai = 0,0004 (atau 4 x 10-4)
 
  • Massa zat mula-mula = (jumlah mol mula-mula) × (Mr atau Ar)
Massa zat mula-mula = 0,02 × 60
Massa zat mula-mula = 1,2 gram
 
  • Massa zat terurai = (jumlah mol zat terurai) × (Mr atau Ar)
Massa zat terurai = 0,0004 × 60
Massa zat terurai = 0,024 gram
Jadi massa zat terurai adalah sebanyak 0,024 gram.

Daftar Pustaka 

anonim. derajat ionisasi dan ionisasi tetapan. 23 April 2022. politeknik pertanian negeri    kupang. https://mplk.politanikoe.ac.id/index.php/topik-topik-kuliah/28-kimia-dasar/852-derajat-ionisasi-dan-tetapan-ionisasi#:~:text=Semakin%20besar%20derajat%20ionisasi%2C%20semakin,derajat%20ionisasi%20yang%20relatif%20kecil. 

rempak. pengertian dan penjelasan tentang derajat ionisasi. 14 oktober 2016.  https://www.panduankimia.net/2016/10/pengertian-dan-penjelasan-mengenai_14.html

nuru. factors affecting degree of ionization. 26 Juni 2021. https://www.onlinenotesnepal.com/factors-affecting-degree-of-ionization 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.