.

Senin, 11 September 2023

Proses Analisis Materi ( Unsur dan Senyawa Sifat Fisika dan Sifat Kimia )

 Muhammad Reza Gunawan                                                                                                                              @Z11-REZA

     Perubahan fisika dan kimia dapat kita kenali dari keadaan awwal yang berbeda dengan keadaan akhirnya setelah materi tersebut telah mengalami perubahan.  Perbedaan dari kedua gejala tersebut dapat dilihat dari sifat dan komposisinya. Hal tersebut menandakan sifat-sifat setiap materi memiliki gejala sebeleum dan sesudah terjadinya perubahan.

Unsur
    
    Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat - zat lain dengan reaksi kimia biasa (bukan reaksi nuklir). Alam semesta ini mengandung unsur yang sangat banyak, tetapi yang baru diketauhi dan dipelajari oleh para ahli adalah sebanyak 118 macam unsur diamana antaranya lebih dari 22 unsur adalah merupakan unsur buatan. Daftar periodik unsur-unsur sistem berkala. 
    Unsur dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu unsur logam dan unsur non logam Contoh unsur logam adalah besi, emas, perak, alumunium, temabaga, natrium, kalium dan magnesium. Unsur-unsur logam tersebut memiliki sifat-sifat, seperti semua unsur logam berupa zat padat  (kecuali raksa yang berwujud cair), merupakan penghantar listrik dan panas yang baik, memiliki titik leleh dan lebur yang tinggi, dapat  ditempa dan memiliki kilap khusus dipermukaanny. Sedangkan unsur non logam adalah oksigen, nitrogen, belerang, karbon, klorin, dan iodium.

Senyawa

    Senyawa adalah zat kimia yang terbentuk dari dua atau lebih unsur. Oleh karena itu, senyawa 
dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui proses kimia. Ciri-ciri senyawa; 
  • Senyawa dapat terbentuk dari unsur-unsur melalui reaksi kimia.
  • Unsur-unsur penyusun senyawa kehilangan sifat asalnya setelah membentuk senyawa.
  • Senyawa dapat dipisahkan menjadi unsur-unsur kembali dengan cara reaksi kimia, tetapi tidak dapat dipisahkan secara fisika.
  • komponen-komponen (unsur) penyusun senyawa mempunyai perbandingan tetap.
 
SIFAT-SIFAT FISIKA & KIMIA SERTA PERUBAHANNYA 

    Perubahan fisika dan kimia dapat kita kenali dari keadaan awal materi yang berbeda dengan keadan akhirnya setelah materi tersebut telah mengalami perubahan. Perbedaan dari kedua gejala tersebut dapat dilihat dari sifat dan komposisinya. Hal tersebut menandakan sifat-sifat setiap materi memiliki gejala sebelum dan sesudah terjadimya perubahan.
     
    Nah, jadi keadaan atau gejala materi tersebut dapat dikenali lewat sifat fisika atau sifat kimianya. Dibawah ini akan dijelaskan pengertian perubahan fisika dan kimia:

1. Perubahan fisika 
   
     Perubahan fisika adalah bentuk perubahan pada zat suatu benda yang hanya dapat dilihat dan diamati dari tampilan fisiknya saja atau penampilan luar. jadi perubahan fisika tidak mengubah komposisi kimianya  dalam zat benda tersebut. Perubahan fisika tidak sama sekali merubah materi atau membentuk zat yang jenisnya baru pada sebuah benda.
  •  Mencair adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud zat padat menjadi cair dengan mengandalkan energi panas.
  • Membeku adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud gas menjadi padat dengan melepaskan energi panasnya.
  • Mengkristal adalah bentuk perubahan fisiska yang terjadi  pada wujud gas menjadi padat dengan melepaskan energi panasnya.
  • Menguap adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud cair menjadi gas dengan bantuan energi panas.
  • Menyumblim adalah bentuk perubahan fisika yang terjadi pada wujud padat menjadi gas dengan bantuan energi panas.

2. Perubahan Kimia 

    Perubahan jimia adalah salah satu perubahan yang terjadi pada bentuk dan ukuran zat yang kemudian menghasilkan zat baru. Perubahan materi inimenghasilkan jenis dan sifat materi yang berbeda atau baru dari zat semula  dan kemudian disebut juga dengan istilah reaksi kimia atau reaksi. Reaksi kimia ini menimbulkan substansi atau komposisi penyusun zat yang berubah menjadi rumus kimia yang baru. 
  • Keterbakaran adalah salah satu sifat perubahan kimia yang tidak dapat mengembalikan zat menjadi bentuk awalnya.
  • Membusuk adalah perubahan kimia yang dapat ditandai dengan perubahan warna, ukuran dan kemunculan bau karena perubahan zaat yang terkandung dalam benda tersebut yang dipengaruhi oleh suhu dan cuaca.
  • Beracun adalah salah satu sifat perubahan kimia karena zat-zat kimia memiliki banyak senyawa atau unsur-unsur yang berbahaya atau beracun.
  • Mudah Meledak adalah salah satu sifat perubahan kimia karena zat-zat aktif yang bisa saja berubah dalam kondisi tertentu.
 LATIHAN SOAL!
  1.  Unsur dapat dikelompokan menjadi 2 bagian, sebutkan  dan berikan contohnya!
  2.  Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
  3. Apakah larutan garam termasuk campuran?
JAWABAN!
  1. Unsur Non Logam dan Unsu Logam, Contoh unusr Non Logam adalah oksigen, nitrogen, belerang, karbon, klorin, dan iodium.
  2. Senyawa adalah gabungan dua atau lebih unsur, di mana perbandingan antara atom-ataom penyusun selalu tetap.
  3. Garam adalah termasuk campuran homogen atau larutan.

DAFTAR PUSAKA:

    https://pustaka.ut.ac.id
    https://www.gramedia.com


6 komentar:

  1. kerennn artikellnya baguss, terus semangatt untuk reza gunawan agar bisa membuat artikel lainnya

    BalasHapus
  2. Materi di artikelnya cukup menarik dan yang disampaikan dalam presentasi cukup jelas dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Artikel dan mindmapmya sangat menarik mas regunnn,semangat untuk membuat artikel lainnya👍

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.