.

Selasa, 19 September 2023

 









                                       wahyu ajie saputra

                                        @Z15-AJIE

ORBITAL ELEKTRO DALAM ATOM

ABSTRAK

Elektron ditemukan pada tahun 1897 oleh fisikawan InggrisJJ Thomson selama penyelidikan sinar katoda . Penemuannya mengenai elektron, yang awalnya ia sebut sel darah, memainkan peran penting dalam merevolusi pengetahuan tentang struktur atom. Dalam kondisi biasa, elektron terikat pada inti atom yang bermuatan positif melalui gaya tarik-menarik antara muatan listrik yang berlawanan. Pada atom netral jumlah elektron sama dengan jumlah muatan positif pada inti. Namun, atom mana pun mungkin memiliki elektron lebih banyak atau lebih sedikit daripada muatan positif sehingga secara keseluruhan bermuatan negatif atau positif; atom bermuatan ini dikenal sebagaiion . Tidak semua elektron berasosiasi dengan atom; beberapa terjadi dalam keadaan bebas dengan ion dalam bentuk materi yang dikenal sebagaiplasma .

Pada dasarnya, orbital atom merupakan fungsi gelombang satu elektron, meskipun banyak elektron tidak berada dalam atom satu elektron, sehingga pandangan satu elektron merupakan perkiraan. Saat memikirkan tentang orbital, kita sering diberikan visualisasi orbital yang sangat dipengaruhi oleh pendekatan Hartree – Fock , yang merupakan salah satu cara untuk mengurangi kompleksitas teori orbital molekul . Penting untuk dicatat bahwa istilah 'orbital atom' juga dapat digunakan untuk merujuk pada ruang fisik atau wilayah fisik di sekitar inti atom di mana probabilitas keberadaan elektron tertentu adalah maksimum. Kehadiran elektron di wilayah tersebut diprediksi oleh bentuk matematis orbital atom.

PENDAHULUAN

Orbital elektron adalah area tiga dimensi di sekitar inti atom tempat elektron tertentu berada. Setiap orbital dapat menampung dua elektron. Mereka juga dikenal sebagai orbital atom. Orbital atom mempunyai bentuk yang berbeda-beda, bergantung pada jumlah elektron yang dimiliki atom. Kita akan mempelajari tentang orbital s, orbital p, orbital d, dan orbital f. Kita juga akan mempelajari bentuk orbitalnya. Definisi tepat dari orbital adalah fungsi matematika yang menggambarkan lokasi elektron dalam atom berdasarkan probabilitas. “Orbital atom” umumnya mengacu pada wilayah ruang di mana elektron mungkin berada, berdasarkan fungsi matematika untuk orbital tersebut.

orbital , dalam kimia dan fisika , suatu ekspresi matematika, yang disebut fungsi gelombang , yang menggambarkan sifat-sifat karakteristik tidak lebih dari dua elektron di sekitar inti atom atau sistem inti seperti dalam sebuah molekul. Orbital sering kali digambarkan sebagai wilayah tiga dimensi yang di dalamnya terdapat kemungkinan 95 persen untuk menemukan elektron  .

RUMUSAN MASALAH

 

1.       Apa saja sifat-sifat elektro?

2.       Apa saja bentuk-bentuk orbital atom untuk ditemukanya elektron?

 

PEMBAHASAN

 

Dengan berkembangnya mekanika kuantum dan temuan eksperimental (seperti difraksi dua celah elektron), ditemukan bahwa elektron yang mengorbit inti tidak dapat sepenuhnya digambarkan sebagai partikel, namun perlu dijelaskan dengan dualitas gelombang- partikel . Dalam pengertian ini, elektron memiliki sifat-sifat berikut:

Sifat seperti gelombang:

Elektron tidak mengorbit inti seperti planet yang mengorbit Matahari, melainkan berada dalam bentuk gelombang berdiri . Jadi, energi serendah mungkin yang dapat diambil oleh sebuah elektron sama dengan frekuensi dasar gelombang pada tali. Keadaan energi yang lebih tinggi serupa dengan harmonik pada frekuensi dasar tersebut.

Sifat mirip partikel:

Jumlah elektron yang mengorbit suatu inti hanya boleh berupa bilangan bulat.

Elektron melompat antar orbital seperti partikel. Misalnya, jika satu foton menumbuk elektron, akibatnya hanya satu elektron yang berubah keadaan.

Elektron mempertahankan sifat-sifat seperti partikel seperti: setiap keadaan gelombang mempunyai muatan listrik yang sama dengan partikel elektronnya. Setiap keadaan gelombang memiliki satu putaran

 

 Orbital atom dilambangkan dengan bilangan kuantum uatam dan huruf yang menunjukkan bentuk orbital. Orbital atom menunjukkan kemungkinan ditemukannya elektron sebagai fungsi jarak dari nukleus (inti atom). Contohnya, orbital 1s, 2p, 3d, dan 4f.

Berikut adalah bentuk-bentuk orbital:

Orbital s adalah orbital terkecil yang hanya dapat diisi maksimal oleh dua atom. Orbital s memiliki bentuk seperti bola.

Orbital p adalah orbital terkecil kedua, yang dapat diisi maksimal oleh enam elektron. Orbital p memiliki bentuk seperti kacang atau disebut dengan halter.

Orbital d adakah orbital yang dapat diisi maksimal oleh sepuluh elektron. Orbital d memiliki bentuk seperti kacang silang atau balon terpilin yang disebut dengan halter silang.

Orbital f adalah orbital terbesar yang dapat diisi oleh 14 elektron. Orbital f memiliki bentuk yang lebih kompleks sesuai dengan jumlah elektron di dalamnya.

 

PERTANYAAN

1.       Apa itu orbital?

2.       Apa bentuk dari orbital D?

 

JAWABAN

1.       orbital adalah fungsi matematika yang menggambarkan lokasi elektron dalam atom berdasarkan probabilitas. “Orbital atom” umumnya mengacu pada wilayah ruang di mana elektron mungkin berada, berdasarkan fungsi matematika untuk orbital tersebut.

2.       Orbital d memiliki bentuk seperti kacang silang atau balon terpilin yang disebut dengan halter silang.

 

KESIMPULAN

Orbital elektron dalam atom dan molekul dapat dijelaskan menggunakan fungsi matematika yang menggambarkan lokasi dan perilaku gelombang electron. . Fungsi matematika ini juga dapat digunakan untuk menghitung probabilitas penemuan elektron dalam sebuah atom pada daerah tertentu pun

DAFTAR PUSTAKA

https://www.britannica.com/science/orbital

https://byjus.com/chemistry/atomic-orbitals/

https://en.wikipedia.org/wiki/Atomic_orbital

https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/21/161956469/orbital-atom-ruang-ditemukannya-elektron?

https://chemistrytalk.org/electron-orbitals-and-shapes/

https://chem.libretexts.org/Bookshelves/Physical_and_Theoretical_Chemistry_Textbook_Maps/Supplemental_Modules_(Physical_and_Theoretical_Chemistry)/Quantum_Mechanics/09._The_Hydrogen_Atom/Atomic_Theory/Electrons_in_Atoms/Electronic_Orbitals

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.