.

Sabtu, 22 Februari 2020

Pengaruh Aktivitas Warga Terhadap Kualitas Air di Kota Besar


 
oleh:Agustina Retno Wahyuningrum
@Q10-Agustina 
Abstrak
                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sungai di kota besar khususnya di kota yang paling banyak aktivitas warga mulai dari limbah manusia pertanian hingga limbah perindustrian dan pengaruh aktivitas masyarakat terhadap kualitas air sungainya. Dimana limbah tidak diolah dan langsung terbuang ke aliran sungai yang membuat air sungai rusak kotor dan berbau.

Kata kunci: Aktivitas warga, Pencemaran Air, Cara menanggulangi pencemaran air.


PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang

                Sungai sebagai salah satu komponen lingkungan yang memiliki fungsi penting bagi kehidupan manusia termasuk untuk menunjang pembangunan perekonomian. Akan tetapi sebagai akibat adanya peningkatan kegiatan pembangunan di berbagai bidang maka baik secara langsung ataupun tidak langsung akan mempunyai dampak terhadap kerusakan lingkungan termasuk didalamnya pencemaran sungai. Pencemaran sungai umumnya berasal dari limbah domestik maupun limbah non domestik seperti limbah dari perumahan, perkantoran, pabrik dan industri. Oleh karena itu pencemaran air sungai dan lingkungan sekitarnya perlu dikendalikan seiring dengan laju pembangunan agar fungsi sungai dapat dipertahankan kelestariannya.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan  pembahasan tersebut di atas maka penyusun dapat merumuskan beberapa hal yang menjadi masalah sebagai berikut :
1.       menjelaskan penyebab pencemaran air
2.      menjelaskan dampak pencemaran air
3.      menjelaskan menanggulangi pencemaran air

C.       Tujuan
Tujuan penyusunan artikel  ini adalah :
1.       memahami penyebab pencemaran air
2.      memahami dampak pencemaran air
3.      memahami cara menanggulangi pencemaran air

PEMBAHASAN

Pencemaran air sudah sangat luas dan diketahui banyak masyarakat, apalagi masyarakat yang tinggal di daerah yang dekat dengan perindustrian, pertanian. Akan sangat berpengaruh sekali terhadap kualitas air yang dipakainya. Bila ingin dikupas lebih dalam lagi akan dibahas mulai dari penyebab, dampak sampai cara menanggulangi pencemaran air. Pencemaran sungai adalah tercemarnya air sungai yang disebabkan oleh limbah industri, limbah penduduk, limbah peternakan, bahan kimia dan unsur hara yang terdapat dalam air serta gangguan kimia dan fisika yang dapat mengganggu kesehatan manusia.Penyebab bisa dari banyak hal yaitu
1.      Limbah rumah tangga
limbah rumah tangga, ya asalnya dari hasil kegiatan perumahan seperti rumah tangga, pasar, perkantoran, rumah makan, dan puing bahan bangunan. Limbah rumah tangga terbagi atas bahan organik, anorganik, dan bahan berbahaya lainnya. Limbah organik itu misalnya kulit buah, sayuran, sisa makanan, daun, dan sebagainya. Limbah anorganik itu contohnya alumunium, plastik, kaca, kaleng minuman. Kalau limbah berbahaya lainnya itu bisa berwujud oli bekas yang ada di bengkel-bengkel kendaraan.

2.      Limbah Pertanian
Jangan kamu pikir sektor pertanian itu nggak menyumbang limbah lho ya. Sektor ini ada faktor penyebab limbah, yakni penggunaan pupuk dan bahan kimia. Yups, insektisida misalnya. Bahan kimia tersebut memang berfungsi sebagai pembasmi hama, namun namanya berbahan dasar dari obat-obatan ya, pasti ada efek sampingnya untuk kesehatan. Kamu tahu nggak efek dari terpapar insektisida yang berlebihan, bisa menyebabkan pertumbuhan kelenjar tiroid meningkat lho.

3.      Limbah Industri
Air limbah dari hasil pengolahan industri ini cenderung mengandung zat berbahaya. Biasanya industri dari pabrik tekstil atau pabrik kertas yang paling banyak menjadi polutan. Jenis limbah dari kedua pabrik tersebut itu memiliki bau yang tidak sedap lho Squad. Limbah ini disebut dengan limbah organik. Lain halnya dengan limbah pabrik baja, pabrik cat, dan pabrik farmasi. Limbah dari jenis pabrik ini berupa cairan panas, berbusa, mengandung asam belerang, dengan bau yang menyengat. Limbah ini disebut dengan limbah anorganik.

4.      Limbah radioaktif
jenis limbah yang mengandung atau terkontaminasi radionuklida pada konsentrasi atau aktivitas yang melebihi batas yang diijinkan (Clearance level) yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir. Definisi tersebut digunakan di dalam peraturan perundang-undangan. Pengertian limbah radioaktif yang lain mendefinisikan sebagai zat radioaktif yang sudah tidak dapat digunakan lagi, dan/atau bahan serta peralatan yang terkena zat radioaktif atau menjadi radioaktif dan sudah tidak dapat difungsikan/dimanfaatkan. Bahan atau peralatan tersebut terkena atau menjadi radioaktif kemungkinan karena pengoperasian instalasi nuklir atau instalasi yang memanfaatkan radiasi pengion.

5.      Limbah plastik
Limbah plastik merupakan salah satu sumber polutan yang menimbulkan pencemaran air, baik di lautan, sungai ,danau ,dan badan perairan lainnya. Limbah plastik mengancam keberadaan air tanah, terutama dengan kemampuannya untuk menghalangi infiltrasi air hujan masuk ke dalam pori-pori tanah. Plastik sudah menjadi bahan yang paling umum sejak awal abad ke-20 dan kehidupan modern sulit meninggalkan penggunaan plastik. Di satu sisi plastik sangat berguna memiliki daya tahan ringan dan murah. Namun dampak pemakaiannya menimbulkan masalah terhadap kehidupan manusia dan lingkungan.

DAMPAK PENCEMARAN AIR
1.      Kesehatan manusia
2.      Kerusakan ekosistem
3.      Kematian hewan
4.      Biaya ekonomi
5.      mengganggu keindahan wilayah; dan
6.      mempercepat proses kerusakan benda.

Cara Penanggulangan Pencemaran Air
Nah, kamu udah tahu kan penyebab dan dampak dari pencemaran air itu sendiri? Sekarang kita pelajari nih beberapa cara penganggulangan dari pencemaran air.
1. Pembuatan kolam stabliisasi
Di kolam stabilisasi ini air limbah diolah secara alami. Ini dilakukan untuk menetralisasi zat-zat pencemar sebelum dialirkan ke sungai.
2. IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah)
Pengolahan air limbah dengan IPAL ini menggunakan alat-alat khusus dan menggunakan tiga tahapan, yakni primary treatment (pengolahan pertama), secondary treatment (pengolahan kedua), dan tertiary treatment (pengolahan lanjutan)
3. Pengelolaan Excrexta (Human Excreta). Pengelolaan ini dapat ditemukan dalam septic tank yangbisa diolah dengan cara anaerobik menjadi biogas. Setelah itu bisa dimanfaatkan sebagai sumber gas untuk rumah tangga.
Perlu kamu ingat nih Squad, dalam menangani limbah baik dalam bentuk padat atau cair tetap memperhatikan prinsip ekologi ya yang dikenal dengan 4R. Apa itu 4R? 4R itu:
-Recycle (daur ulang)
-Reuse (penggunaan ulang)
-Reduce (pengurangan penggunaan)
-Repair (perbaikan)


KESIMPULAN & SARAN
Pencemaran air dapat berdampak buruk bagi kesehatan, keselamatan dan akhirnya berakibat pada pembangunan ekonomi. Bencana krisis air bersih dapat merupakan ancaman bagi keberlangsungan generasi yang akan dating nantinya. Ditinjau dari segi kualitas dan kuantitas, kondisi sumber air makin menurun dan berkembangnya berbagai sumber penyakit. Tingginya pencemaran air disebabkan limbah industri yang tidak diolah dahulu serta limbah rumah tangga pada pemukiman yang dibuang ke badan sungai.
Terbatasnya upaya pengendalian pencemaran air diperparah dengan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan serta kurangnya penegakan hukum bagi pelanggar pencemaran lingkungan. Diperlukan pendekatan yang komprehensif dan holistic bagi penanggulangan pencemaran air, agar dapat dipertahankan kualitas lingkungan yang baik. Pemerintah juga hendaknya mengeluarkan kebijakan yang pada dasarnya merangsang pengguna air untuk melakukan efisiensi dengan menganggap bahwa air merupakan sumberdaya yang terbatas.



Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi

Yogafanny, E. (2015). Pengaruh aktifitas warga di sempadan sungai terhadap kualitas air Sungai Winongo. Jurnal Sains & Teknologi Lingkungan7(1), 29-40.
Widiyanto, A. F., Yuniarno, S., & Kuswanto, K. (2015). Polusi air tanah akibat limbah industri dan limbah rumah tangga. KEMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat10(2), 246-254.

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.