.

Sabtu, 29 Februari 2020

Biodiesel



                                                          Abstrak


Dalam menghadapi kekurangan bahan baku energi terutama energi bahan bakar yang merupakan kebutuhan yang sangat vital terutama bagi kelangsungan hidup manusia segala mobilitas bersumber dari bahan bakar tersebut .maka diperlukan adanya sumber cadangan selain minyak mentah yang bersumber dari dalam tanah yang berproses dari fosil,atau terimbunya kehidupan jaman dahulu sehingga membutuhkan sebuah sumber energi yang dinamakan minyak mentah.

Pendahuluan


Banyaknya pemakaian akan sumber energi yang berupa minyak mentah serta berkurangnya sumber energi tersebut maka dengan kemajuan teknologi manusia dituntut untuk mencari alternatif sebagai pengganti energi yang sangat lama sekali pemakaiannya serta berdampak terhadap populasi lingkungan terutama udara yang semakin hari semakin mengalami perubahan iklim serta pemanasan global untuk itu dunia memperingatkan kepada seluruh Negara agar mengurangi pemakaian yang bersifat merusak lingkungan .Biodiesel merupakan bentuk perubahan serta semakin meningkatnya kemajuan teknologi untuk merubah dunia menjadi lebih hijau serta mengembalikan polusi udara yang bersih demi kehidupan yang akan datang.

Biodiesel

Merupakan bahan bakar yang terdiri dari campuran mono--alkyl ester dari rantai panjang asam lemak, yang dipakai sebagai alternatif bagi bahan bakar dari mesin diesel dan terbuat dari sumber terbarui seperti minyak sayur atau lemak hewan.
Sebuah proses dari transesterifikasi lipid digunakan untuk mengubah minyak dasar menjadi ester yang diinginkan dan membuang asam lemak bebas. Setelah melewati proses ini, tidak seperti minyak sayur langsung, biodiesel memiliki sifat pembakaran yang mirip dengan diesel (solar) dari minyak bumi, dan dapat menggantikannya dalam banyak kasus. Namun, dia lebih sering digunakan sebagai penambah untuk diesel petroleum, meningkatkan bahan bakar diesel petrol murni ultra rendah belerang yang rendah pelumas.
Biodiesel merupakan kandidat yang paling baik untuk menggantikan bahan bakar fosil sebagai sumber energi transportasi utama dunia, karena biodiesel merupakan bahan bakar terbarui yang dapat menggantikan diesel petrol di mesin sekarang ini dan dapat diangkut dan dijual dengan menggunakan infrastruktur zaman sekarang.
Penggunaan dan produksi biodiesel meningkat dengan cepat, terutama di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia, meskipun dalam pasar masih sebagian kecil saja dari penjualan bahan bakar. Pertumbuhan SPBU membuat semakin banyaknya penyediaan biodiesel kepada konsumen dan juga pertumbuhan kendaraan yang menggunakan biodiesel sebagai bahan bakar.
Manfaat dan Keunggulan Biodiesel
Manfaat
  • Mengurangi pencemaran hidrokarbon yang tidak terbakar, karbon monoksida, sulfur dan hujan asam.
  • Bahan dasar nya adalah minyak goreng bekas, dengan adanya pembuatan biodiesel ini dapat mengurangi beban lingkungan karena sampah/limbah.
  • Tidak menambah jumlah gas karbon dioksida, karena minyak berasal dari tumbuhan/nabati.
  • Energi yang dihasilkan mesin diesel lebih sempurna dibandingkan solar hingga yang menggunakan biodiesel tidak mengeluarkan asap hitam berupa karbon atau CO2, sedangkan mesin yang menggunakan solar mengeluarkan asap hitam. Biodiesel mengeluarkan aroma khas seperti minyak bekas menggoreng makanan.

Keunggulan
  • Mengurangi emisi karbon monoksida dan SO2
  • Bahan baku biodiesel tidak hanya dari lemak hewan atau dari tanaman jarak pagar yang sudah dikenal, tetapi juga dapat terbuat dari limbah penggorengan yang tidak sulit didapat memungkinkan diproduksi dalam skala kecil menengah dan juga dapat membuka lapangan kerja baru.
  • Aman dalam penyimpanan dan transportasi karena tidak mengandung racun.
  • Tidak memerlukan teknologi tinggi dalam pembuatannya.
  • Limbah dari biodiesel ini merupakan gliserin. Gliserin ini merupakan bahan dasar pembuatan sabun, sehingga ramah lingkungan dan mengurangi polusi. Limbahnya pun bisa menjadi berguna.
Kelemahan
  • Dalam beberapa kasus, biodiesel kurang cocok digunakan pada beberapa mesin diesel modern. BMW dan Mercedes-Benz misalnya, mereka hanya merekomendasikan Dex, Shell Diesel, dan solar berkualitas tinggi lainnya.

Saran dan Pesan
-Biodiesel adalah merupakan bahan alternatif yang ramah lingkungan untuk itulah baiknya beralih ke bahan bakar tersebut demi merubah lingkungan menjadi bersih dan berkurangnya polusi udara yang kotor sehingga kesehatan juga terjaga karena udara bersih.
-Kurangi penggunaan energi yang tidak ramah lingkungan.



Kesimpulan

Semakin kita tahu akan cadangan energi berupa minyak mentah berkurang Biodiesel merupakan terobosan yang bagus untuk mengurangi dampak lingkungan yang semakin memburuk serta menjaga lingkungan selalu bersih udara menjadi segar dan kelangsungan kehidupan yang akan datang menjadi lebih baik.


Referensi ==
* ''An Overview of Biodiesel and Petroleum Diesel Lifecycles'', May 1998, Sheehan, ''et al.'' NREL [http://www.nrel.gov/docs/legosti/fy98/24772.pdf (60pp pdf file)]
* ''Business Management for Biodiesel Producers'', January 2004, Jon Von Gerpen, Iowa State University under contract with the National Renewable Energy Laboratory (NREL) [http://www.nrel.gov/docs/fy04osti/36242.pdf (210pp pdf file)]
* ''[http://www.biodiesel.co.uk/levington.htm Energy balances in the growth of oilseed rape for biodiesel and of wheat for bioethanol]'', June 2000, I.R. Richards
* ''Life Cycle Inventory of Biodiesel and Petroleum Diesel for Use in an Urban Bus'', 1998, Sheehan, ''et al.'' NREL
  • An Overview of Biodiesel and Petroleum Diesel Lifecycles, May 1998, Sheehan, et al. NREL (60pp pdf file)

1 komentar:

  1. @Q01 - WAWAN

    Apakah biodisel temasuk yang ramah lingkungan?

    Artikel sangat berguna bagi saya.
    Terimakasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.