.

Kamis, 09 Januari 2020

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI HIJAU DI ERA GLOBALISASI



CAESAR ANTONIUS
      (@N05-Caesar)










ABSTRAK :

        Kelangsungan peradaban manusia bergantung pada keutuhan lingkungannya. Dan keutuhan lingkungan akan bergantung pada kearifan manusia dalam mengelolanya. Maka setiap orang memiliki kebutuhan untuk menerapkan gaya hidup ‘hijau’ yang ramah lingkungan. Sebagai upaya untuk menghasilkan sumbangsih berupa ide dan hasil penelitian dalam teknologi ‘hijau’ yang dapat diimplementasikan untuk kemajuan bangsa dan negara


I.PENDAHULUAN
    
         Perkembangan teknologi negara-negara di dunia semakin meningkat. Hal ini ditunjukkandengan diproduksinya berbagai macam peralatan yang dapat mempermudah manusia dalammenunjang kehidupannya, baik dalam sektor industri maupun transportasi, Namun,terkadang kemajuan teknologi tersebut tidak diiringi dengan kepedulian kita sebagaipengguna teknologi untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Salah satu dampak tidak langsung yang diakibatkan oleh perkembangan teknologi adalah masalah pencemaran udara dan  kemacetan

II, PERUMUSAN MASALAH
 
1. Apa yang dimaksud dengan teknologi ramah lingkungan dan apa saja prinsipnya?
2. Apa saja aplikasi teknologi ramah lingkungan?
    3. Bagaimana cara menghemat energi?

   
III,PEMBAHASAN

        Perubahan zaman yang makin moderen rupanya diikuti oleh menyusutnya kesadaran manusia untuk perduli kepada lingkungan. Walau sebenarnya, lingkungan atau alam sekitar kita yaitu salah satu faktor terpenting buat kehidupan. Atas dasar inilah manusia lalu terasa butuh untuk membuat teknologi ramah lingkungan.

         Apa yang disebut dengan teknologi ramah lingkungan? Teknologi yaitu semua hal yang di ciptakan secara sengaja oleh manusia melalui akal serta pengetahuannya untuk memberikan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.
         Sementara itu, ramah lingkungan artinya tidak mengakibatkan kerusakan pada lingkungan sebagai tempat tinggal manusia. Maka dengan cara yang sederhana, teknologi ramah lingkungan yaitu teknologi yang di ciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia namun tidak mengakibatkan kerusakan atau memberikan dampak negatif pada lingkungan di sekelilingnya.

Prinsip dari teknologi yang ramah lingkungan :
1. Refine artinya memakai bahan yang ramah lingkungan dan lewat sistem yang lebih aman dari teknologi sebelumnya
2. Reduce artinya mengurangi jumlah limbah dengan cra memaksimalkan pemakaian bahan
3. Reuse yaitu menggunakan kembali beberapa bahan yg tidak terpakai atau telah berbentuk limbah serta diolah dengan cara yang berbeda.
4. Recycle nyaris sama juga dengan reuse, hanya saja recycle memakai kembali bahan-bahan atau limbah dengan sistem yang sama.
5. Recovery artinya pemakaian material khusus dari limbah untuk diolah demi kepentingan yang lain. 

 Aplikasi Teknologi Ramah Lingkungan :

1,Bioges 

      Biogas diperoleh dari proses fermentasi bahan-bahan organik oleh bakteri anaerob (bakteri yang hidup di lingkungan tanpa oksigen). Bakteri anaerob tersebut akan mengubah zat organik  menjadi gas metana (CH4) sebesar 75%, dan gas lainnya seperti korbondioksida, hidrogen, dan hidrogen sulfida. Gas yang digunakan sebagai sumber bahan bakar adalah gas metana. 
      Bahan organik yang paling sesuai untuk produksi biogas adalah bahan organik yang berbentuk padat, cair, dan homogen seperti kotoran dan urin hewan ternak. Teknologi ini tidak hanya bermanfaat karena mampu menghasilkan sumber energi alternatif, namun juga dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan pemanfaatan limbah organik dari hewan ternak dan industri pembuatan makanan.
 
2,Biofuel
          Biofuel, berasal dari bahan-bahan organik, biofuel dapat diolah langsung dari bahan organik seperti tumbuh-tumbuhan. Ada dua jenis biofuel yaitu dalam bentuk etanol dan biodiesel. Etanol merupakan salah satu jenis alkohol yang dapat dibuat dengan fermentasi karbohidrat atau reaksi kimia gas alam. Beberapa tumbuhan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti jagung, sorgum, atau singkong biasanya digunakan untuk menghasilkan etanol.
         Sedangkan biodiesel merupakan bahan bakar alami yang biasanya diperoleh dari lemak nabati. Penggunaan bahan bakar dengan sumber alam yang dapat diperbaharui akan menjamin kelestarian lingkungan dan ketergantungan pada ketersediaan minyak bumi yang semakin menipis. Selain itu sisa pembakaran dari biofuel juga lebih ramah lingkungan.

3.Biopori
          Energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan Photovoltaic (PV) cell atau sering disebut solar cell atau sel surya. Pada umumnya sel surya ini terbuat dari silikon (Si) yang dimurnikan atau polikristalin silikon dengan beberapa logam yang mampu menghasilkan listrik.
          Ketika cahaya matahari melalui panel surya, cahaya menghasilkan emisi elektron pada komponen panel. Elektron ini kemudian dihubungkan dengan sistem tertentu sehingga dihasilkan listrik yang selanjutnya dialirkan dan disimpan pada baterai sehingga dapat digunakan pada saat mendung atau malam hari.

 Perilaku Hemat Energi dalam Keseharian
        Perkembangan zaman yang semakin maju membuat kebutuhan energi semakin besar untuk kehidupan yang modern ini, saat ini hampir semua orang menggunakan kendaraan bermotor. Artinya setiap hari setiap orang menggunakan sumber energi minyak bumi, dan minyak bumi adalah salah satu sumber energi yang tak dapat diperbaharui. Yang artinya jika kita terus menerus menggunakan bahan bakar tersebut maka akan habis. Maka kita harus tahu cara menghemat energi tersebut.\
           Bukan hanya bahan bakar saja yang harus kita hemat namun sumber energi yang lain juga perlu kita hemat, karena jika kita boros dalam menggunakan sumber energi yang ada. Apalagi sumber energi yang tak dapat diperbaharui, itu artinya kita tidak sayang akan anak cucu kita kelak. Energi yang ada haruslah kita gunakan dengan baik dan menghematnya, kita bisa memulai penghematan energi dari hal yang terkecil. berikut ini beberapa cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari :

1.Gunakan air secukupnya
2.Matikan mesin air
3.Matikan peralatan listrik bila tidak digunakan
4.Gunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi
5.Kurangi penggunaan kendaraan

Simpulan
Jadi teknologi ramah lingkungan bertujuan untuk mengurangi pencemaran/polusi pada lingkungan sekitar kita. Pembuatan teknologi ramah lingkungan juga sangat mudah.




REFRENSI BY:

https://kemenperin.go.id/artikel/7911/Aplikasi-Teknologi-Hijau-Meningkat

 republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/12/16/oia1aa284-teknologi-hijau-bantu-pecahkan-masalah-limbah-industri

 https://environment-indonesia.com/training/konsep-teknologi-ramah-lingkungan

http://standardisasi.menlhk.go.id/index.php/barangjasateknologi-ramah-lingkungan/teknologi-ramah-lingkungan/










 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.