.

Senin, 16 Desember 2019

Teknologi Hijau di Berbagai Negara

Oleh: Rosa Amaria Putri (@P09-Rosa)



Abstrak
Definisi teknologi berdasarkan beberapa kamus terkemuka di dunia (Dictionary.com,dan Meriam Webster) anatara lain: Cabang penegtahuan yang berhubungan dengan penciptaan dan penggunaan sarana teknis dan keterkaitannya dengan kehidupan,masyarakat,dan lingkungan;Penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis;Proses ilmiah atau industry ,penenmuan,metode atau sejenisnya,Penggunaan ilmju pengetahuan dalam industry,teknik,dan sebagainya,untuk menemuksn hal-hal ysng berguns stsu untuk memecahkan masalah (MW,2016,dan DC,2016).terdapat konsep-konsep,prinsip,ruang lingkup ,dan penerapan di berbagai Negara.
Kata Kunci
            Teknologi hijau,konsep teknologi hijau,ruang lingkup teknologi hijau.
       I.            Pedahuluan
Berdasarkan catatan Karyo (2009),teknologi hijau muncul sebagai konsekuensi hadirnya formulasi komisi PBB,World commission on Environment and Development (WCED),atau yang lebih dikenal sebagai Brundtland Commission tahun 1987 mengenai pembangunan berkelanjutan.Teknologi hijau adalah teknologi yang penggunaannya minim penggunaannya minim menggunakan sumberdaya alam,termasuk sumberdaya energy,mineral,air dan material,serta minim menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan manusia.
     II.            Permasalahan
Masih banyak manusia yang kurang kesadaran dalam hidup dialam ini,masih banyak pabrik-pabrik yang nakal membuang limbah kimia ke aliran sungai,atau tempat yang dilalui banhyak makhluk hidup,kurangnya kesadaran bahwa kita sebagai makhluk hidup masih membutuhkan alam yang sehat,energy yang positif,udara yang segar.
  III.            Pembahasan
Pengertian
            Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian dan berkelanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan ( sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dimasa depan tanpa merusak sumber daya alam , atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
Konsep
·         Konsep Berkelanjutan, dimana kebutuhan masyarakat secara terus-menerus dapat dipenuhi tanpa merusak atau menghabiskan  sumberdaya alam.
·         Konsep daur ulang, dimana dalam proses produksi manufaktur dirancang sedemikian rupa supaya dapat di daur ulang atau digunakan kembali.
·         Konsep pengurangan limbah dan polusi, dimana pola produksi dan monsumsi diubah sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan seminimal mungkin limbah dan polusi.
·         Konsep Inovasi, dalam hal selalu berupaya mengembangkan teknologi alternatif.
·         Konsep Viabilitas,intinya ialah bagaimana kegiatan produksi dan konsumsi ramah lingkungan senntiasa terpelihara keberadaannya.
·         Konsep Edukasi, upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat secara keseluruhan melalui pendidikan dan pelatihan.
Prinsip Utama
·         Kenyamanan Sosial,hakikat dari pengembangan dan penerapan teknologi antara lain untuk menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat.
·         Ekonomis, penerapan teknologi hijau sedapat munglin harus rendah biaya dengan nilai manfaat yang seopyimal mungkin.
·         Ramah lingkungan, teknologi bersih dan ramah lingkungan .
Ruang Lingkup
·         Energi hijau
·         Bangunan hijau (green building)
·         Nanoteknologi hijau (Green nanotechnology)
Penerapan Teknologi Hijau Diberbagai Negara
1.      Israel,pilihannya dalam menerapkan Teknologi hijau berkaitan dengan keterbatasan sumberdaya energy dan air yang dimilikinya.
2.      Finlandia,dikenal sebagai Negara yang berfungsi sebagai laboratorium untuk solusi lingkungan.
3.      Amerika Serikat (AS),dikenals ebagi Negara yang paling frajin dalam investasi untuk pengembangan Teknologi Hijau.
4.      Swedia,memiliki kinerja baik untuk semua indicator yang disurvei.
5.      Denmark, Negara kecil memiliki potensi untuk membuat perubahan yang besar kea rah masa depan yang lebih berkelanjutan melalui inovasi hijau dan penerapan teknologi hijau.
6.      Inggris,termasuk Negara yang memiliki perhatian yang besar terhadap pengembangan Teknologi hijau.
7.      Kanada, Negara berhasil mengembangkan Teknologi Hijau palinhg mutakhir.
8.      Swiss,meskipun memiliki dukungan keuangan yang saat ini relatif lemah ,namun memiliki input inovasi yang sangat tinggi.
9.      Jerman, merupakan Negara terdepan dalam pengembangan energy terbarukan.
10.  Irlandia, Negara ini terus mengembangkan program investasi hijau dengan peningkatan dana mencapai dua kali lipat dalam dua tahun terakhir.

  IV.            Kesimpulan dan Saran
Teknologi hijau sangat dibutuhkan di berbagai Negara, perkembangan teknologi hijau sudah semakin bagus dan banyak Negara yang melakukan inovasi-inovasi baru.
Saran saya adalah Indonesia perlu membuat teknologi hijau yang inovatif dan gterbarukan.
    V.            Daftar Pustaka
Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.

Markom,Ruzian;Hassan,Norizan.2014. KELESTARIAN ALAM SEKITAR DAN PEMBIAYAAN TEKNOLOGI HIJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG SYARIAH.Dalam http://jurnalkanun.dbp.my/wordpress/wp-content/uploads/2014/11/7-Kelestarian-Alam-Sekitar1.pdf (akses 16 Desember 2019)

Hassan,Norizan; Salamon, Hussin;& Rahman,A,H.2017. PERANAN APLIKASI TEKNOLOGI HIJAU DALAM KONTEKS MELESTARIKAN ALAM SEKITAR MENURUT PERSPEKTIF ISLAM.Dalam http://rmc.kuis.edu.my/jpi/wp-content/uploads/2017/05/NORIZAN-HASSAN-final-1-12.pdf (akses 16 Desember 2019)

Hasyim,Yusup.2007.Penggunaan Teknologi  Dalam Inovasi Pendidikan.Dalam http://apjee.usm.my/JPP_13_1994/Jilid%2013%20Artikel%2007.pdf (akses 16 Desember2019)

Nurhayati,D,N.2017. Pengetahuan dan Amalan Hijau dalam Kalangan Murid Sekolah Rendah.Dalam http://journalarticle.ukm.my/11049/1/19596-55789-1-SM.pdf
(akses 16 Desember2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.