.

Senin, 11 November 2019

STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

Oleh : Rachmatika A.A, Firsta F, Viviancho


ABSTRAK
Struktur atom merupakan satuan terkecil dalam materi baik itu berupa benda cair, padat, dan gas. Atom yang ada menjadi bahan dasar pembentuk materi-materi yang ada sampai kepada bentuk yang kita rasakan.  Seperti air, kayu, handphone, dan bentuk-bentuk materi yang tak kasat mata misalnya gas dan angin.
KATA KUNCI
Atom, Struktur, Periodik, Unsur.
I.                   PENDAHULUAN
Segala sesuatu benda dalam alam ini mempunyai unsur dan partikel dalam penyusunannya. Suatu zat atau benda memiliki beberapa partikel dalam menyusun dirinya, mulai dari partikel dalam ukuran makro hingga partikel yang berukuran mikro. Dalam partikel berukuran mikro, zat-zat itu akan tersusun atas partikel yang lebih kecil lagi sehingga pada akhirnya tidak dapat dibagi lagi. Partikel itulah yang disebut dengan atom.

II.                PEMBAHASAN
Konsep atom pertama kali dikemukakan oleh Democritus. Atom berasal dari kata atomos (dalam bahasa Yunani = tidak, tomos = dibagi), jadi atom merupakan partikel yang sudah tidak dapat dibagi lagi. Menurut Dalton konsep atom Democritus ini tidak bertentangan dengan Hukum Kekekalan Massa dan Hukum Kekekalan Energi, sehingga Dalton membuat teori tentang atom yang salah satunya adalah materi tersusun atas partikel-partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Dalam pembagiannya striktur atom terdiri atas 3 inti materi yang memiliki fungsi dan tungasnya tersendiri. Yaitu proton, elektron, dan neutron. Proton dan Neutron berada dalam inti atom. Sedangkan, elektron berputar mengelilingi inti atom berupa proton dan neutron.
Perlu diketahui bahwasanya Proton merupakan struktur atom yang bermuatan positif (+). Neutron merupakan struktur atum yang bermuatan netral. Dan elektron merupakan struktur aton yang bermuatan negatif (-). Sehingga, dalam struktur atom yang berada dalam sistem periodik unsur yang kita ketahui dipengaruhi oleh daya tarik menarik antara elektron dan proton dalam inti atom.
Perkembangan Teori Model Atom
1.      Teori Atom Dalton
Materi terdiri atas atom yang tidak dapat dibagi lagi, semua atom dari unsur kimia tertentu memiliki massa dan sifat yang sama, unsur kimia yang berbeda akan memiliki jenis atom yang bebeda, senyawa tersusun atas dua jenis atom atau lebih dengan perbandingan tetap dan tertentu.
2.      Teori Atom Thomson
Mengasilkan teori yaitu, atom bukan sebagai partikel terkecil dari suatu benda, atom berbentuk bola pejal, dimana terdapat muatan listrik positif dan negatif yang tersebar merata di seluruh bagian seperti roti kismis.
3.      Teori Atom Rutherford
Muatan listrik negatif (elektron) terletak sangat jauh dari inti dan untuk menjaga kestabilan jarak muatan listrik negatif terhadap inti, maka muatan listrik negatif senantiasa bergerak mengelilingi inti.
4.      Teori Atom Niels Bohr
Menggabarkan model atom bohr dengan bentuk seperti tata surya yang terkadang diistilahkan sebagai model atom tata surya.
Sistem Periodik Unsur
Sistem periodik unsur adalah susunan unsur-unsur berdasarkan urutan nomor atom dan kemiripan sifat unsur-unsur tersebut. Disebut “periodik”, sebagaimana terdapat pola kemiripan sifat unsur dalam susunan tersebut. Sistem periodik unsur (tabel periodik) modern yang saat ini digunakan didasarkan pada tabel yang dipublikasikan oleh Dmitri Mendeleev pada tahun 1869.

Sifat-sifat sistem periodik
1.      Jari-jari atom, Panjang pendeknya jari-jari atom tergantung pada jumlah kulit elektron dan muatan inti atom. Semakin banyak muatan inti atom, makin besar gaya tarik inti atom terhadap elektronnya sehingga elektron lebih dekat ke inti.
2.      Energi inonisasi, Energi minimum yang diperlukan atom unruk melepaskan satu elektron yang terikat paling lemah dari suatu atom atau ion dalam wujud gas.
3.      Afinitas elektron, Besarnya energi yang dihasilkan atau dilepaskan oleh atom netral dalam bentuk gas untuk mengkap satu elektron sehingga membentuk ion negatif.
4.      Keelektronegatifan, Kecenderungan suatu atom dalam menarik pasangan elektron yang dhinakan bersama dalam membentuk ikatan.
Klasifikasi unsur
Pada tahun 1984, J.A.R. Newlands mengusulkan untuk mengklasifikasikan unsur berdasarkan urutan kenaikan berat atom. Unsur-unsur dapat dikenali dari nomor urut dan dibagi menjadi tujuh golongan yang mempunyai sifat yang berhubungan dengan tujuh unsur yang dikenal saat itu yaitu hidrogen, litium, berilium, boron, karbon, nitrogen dan oksigen. Hubungan ini diistilahkan dengan hukum oktaf, dengan analogi tujuh interval dari skala musik.
Golongan
Golongan adalah kolom vertikal di tabel periodik unsur. Golongan dianggap sebagai metode yang paling penting dalam mengklasifikasikan unsur-unsur yang berbeda. Golongan adalah unsur-unsur yang memiliki susunan elektron terluar yang sama. Elektron terluar juga disebut elektron valensi. Karena memiliki jumlah elektron valensi yang sama, unsur-unsur dalam golongan yang sama mempunyai sifat kimia yang sama.

Periode
Periode adalah baris horizontal unsur-unsur yang ada di tabel periodik unsur. Ada 7 periode pada tabel periodik. Periode mewakili tingkat energi atom. Jumlah atom dalam periode meningkat saat unsur diurutkan ke bawah karena ada lebih banyak sub tingkat seiring dengan meningkatnya atom.

III.             KESIMPULAN
atom telah banyak menghasilkan berbagai perspektif definisinya dari beberapa ilmuwan dan telah banyak mengalami perkembangan dari masa ke masa. mulai dari tahun 1803 oleh John Dalton, 1897 oleh Joseph John Thomson, 1911 oleh Ernest Rutherford, 1900 oleh Max Planck, dan 1913 oleh Niels Bohr. Selain itu, atom tersusun atas proton, elektron dan neutron serta memiliki nomor atom dan nomor massa atom. Sistem periodik unsur adalah susunan unsur-unsur berdasarkan urutan nomor atom dan kemiripan sifat unsur-unsur tersebut. Sistem periodik terdiri dari klasifikasi unsur, golongan dan periode.

DAFTAR PUSTAKA
Putri, R.K.P. 2018. Struktur Atom dan Sistem Periodik. Dalam https://www.academia.edu/37844569/MAKALAH_STRUKTUR_ATOM_DAN_SISTEM_PERIODIK
Nisa, Khaerum., Dkk. 2013. Struktur Atom. Dalam http://andellaforester.blogspot.com/2014/04/makalah-struktur-atom.html
Putra, Yunis Eka. 2019. Sistem Periodik Unsur. Dalam https://yuniseka.wordpress.com/bahan-ajar-kimia/about/sistem-periodik-unsur-2/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.