.

Senin, 11 November 2019

Pencemaran Air

Pencemaran Air


Oleh : Gayatri Wahyu Andini (@P13-GAYATRI)
Kata Kunci : sampah, limbah, manusia, air, pencemaran, mahluk hidup, kehidupan
Abstrak :
Pencemaran salah satu masalah yang banyak terjadi di Indonesia, pencemaran meliputi pencemaran udara, pencemaran tanah dan pencemaran air. Pencemaran air merupakan masuknya zat kimia, komponen yang dapat menurunkan kualitas yang tidak dapat digunakan dengan baik. Saat ini banyak sekali sampah-sampah yang bertumpukan di sepanjang sungai dan laut, manusia tidak memikirkan apa yang dilakukan dapat mengganggu kelangsungan hidup mahluk hidup lainnya. Pencemaran air dapat diatasi tergantung dari tingkat kelayakannya.
I.                    Pendahuluan
Indonesia di dominasi oleh perairan seperti sungai dan laut, selain itu banyak sekali penduduk Indonesia terutama di Ibu Kota Jakarta. Semakin tinggi jumlah penduduk makin banyak pula pencemaran yang terjadi, salah satunya pencemaran air. Air menjadi salah satu sumber kehidupan, tidak ada satupun di dunia ini tanpa adanya air bahkan di dalam tubuh kita terdapat air.
Selain menjadi sarana kebutuhan manusia, air juga menjadi tempat makhluk hidup jenis hewan atau tanaman berkembang biak. Celakanya, di Indonesia kualitas kebersihan air semakin menurun dari tahun ke tahunnya.
Pencemaran air terjadi dimana-mana, hal ini disebabkan oleh perilaku manusia yang sering membuang sampah ke sungai ataupun perusahaan-perusahaan industri yang membuah limbah pabriknya ke aliran sungai. 
II.                  Permasalahan
1.       Apa itu Pencemaran?
2.       Apa penjelasan mengenai pencemaran air>
3.       Mengapa dapat terjadi pencemaran air?
4.       Apa saja faktor yang mengakibatkan pencemaran air itu dapat terjadi?
5.       Bagaimana cara penanggulan pencemaran air?
6.       Apa saja contoh pencemaran yang terjadi di Ibu Kota?
7.       Apa saja dampak yang dapat terjadi saat air tercemar?

III.                Pembahasan
Pencemaran air disebabkan oleh banyak sekali, faktor-faktor penyebabnya tidak sama antara satu dengan yang lain, dalam hal ini karakternya. Berikut dibawah ini beberapa faktor yang menjadi penyebabnya :
·       Sungai Citarum yang dikotori atau dicemari oleh limbah yang berasal dari beberapa pabrik yang berada di sekitarnya.
·       Sampah juga bisa mengakibatkan air tercemar.
·       Para nelayan yang biasa menangkap ikan di tengah laut dengan memakai bahan peledak juga bisa menyebabkan air laut tercemar.
Pencemaran air banyak sekali memiliki dampak yang sangat buruk pada kehidupan mahluk hiup yang menempatinya. Berikut dampak yang diakibatkan dari pencemaran air di perairan :
·       Bisa mengakibatkan datangnya musibah banjir, bahkan bisa saja terjadi banjir bandang.
·       Sumber air lama kelamaan menjadi berkurang.
·       Berbagai macam penyakit bisa datang karena air yang tercemar, airnya kotor.
·       Bisa mengakibatkan tanahnya longsor.
·       Ekosistem sungai bisa terganggu.
·       Tanah-tanah menjadi tidak subur lagi, kalaupun masih subur kesuburannya sudah jauh berkurang
·       Para nelayan menjadi rugi, bahkan bisa jadi kerugiannya akan besar sekali karena ikan-ikan yang mereka tangkap sudah tercemari, sudah tidak bagus kualitasnya, air lautnya sudah dicemari oleh bahan peledak.
 Banyak sekali contoh yang diakibatkan oleh pencemaran air, berikut di bawah ini uraiannya 
·       Tanpa lewat pengolahan yang baik limbah yang berasal dari industri atau pabrik dibuang begitu saja ke sungai. Ekosistem sungai bisa terganggu karena senyawa toksik yang ada pada limbah tersebut, berbahaya sekali.
·       Sungai yang menjadi media untuk membuang sampah.
·       Ikan yang ada di laut yang ditangkap dengan menggunakan bahan peledak. Jelas sangat berbahaya karena bisa membuat ekosistem laut dan biota yang ada di dalam laut terganggu keseimbangannya. Ikan, makhluk hidup lainnya seperti terumbu karang yang hidup di bawah laut bisa rusak kondisinya, bahkan yang lebih parah lagi banyak yang mati.
·       Limbah rumah tangga (sampah yang dibuang dari rumah tangga yang tidak disortir terlebih dahulu), limbah nuklir dan minyak yang tumpah di tengah laut merupakan contoh yang lainnya lagi dari pencemaran air.
Supaya tidak berlarut-larut, air yang tercemar harus segera diatasi dengan cara yang paling tepat. Berikut cara penanggulangan pencemaran air yang paling baik :
·       Industri atau pabrik sebaiknya berlokasi di tempat yang jauh dari pemukiman padat penduduk. Tujuannya untuk mencegah lingkungan air, lingkungan darat dan lingkungan udaranya tercemari.
·       Zat-zat kimia dan pestisida harus mendapatkan pengawasan yang ekstra, jangan sampai penggunaannya di luar batas kewajaran, digunakan tidak semestinya. Karena kalau sampai berlebihan pemakaiannya akan menyebabkan predatornya banyak yang mati. Jika sudah demikian hama akan bertambah banyak.
·       Buanglah selalu sampah pada tempatnya. Sangat dianjurkan untuk mengelola sampah dengan cara yang baik. Harus dipisahkan mana sampah organik dan mana yang sampah bukan organik. Dengan begini pencemaran air bisa dicegah, dapat ditanggulangi.
·       Terus-menerus dilakukan upaya untuk mereboisasi hutan. Tujuannya supaya air dapat selalu terjaga keseimbangannya dengan baik. Hutan-hutan yang gundul ditanami lagi. Kalau tanamannya sudah tumbuh menjadi pohon yang lebat lagi, memiliki manfaat yang besar sekali mengikat air di dalam tanah. Dengan demikian air yang ada di dalam tanah bisa selalu terjaga keseimbangannya.
·       Menanggulangi pencemaran air juga bisa datang dari diri kita sendiri, Contohnya dengan sebisa mungkin mendaur ulang sampah. Sampah dan botol yang terbuat dari plastik didaur ulang menjadi bahan-bahan yang berguna, misalnya dijadikan dompet, tas, sandal dan berbagai produk yang lain.
·       Kesadaran yang terus ditumbuhkan dalam diri kita untuk lebih mencintai lingkungan, menjaga kelestarian lingkungan, sumber daya alam, dalam hal ini air dengan lebih baik dari sebelumnya juga bisa mencegah bahkan menanggulangi pencemaran air.

IV.                Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan berdasarkan pernyataan diatas bahwa pencemaran air faktor utamanya adalah kegiatan atau ulah manusia yang tidak bertanggung jawab apa yang telah dilakukan, bukan hanya manusia ang terkena dampaknya namun ekosistem yang hidup di perairan.
Saran saya adalah mulailah sekarang cintai lingkungan cintai bumi ini, jika mulai dari sekarang kapan lagi. Mungkin sekarang kita tidak terlalu merasakan dampaknya, bisa aja berapa puluhan tahun lagi kita baru benar-benar merasakan dampak dari pencemaran air. Ingatlah baha didunia yang hidup tidak hanya manusia saja melainkan hewan dan tumbuhan.

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, A  A; Kholil Muhammad. 2018 kimia dan pengetahuan industri – Penerbit Wahana Resolusi, Yogyakarta.
Salamadian. 2019. Cara Penanggulan Pencemaran Air. Dalam https://salamadian.com/pengertian-pencemaran-air/
Unkwon. 2018. Apa itu Pencemaran Air. Dalam https://thegorbalsla.com/pencemaran-air/
 Amalia. 2016. Dampak dari Pencemaran Air. Dalam http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/PL_07_-_Pencemaran_Air_2016.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.