.

Senin, 18 November 2019

Pencemaran Air 1



Abstrak
Air merupakan komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan. Mahluk hidup di muka bumi ini tidak dapat terlepas dari kebutuhan air. Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi, sehingga tidak ada kehidupan seandainya di bumi tidak ada air namun demikian, air dapat menjadi malapetaka bilamana tidak tersedia dalam kondisi yang benar, baik kualitas maupun kuantitasnya. Air yang relatif bersih sangat didambakan oleh manusia, baik untuk keperluan hidup sehari-hari, untuk keperluan industri, untuk kebersihan sanitasi kota, maupun untuk keperluan pertanian dan lain sebagainya. Dewasa ini, air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang serius. Untuk mendapat air yang baik sesuai dengan standar tertentu, saat ini menjadi barang yang mahal, karena air sudah banyak tercemar oleh bermacam-macam limbah dari berbagai hasil kegiatan manusia. Sehingga secara kualitas, sumberdaya air telah mengalami penurunan. Demikian pula secara kuantitas, yang sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat.
Kata Kunci: Pencemaran Air
Definisi
Pencemaran merupakan persoalan serius yang dihadapi oleh penduduk planet bumi. Sebenarnya istilah pencemaran merupakan fenomena yang relative baru dalam sejarah planet bumi. Terdapat banyak definisi mengenai pencemaran air. Intinya ialah jika satu atau beberapa zat telah masuk ke dalam air atau perairan sedemikian rupa, sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada.
Pengertian
Pencemaran air adalah suatu proses terkontaminasinya air dengan bahan bahan kimia maupun non kimia yang memiliki banyak kandungan yang tidak baik atau yang biasa disebut dengan zat poluton. Sekarang ini bukan hal yang susah lagi untuk menemukan sumber air yang tercemar.
Macam Macam Pencemaran Air
Oleh karena jenis-jenis pencemaran air ini lebih dari satu, maka pencemaran air dapat digolongkan menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut:
1.      Pencemaran mikroorganisme
2.      Pencemaran air oleh anorganik nutrisi tanaman
3.      Pencemaran oleh bahan kimia anorganik
4.      Pencemaran oleh bahan kimia organic
Dampak
1.      Menurunkan jumlah oksigen
2.      Mematikan binatang binatang yang ada di air
3.      Meningkatkan kecepatan reaksi kimia
4.      Mengganggu keh idupan binatang dan tumbuhan
5.      Mengganggu kesuburan tanah
6.      Mengganggu produksivitas tumbuhan
Cara Penanggulangan Pencemaran Air
1.      Menciptakan jalur hijau untuk mempertahankan area resapan air
2.      Mengelola penggunaan detergen dengan baik
3.      Mengelola dan membuang limbah rumah tangga dengan tepat
4.      Mengganti bahan kimia pemberantas hama dengan memanfaatkan musuh alami dan parasitoid
5.      Mengganti pupuk kimia dengan pupuk organik dan kompos
Daftar Pustaka
1.      Pencemaran Lingkungan Online, Pencemaran Air, http://www.tlitb.org/plo/air.html, dikunjungi 5/3/2004.
2.      Pikiran Rakyat, 8 Juni 2003, Kemarau Tiba Saguling Makin Tercemar, http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0603/08/0106.htm, dikunjungi 21/3/2004.
3.      Pikiran Rakyat, 25 Agustus 2003, Penambangan Emas Ciherang Cemari LingkunganWarga, http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/0803/25/0301.htm, dikunjungi 14/3/2004.
4.      Republika Online, 17 Peb. 2003, Penelitian KIRJU: Pencemaran, Kerugian Bagi Nelayan dan Petambak,
5.       Setiawan, Hendra, Agustus 2001, Pengertian Pencemaran Air Dari Perspektif Hukum, http://www.menlh.go.id/airnet/Artikel01.htm, dikunjungi 7/3/2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.