.

Senin, 11 November 2019

Macam Dampak Pencemaran Udara

Satria Hotma Hizkia
@N19-SATRIA
Macam Dampak Pencemaran Udara

Abstrak
Pencemaran udara menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia dan memperburuk kondisi planet bumi lainnya. Polusi atau pencemaran udara merupakan masalah utama dari kesehatan lingkungan sedunia. Derajat keasaman (pH) normal air hujan adalah 5,6 karena adanya karbondioksida (CO2) di atmosfer. Pencemaran udara bisa berdampak pada semua aspek kehidupan mulai dari manusia, tanaman, hewan, dan lingkungan.

Kata Kunci : Dampak, Pencemaran Udara.

1.      Pendahuluan
Kegiatan yang menimbulkan penurunan kualitas lingkungan hidup tersebut ironisnya disebabkan terutama oleh kegiatan pembangunan ekonomi yang diharapkan dapat mensejahterakan manusia. Pencemaran udara menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia dan memperburuk kondisi planet bumi lainnya. Yang dimaksud pencemaran udara adalah adanya satu atau lebih substansi fisik, kimia, atau biologi pada atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan bagi kesehatan setiap makhluk hidup termasuk manusia. Tak hanya itu pencemaran juga sangat mengganggu estetika dan kenyamanan lingkungan.

2.      Permasalahan
2.1  Apa dampak pencemaran udara terhadap manusia ?
2.2  Apa dampak pencemaran udara terhadap tanaman ?
2.3  Apa dampak pencemaran udara terhadap hewan ?
2.4  Apa dampak lainnya ?

3.      Pembahasan
3.1  Dampak Pencemaran Udara Terhadap Manusia
Polusi atau pencemaran udara merupakan masalah utama dari kesehatan lingkungan sedunia. Sebuah studi kajian milik Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2013 menyimpulkan, polusi udara merupakan penyebab kanker bagi manusia. Terutama kanker paru-paruDampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) ini bisa diakibatkan kebakaran hutan yang meluas seperti di daerah Kalimantan dan Sumatera. Pencemaran udara ini juga menyebabkan penyakit asma dan bronchitis.

3.2  Dampak Pencemaran Udara Terhadap Tanaman

-          Perubahan jadwal tumbuhan berbunga
Tanaman biasanya berbunga pada musim semi. Musim semi selama 50 tahun terakhir datang lebih awal dari biasanya. Saat ini banyak tanaman di Eropa berbunga beberapa minggu lebih cepat daripada 50 tahun yang lalu. Hal ini, berkaitan erat dengan perubahan musim yang terjadi
3.3  Dampak Pencemaran Udara Terhadap Hewan

-          Berubahnya waktu migrasi hewan
Hewan melakukan migrasi untuk beradaptasi menghindari keadaan lingkungan yang merugikan kehidupan mereka. Pola migrasi ini sangat dipengaruhi oleh suhu dan musim. Contoh yang menarik tentang berubahnya waktu migrasi hewan adalah, burung layang-layang di Amerika Utara bermigrasi ke Utara pada musim semi 18 hari lebih cepat dibandingkan 35 tahun yang lalu.

-          Berubahnya Habitat
Sebuah studi terhadap 35 Species kupu-kupu yang tidak melakukan migrasi di Eropa menunjukkan bahwa dua pertiga dari spesies ini telah berpindah 32 hingga 240 km ke arah utara ke tempat yang lebih sejuk. Beberapa hewan atau tumbuhan dapat bertahan hidup dengan berpindah ke daerah lintang yang lebih besar atau ke daerah yang lebih tinggi untuk mendapatkan daerah yang lebih sejuk. Saat ini, hewan dan tumbuhan tidak hanya hidup di bumi yang lebih panas, tapi juga harus bersaing dengan 7 milyar lebih manusia di bumi.

3.4  Dampak Lain Pencemaran Udara

-           Terjadinya Hujan Asam
Derajat keasaman (pH) normal air hujan adalah 5,6 karena adanya karbondioksida (CO2) di atmosfer. Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. Dampak dari hujan asam diantaranya yaitu mempengaruhi kualitas air permukaan, tanaman menjadi layu dan mati, dan bersifat korosif sehingga membentuk karat pada material dan bangunan.
-           Efek Rumah Kaca
Suhu udara meningkat sangat terkait dengan makin gundulnya hutan akibat penebangan liar dan kebakaran hutan. Hal ini meningkatkan kadar karbondioksida. Selanjutnya, aktivitas manusia yang menghasilkan asap kendaraan bermotor dan asap rokok juga meningkatkan kadar CO2. Kadar CO2 di atmosfer yang semakin menumpuk akan sulit dinetrakan, pada akhirnya menyebabkan efek rumah kaca.

4.      Kesimpulan
Berdasarkan pernyataan-pernyataan diatas, maka penulis menyimpulkan bahwa pencemaran udara bisa berdampak pada semua aspek kehidupan mulai dari manusia, tanaman, hewan, dan lingkungan. Oleh karena itu harus dilakukan antisipasi terhadap berbagai aspek tersebut sebab dampak yang menyerang bisa menyebabkan beberapa kerugian. Pencemaran udara adalah masalah penting bagi seluruh aspek kehidupan.



5.      Referensi
Fitriza, Dino. 2014. Dampak Pencemaran CO2 Terhadap Hewan dan Tumbuhan Serta       Keadaan Terburuk yang Dapat Terjadi di Masa Depan.
Hamdan, Ali. 2018. Jenis-Jenis Pencemaran Udara.
Hidayat, Atep Afia. Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan          Industri. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Rusdystina, Adinda. 2016. Dampak Buruk Pencemaran Udara untuk Kesehatan Bukan     Cuma Kanker.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.