.

Senin, 14 Oktober 2019

Pencemaran Lingkungan

Disusun Oleh : Muhammad Fathan F


Abstrak

Dalam abad modern ini banyak kegiatan atau perbuatan manusia untuk memenuhi kebutuhan biologis dan kebutuhan teknologi sehingga banyak menimbulkan pencemaran lingkungan. Manusia adalah merupakan satusatunya komponen Lingkungan Hidup biotik yang mempunyai kemampuan untuk dengan sengaja merubah keadaan lingkungan hidup. Dalam usaha merubah lingkungan hidupnya ini dengan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya dapat menimbulkan masalah yang disebut pencemaran. Manusia juga dapat merubah keadaan lingkungan yang tercemar akibat berbuatannya ini menjadi keadaan lingkungan yang lebih baik, menjadi keadaan seimbang, dapat mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan, bahkan diharapkan untuk dapat mecegah terjadinya pencemaran.

I . Pendahuluan

Lingkungan biasanya diartikan sebagai sesuatu yang ada di sekeliling kehidupan atau organisme. Lingkungan adalah kumpulan dari segala sesuatu yang membentuk kondisi dan akan mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung baik kepada kehidupan dalam bentuk individual maupun kuminitas pada tempat tertentu. Masalah pencemaran merupakan suatu masalah yang sangat populer, banyak dibahas oleh kalangan masyarakat di seluruh permukaan bumi kita ini. Masalah pencemaran merupakan suatu masalah yang sangat perlu mendapat penanganan secara serius oleh semua pihak untuk dapat menanggulangi akibat buruk yang terjadi karena pencemaran, bahkan sedapat mungkin untuk dapat mencegah jangan sampai terjadi pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan terjadi bila daur materi dalam lingkungan hidup mengalami perubahan, sehingga keseimbangan dalam hal struktur maupun fungsinya terganggu. Ketidak seimbangan struktur dan fungsi daur materi terjadi karena proses alam atau juga karena perbuatan manusia.

Kata Kunci : Pencemaran Lingkungan

II . Permasalahan

Adapun masalah yang akan penulis sampaikan yaitu :
1.      Apa pengertian pecemaran lingkungan?
2.      Apa saja jenis dan penyebab pencemaran lingkungan?
3.      Apa saja dampak dari pencemaran lingkungan tersebut?
III . Pembahasan

Pengertian Pencemaran Lingkungan

Istilah pencemaran sangat beragam, selain adanya pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran tanah ; ada juga pencemaran pertanian, pencemaran industri, pencemaran transportasi (mobil, kapal laut, pesawat), pencemaran sektor domestic dan komersil, pencemaran radioaktif, pencemaran kimia, pemcemaran cahaya, pencemaran suara, dan pencemaran visual.
Menurut Palar (2008),  mengemukakan bahwa pencemaran atau polusi adalah suatu kondisi yang telah berubah dari bentuk asal pada keadaan yang lebih buruk. Pergeseran bentuk tatanan dari kondisi asal pada kondisi yang buruk ini dapat terjadi sebagai akibat masukan dari bahan-bahan pencemar atau polutan.
Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalam lingkungan (keseimbangan lingkungan) baik keadaan struktur maupun fungsinya sehingga dapat menganggu kesejahteraan/kelangsungan hidup manusia.

Jenis dan Penyebab Pencemaran Lingkungan

1.      Pencemaran Udara
Pencemaran udara adalah yang paling berbahaya jika dibandingkan dengan jenis pencemaran lainnya. Hal yang paling dominan ialah konsumsi bahan bakar untuk keperluan hidup sehari-hari, seperti untuk memasak, kendaraan bermotor, kegiatan industri dan lain-lain.

2.      Pencemaran Air
Pencemaran air antara lain disebabkan karena : Limbah industri yang dibuang ke sungai atau perairan; penggunaan bahan kimia pertanian seperti insektida, herbisida, dan fungisida.

3.      Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah terjadi karena penambahan dan akumulasi berbagai bahan kmia ke peermukaan atau dalam tanah sebagai akibat dari berbagai aktivitas manusia

4.      Pencemaran Suara
Pencemaran suara disebabkan ketika kebisingan yang menganggu sistem pendengaran pada telinga, yang lebih jauh dapat menimbulkan masalah psikologis seperti stres, hipertensi, gangguan pendengaran dan lain-lain.

5.      Pencemaran Radioaktif
Pencemaran radioaktif disebabkan oleh terjadinya kerusakan instlasi nuklir, pembuangan nuklir yang tidak tepat, kecelekaan, dan sebagainya.

6.      Pencemaran Termal
Pencemaran termal  terjadi karena kenaikan suhu secara berlebihan dalam lingkungan, sehingga menciptakan perubahan yang tidak diinginkan selama jangka waktu yang lama.

7.      Pencemaran Cahaya
Pencemaran cahaya terjadi karena pencahayaan secara berlebihan di suatu lokasi umumnya perkotaan. Pemakaian sumber cahaya secara berlebihan itu antara lain untuk keperluan periklanan, hiburan, dan keindahan kota.

Dampak Pencemaran Lingkungan

1.      Degradasi Kualitas Lingkungan
Penceamaran udara, air, dan tanah selalu berdampak terhadap penurunan kualitas lingkungan. Setiap bidang di permukaan bumi telah mengalami gangguan dari pencemaran lingkungan. Semua manusia yang ada di planet Bumi telah merasakan efek pencemaran lingkungan, meskipun ada yang tingkat gangguannya berat sampai mengancam nyawa, hingga yang tingkat gangguannya ringan, bahkan hampir tidak terasa.

2.      Kesehatan Manusia
Pencemaran lingkungan berdampak negatif terhadap tingkat kesehatan manusia. Dalam hal ini penurunan kualitas udara menyebabkan masalah pernapasan seperti asma, bahkan kanker paru-paru.

3.      Pemanasan Global
Dibeberapa kawasan atau kota-kota di dunia, setiap hari ada industri baru yang dibangun, kendaraan baru yang mulai muncul di jalan, dan pohon-pohon ditebangi untuk kepentingan pembangunan jalan, pabrik dan perumahan baru.

4.      Penipisan Lapisan Ozon
Lapisan ozon merupakan perisai tipis yang menyelimuti permukaan bumi, berada pada ketinggian 10-50 km dari permukaan bumi (pada lapisan Stratosfir). Ternyata berbagai aktivitas manusia memanfaatkan keberadaan bahan kimia seperti chlorofluorocarbons (CFC). Jika bahan tersebut dilepas ke atmosfer maka akan memberikan kontribusi terhadap penipisan lapisan ozon.

5.      Kesuburan Tanah Berkurang
Penggunaan pestisida dalam berbagai jenis makin meluas, baik untuk keperluan pertanian atau rumah tangga

IV . Kesimpulan

pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energy, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas lingkungan turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.
Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (missal gunung meletus, gas beracun). Polutan adalah zat penyebab polusi atau pencemaran lingkungan dan keberadaannya dapat menimbulkan kerugian terhadap makhluk hidup.

Daftar Pustaka

·        Hidayat, A A., Kholil Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit Wahana Resolusi.
·        Pristilla. 1999. Seribu Pena Biologi SMA, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
·        Anonim. 2015. Makalah Pencemaran Lingkungan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.