.

Sabtu, 07 September 2019

Penerapan Kimia Masa Kini


Penerapan Kimia Masa Kini


Oleh: Gayatri Wahyu Andini (@P13-GAYATRI)

Kimia merupakan salah satu cabang sains selain matematika dan fisika, meskipun kimia tidak setua dua (2) cabang sains tersebut. Dengan begitu kimia sudah berkembang pesat dalam perkembangannya seperti kimia sudah dipakai dalam percobaan dan terapan oleh banyakan orang.
Saking cepatnya dalam perkembangannya kimia dibagi dalam berbagai cabang, yaitu kimia analisis, biokimia, bioteknologi, kimia anorganik, dan kimia organik.

Apa itu kimia analisis? Kimia analisis itu berkaitan dengan kegiatan menganalisa dengan metode eksperimen yang dilakukan di laboratorium pada suatu sampel senyawa kimia. Menurut Parta Ibeng (31 Mei 2019) Jenis Kimia analisis secara tradisional, tersebut dibagi menjadi dua (2) jenis yaitu kualitatif dan kuantitatif. Analisis Kimia Kualitatif adalah suatu rangkaian pekerjaan analisis yang bertujuan mengetahui keberadaan(bisa juga identifikasi) suatu ion,unsur, atau senyawa kimia lain baik itu organik maupun anorganik pada sampel yang kita analisa. Contoh : misalnya kita mempunyai sampel air minum, dan diminta dicek apakah mengandung logam berat atau tidak. maka oleh karena untuk mengetahuinya kita melakukan teknik analisa dengan secara kualitatif. Analisis Kimia Kuantitatif merupakan suatu rangkaian aktivitas / pekerjaan analisis yang bertujuan untuk dapat mengetahui jumlah pada suatu unsur atau senyawa dalam suatu sampel yang kita analisa. Contoh kita memperoleh tempe kemudian diminta menentukan kadar protein pada tempe tersebut.

Menurut Rafless Bencolen (4 Mei 2011) Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari struktur dan fungsi komponen selular, seperti protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat, dan biomolekul lainnya. Saat ini biokimia lebih terfokus secara khusus pada kimia reaksi termediasi enzim dan sifat-sifat protein. Beberapa contoh biokimia dalam kehidupan sehari-hari seperti protein, DNA, dan sebagainya.

Bioteknologi adalah metode atau pemanfaatan mahluk hidup untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan. Menurut Sora N (19 Agustus 2016) Bioteknologi memiliki dampak positif  dan dampak negatif. Contoh dampak positifnya yaitu menghasilkan obat, menghasilkan antibiotik, dapat mengurangi pencemaran lingkungan, dan dapat meningkatkan hasil pertanian dan tanaman transgenik. Menurut Delta Rumohoira (2016) Bioteknologi terdapat dampak negatif yaitu rekayasa genetik tidak terkontrol, tidak ada perluasan tanah, dan sebagainya.

Kimia anorganik, mempelajari tentang atom, table periodic unsure, asam basa, reaksi reduksi oksidasi dan senyawa yang tidak memiliki ikatan C-H.  Menurut Farida dan Ida (2012) Kimia anorganik penting dipelajari, karena bukan hanya sebagai sains dasar tetapi juga sebagai salah satu dasar dari berbagai teknologi modern. Banyak sekali zat sederhana dan senyawa anorganik padat yang digunakan di berbagai industri, antara lain di bidang informasi, komunikasi, otomotif, penerbangan dan berbagai industri tradisional.

Kimia Organik, merupakan cabang kimia yang berkaitan dengan karbon-hidrogen, lebih mempelajari sifat, komposisi, dan fungsi dari senyawa tersebut. Menurut Mahfuzhtnt (7 Desember 2017) Propana dan Butana merupakan bahan bakar yang kita kenal dengan nama Gas LPG. Penggunaanya hampir setiap hari untuk memasak. Asetilen merupakan gas yang memiliki kemampuan menghasilkan panas sangat tinggi, gas ini digunakan untuk pengelasan dan industri. Dietil Eter merupakan contoh senyawa organik yang digunakan untuk anastetik (suntik bius). Asam Asetat digunakan sebagai perasa makanan yang kita kenal dengan nama cuka.

Daftar Pustaka :
Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.

Ibeng, Parta. 2019. Pengertian Kimia Analisis dan Jenis-Jenis Kimia Analisis. Dalam https://pendidikan.co.id/pengertian-kimia-analisis-jenis-dan-metode/



Rumohoira, Delta. 2016. Dampak Negatif Bioteknologi. Dalam https://www.academia.edu/30196853/_DAMPAK_POSITIF_DAN_NEGATIF_BIOTEKNOLOGI_

Farida; Ida. 2012. Pengertian Kimia Anorganik. Dalam http://digilib.uinsgd.ac.id/11637/
Mahfuzhtnt. 2017. Contoh Kimia Organik dalam Kehidupan Sehari-hari. Dalam https://mystupidtheory.com/contoh-senyawa-organik-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.