.

Jumat, 06 September 2019

Sifat Koligatif Larutan


OLEH:
MUHAMMAD ARIFIN (@N14 – ARIFIN)

            SATRIA AJI SURYA (@N15 – SATRIA)


Sifat Koligatif Larutan
Sifat koligatif larutan adalah sifat-sifat yang hanya bergantung pada jumlah (kuantitas) partikel zat terlarut dalam larutan dan tidak bergantung pada jenis atau identitas partikel zat terlarut – tidak peduli dalam bentuk atom, ion, ataupun molekul. Sifat koligatif merupakan sifat yang hanya memandang “kuantitas”, bukan “kualitas”. Sifat larutan seperti rasa, warna, dan kekentalan (viskositas) merupakan sifat-sifat yang bergantung pada jenis zat terlarut. Sebagai contoh, larutan NaCl (garam dapur) terasa asin, namun larutan CH3COOH (asam cuka) terasa asam.
Sifat – sifat Koligatif Larutan
Berikut penjelasan lengkap sifat-sifatnya, yaitu:
Penurunan Tekanan Uap
Penurunan tekanan uap adalah penurunan tekanan uap pelarut yang ditimbulkan oleh zat terlarut, pada suhu konstan. Tekanan uap larutan adalah tekanan yang ditimbulkan uap jenuh larutan. Uap jenuh larutan terbentuk dalam suatu ruangan jika ruangan dipenuhi uap air sampai terjadi kesetimbangan antara air dengan uap air.
Kenaikan Titik Didih
Kenaikan titik didih adalah sifat koligatif, yang berarti bahwa kenaikan titik didih bergantung pada keberadaan partikel terlarut dan jumlahnya, tetapi tidak pada jenis zat tersebut. Sifat ini adalah efek dari pengenceran pelarut dengan adanya zat terlarut. Kenaikan titik didih adalah fenomena yang terjadi untuk semua zat terlarut dalam semua larutan, bahkan dalam larutan ideal, dan tidak bergantung pada interaksi zat terlarut-pelarut tertentu. Peningkatan titik didih terjadi baik ketika zat terlarut adalah suatu elektrolit, seperti berbagai garam, dan nonelektrolit. Dalam istilah termodinamika, asal dari ketinggian titik didih adalah entropik dan dapat dijelaskan dalam istilah tekanan uap atau potensial kimia dari pelarut. Dalam kedua kasus, penjelasannya tergantung pada kenyataan bahwa banyak zat terlarut hanya ada dalam fase cair dan tidak masuk ke dalam fase gas (kecuali pada suhu yang sangat tinggi).
Dalam istilah tekanan uap, cairan mendidih pada suhu ketika tekanan uapnya sama dengan tekanan di sekitarnya. Untuk pelarut, keberadaan zat terlarut menurunkan tekanan uapnya dengan pengenceran. Suatu zat terlarut yang tidak mudah menguap memiliki tekanan uap nol, sehingga tekanan uap larutan lebih kecil daripada tekanan uap pelarut. Dengan demikian, suhu yang lebih tinggi diperlukan untuk tekanan uap untuk mencapai tekanan di sekitarnya, dan titik didih meningkat.
 Penurunan Titik Beku
Larutan membeku pada suhu yang lebih rendah dari pelarut murni. Fenomena ini disebut sebagai penurunan titik beku. Penurunan titik beku larutan merupakan sifat koligatif larutan yang tergantung pada sejumlah partikel terlarut dalam larutan. Semakin tinggi konsentrasi larutan, semakin besar pula penurunan titk bekunya Adapun pengertian dari titik beku suatu cairan adalah suhu dimana tekanan uap cairan sama dengan tekanan uap padatannya. Titik beku larutan lebih rendah daripada titik beku pelarut murni. Hal ini disebabkan zat pelarutnya harus membeku terlebih dahulu, baru zat terlarutnya. Adanya zat terlarut mengakibatkan suatu pelarut semakin sulit membeku, akibatnya titik beku larutan akan lebih rendah dibandingkan dengan titik beku pelarut murninya. Selisih antara titik beku pelarut dengan titik beku larutannya disebut penurunan titik beku larutan

 Tekanan Osmosis
Osmosis merupakan suatu fenomena alami, tetapi bisa dihambat secara buatan dengan cara meningkatkan tekanan pada bagian dengan konsentrasi pekat. Tekanan osmotik merupakan sifat koligatif, yang memiliki arti bahwa sifat ini bergantung pada konsentrasi zat terlarut, dan bukan pada sifat zat terlarut itu sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim.2014.Kenaikan Titik Didih. https://id.wikipedia.org/wiki/kenaikan_titik_didih. ( akses 6 September 2019)
Anonim.2019. Sifat Koligatif Larutan. https://www.studiobelajar.com/sifat-koligatif-larutan/. (akses 6 September 2019)
Anonim.2018. Tekanan Osmosis. https://rumusrumus.com/tekanan-osmosis/. (akses 6 September)
Anonim.2016. Rangkuman Materi Tentang Penurunan Tekanan Uap. https://materikimia.com/rangkuman-materi-tentang-penurunan-tekanan-uap/. (akses 6 September 2019)
Pratama, S,A. 2017. Penurunan Titik Beku Larutan. http://chemistryb15.blogspot.com/2017/06/penurunan-titik-beku-larutan.html?m=1. ( akses 6 September)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.