.

Selasa, 17 September 2019

BAHAN BAKAR



Disusun oleh: Andi Muhamad Iskandar (@P16-Andi)

Abstrak
Bahan bakar minyak adalah bahan bakar yang paling dominan digunakan oleh manusia. Seiring dengan berjalannya waktu, stok minyak didalam bumi semakin menipis sehingga manusia terus berusaha mencari bahan bakar alternative yang ramah lingkungan.
Kata kunci: Bahan bakar
Permasalah
Keruskan alam yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan

I. PENDAHULUAN
Pengertian bahan bakar
Bahan bakar adalah suatu materi apapun yang bisa diubah menjadi energi. Biasanya bahan %bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Kebanyakan bahan bakar digunakan manusia melalui proses pembakaran (reaksi redoks) di mana bahan bakar tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen di udara. Proses lain untuk melepaskan energi dari bahan bakar adalah melalui reaksi eksotermal dan reaksi nuklir (seperti Fisi nuklir atau Fusi nuklir). Hidrokarbon (termasuk di dalamnya bensin dan solar) sejauh ini merupakan jenis bahan bakar yang paling sering digunakan manusia. Bahan bakar lainnya yang bisa dipakai adalah logam radioaktif.

Jenis-jenis bahan bakarberdasrkan materinya

Bahan bakar hidrogen
Bahan bakar hidrogen ini sedang dikembangkan secara seksama digunakan secara meluas. Hidrogen yang dicampurkan dengan penggunaan gas alam menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menggerakkan mesin. Salah satu yang sudah dicoba adalah bahan bakar hidrogen digunakan untuk menggerakkan mesin sepeda motor. Khususnya untuk sepeda motor listrik. Bahan bakar ini cenderung mudah didapatkan serta ramah lingkungan. Namun demikian sama sekali tidak mengganggu performa dari motor itu sendiri.
Biodiesel
Biodiesel merupakan bahan bakar yang sedang dikembangkan oleh banyak ilmuwan penggunaannya. Biodiesel terbuat dari bahan tanaman yang diproses secara khusus sehingga menghasilkan sebuah bahan bakar yang dapat menggerakkan mesin diesel. Dibuat dengan mengekstraksi tanaman tertentu, biodiesel ini dapati dihasilkan dalam jumlah yang cukup banyak namun ketika digunakan di mesin kendaraan cukup ramah lingkungan. Sebab minim emisi gas.
Air laut
Air laut. Mungkin anda berfikir ulang mengenai air laut yang dijadikan bahan bakar. Namun pada kenyataannya, air laut dapat diubah seperti layaknya biodiesel. Meskipun biaya produksinya yang tergolong super mahal, namun tingkat efisiensi dalam hal emisi sangat rendah. Air laut di esktrak dengan emnggunakan sebuah alat khusus yang berukuran 0,1 mikron. Air laut akan menghasilkan minyak yang berasal dari biota laut yang hidup di dalamnya. Itulah mengapa air laut dapat digunakan sebagai salah satu bahan bakar alternatif yang cukup ramah lingkungan.
Urin
Oleh beberapa ahli yang ada di ohio, urin dapat diubah menjadi salah satu jenis bahan bakar. Urin dapat menghasilkan setidaknya 0,37 volt elektroda yang dapat menghidupkan beberapa alat listrik. Urin diproses dengan proses tertentu hingga menghasilkan hidrogen yang dapat menghasilkan energi listrik. Atom hidrogen ini akan terpisah menjadi beberapa molekul kecil yang dapat dijadikan sel untuk penghasil lis
trik dengan mekanisme tertentu.
Sampah organik
Sampah organik. Sampah organik kini mulai dikembangkan untuk menjadi salah satu bahan bakar alternatif. Bahan bakar yang dihasilkan adalah jenis bahan bakar cair yang minim emisi. Caranya adalah dengan membuat sampah tersebut menjadi etanol yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Bahkan di beberapa tempat sampah organik ini sudah dimanfaatkan untuk menjadi bahan bakar untuk menyalakan kompor dan juga peralatan listrik.
Air
Air ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Mencampurkan air dengan mengguakan bahan kimia tertentu ternyata dapat membuat hidrogen dalam air dapat terpisah sehingga mampu menghasilkan energi listrik.

Baham bakar yang tidak ramah lingkungan

1. Batu bara
Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen
2. Bensin
Bensin atau gasoline (Amerika) atau petrol (Inggris) adalah salah satu jenis bahan bakar minyak yang dimaksudkan untuk kendaraan bermotor roda dua, tiga, dan empat.

Jenis-jenis bahan bakar berdasarkan wujudnya

Bahan bakar padat
Bahan bakar padat merupakan bahan bakar berbentuk padat, dan kebanyakan menjadi sumber energi panas. Misalnya kayu dan batubara. Energi panas yang dihasilkan bisa digunakan untuk memanaskan air menjadi uap untuk menggerakkan peralatan dan menyediakan energi.
Bahan bakar cair
Bahan bakar cair adalah bahan bakar yang strukturnya tidak rapat, jika dibandingkan dengan bahan bakar padat molekulnya dapat bergerak bebas. Bensin/gasolin/premium, minyak solar, minyak tanah adalah contoh bahan bakar cair. Bahan bakar cair yang biasa dipakai dalam industri, transportasi maupun rumah tangga adalah fraksi minyak bumi. Minyak bumi adalah campuran berbagai hidrokarbon yang termasuk dalam kelompok senyawa: parafin, naphtena, olefin, dan aromatik. Kelompok senyawa ini berbeda dari yang lain dalam kandungan hidrogennya. Minyak mentah, jika disuling akan menghasilkan beberapa macam fraksi, seperti: bensin atau premium, kerosen atau minyak tanah, minyak solar, minyak bakar, dan lain-lain. Setiap minyak petroleum mentah mengandung keempat kelompok senyawa tersebut, tetapi perbandingannya berbeda
Bahan bakar gas
Bahan bakar gas ada dua jenis, yakni Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquid Petroleum Gas (LPG. CNG pada dasarnya terdiri dari metana sedangkan LPG adalah campuran dari propana, butana dan bahan kimia lainnya. LPG yang digunakan untuk kompor rumah tangga, sama bahannya dengan Bahan Bakar Gas yang biasa digunakan untuk sebagian kendaraan bermotor.

Kesimpulan
Saat ini makin banyak orang atau para ilmuwan berupaya mencari, menemukan dan menciptakan bahan bakar alternatif. Hal ini dilatar belakanig semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil, selain itu bahan bakar dari minyak bumi ini banyak menyumbang masalah pada kerusakan alam. Emisi kendaraan yang tinggi, asap kendaraan, yang breakibat pada polusi udara samapai isu global warming atau pemanasan global.
Daftar pustaka
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bahan_bakar
https://teavuihuang.com/bahan-bakar-ramah-lingkungan-yang-layak-dicoba.php
https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/ratnadewi88/solusi-bahan-bakar-alternatif-ramah-lingkungan_582b6bcd23b0bd2d1247e5f1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.