.

Minggu, 25 Agustus 2019

TEKNOLOGI HIJAU UNTUK BUMI YANG HIJAU



Oleh : Andini Vinsencia

Kemajuan teknologi yang semakin maju dan terus berkembang memiliki dampak positif dan negatif bagi kehidupan seluruh makhluk hidup dan juga planet bumi itu sendiri. Sisi positif dengan adanya kemajuan teknologi adalah memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan manusia di berbagai lini, contohnya sekarang untuk bepergian kemanapun kita dengan mudahnya dapat memesan transportasi baik online maupun offline, kita tidak perlu lagi harus memakai lilin  sebagai penerangan karena sudah ada listrik yang dapat menyalakan lampu, tidak perlu berkirim surat maupun membaca koran karena sudah ada internet. Kemudahan-kemudahan tersebut membuat kita terlena dan seakan tidak bisa lepas lagi dari teknologi.

Dibalik segala kenyamanan dan kemudahan yang kita dapatkan, terdapat sisi negatifnya, yaitu  terjadi penyalahgunaan teknologi itu sendiri seperti dimanfaatkan untuk berperang. perang dengan teknologi berbeda dengan perang pada jaman dahulu yang menggunakan bambu runcing, sekali perang nuklir terjadi dampaknya pasti sangat besar, bahkan dapat menghancurkan suatu wilayah, belum lagi radiasinya yang dapat menimbulkan kecacatan untuk beberapa generasi. Belum lagi eksploitasi Sumber daya alam demi memenuhi kebutuhan manusia dalam pemakaian teknologi, contohnya tambang batu bara, perkebunan kelapa sawit, dan lain-lain. 

Sisi negatif ini harus dapat kita minimalisir sebisa mungkin, karena kelestarian bumi kita pun menjadi terancam. Oleh karena itulah, kita harus mulai beralih ke teknologi hijau demi menjaga kelestarian planet bumi kita. Menurut catatan Semarno (2011) dalam Hidayat & Kholil (2018) Teknologi hijau adalah teknik untuk menghasilkan energi dan atau produk yang prosesnya tidak mencemari lingkungan. Sudah banyak industri-industri yang sadar akan hal ini dan sudah mulai beralih menjadi industri hijau atau industri yang memakai teknologi hijau. Akan tetapi semua itu harus dimulai dari hal kecil, yaitu dari diri kita masing-masing, kita dapat melakukan Hal-hal sederhana yang dapat kita mulai dari diri kita sendiri untuk mendukung teknologi hijau ini salah satunya adalah dengan mengurangi pemakaian barang elektronik(listrik) dan juga memperbanyak jalan kaki/sepeda guna mengurangi pemakaian kendaraan bermotor yang perlu bahan bakar. Dimulai dari langkah kecil untuk mendukung teknologi hijau ini, kita harus yakin danpercaya bahwa dampak nya semakin lama akan semakin nyata untuk mengembalikan bumi kita yang hijau.

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Atep Afia dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Penerbit WR. Yogyakarta


1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.