.

Sabtu, 03 Agustus 2019

Kimia dan Industri

Korelasi Ilmu Kimia dengan Bidang Industri

Oleh: M. Badru Tamamudin (@M04-BADRU)


Kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan atau ilmu sains. Terdapat banyak definisi kimia yang dikenal luas. Pengertian kimia sering dikemukakan oleh banyak ilmuwan dan peneliti baik ilmuwan Indonesia atau luar negeri.
Selain itu definisi kimia juga bisa dilihat di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) (Mokhammad, 2018).

Definisi Kimia Menurut KBBI
Pengertian dan definisi kimia tentu beragam dan terdapat banyak pendapat. Salah satu rujukan arti kata kimia bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dan definisi kimia adalah ilmu tentang susunan, sifat dan reaksi suatu unsur atau zat. Artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan susunan, sifat dan reaksi zat atau unsur termasuk dalam ilmu kimia.
Pengertian Kimia Secara Umum
Secara umum, pengertian kimia adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, reaksi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul. Definisi kimia juga mencakup perubahan atau transformasi serta interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kimia juga mempelajari tentang pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan.
Pengertian Kimia Menurut Para Ahli
Berikut merupakan beberapa penjelasan tentang pengertian kimia menurut para ahli, baik dari Indonesia atau pun peneliti luar negeri selengkapnya.
Brady
Pengertan ilmu kimia menurut Brady pada tahun 1994 adalah sebuah ilmu mengenal bahan kimia. Bahan kimia bukanlah zat abstrak yang perlu ditakuti oleh manusia biasa. Bahan ini mencakup benda yang ada di sekitar kita. Ilmu kimia juga dapat didefinisikan sebagai ilmu murni yang mempelajari bahan-bahan yang ada di alam semesta, interaksi di antaranya dan perubahan energi yang berhubungan karena adanya perubahan-perubahan alam.
Agung Nugroho Catur Saputro & Irwan Nugraha
Pendapat dari Agung Nugroho Catur Saputro dan Irwan Nugraha di tahun 2008 mengemukakan bahwa definisi kimia merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari tentang materi yang meliputi struktur, susunan, sifat, dan perubahan materi serta energi yang menyertainya.
Irfan Anshory
Pengertian ilmu kimia menurut Irfan Anshory di tahun 2000 adalah cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari struktur materi, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain, serta energi yang menyertai perubahan materi. Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda (Mokhammad, 2018).

Industri merupakan suatu kelompok usaha proses yang mengubah bahan baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai tambah, serta produk tersebut dapat digunakan secara langsung oleh konsumen sebagai pengguna akhir dan produk tersebut disebut produk akhir. Produk dari industri dapat digunakan sebagai bahan baku oleh industri lain, yang disebut juga sebagai produk antara. Pengertian lain, industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan (Hidayat dan Kholil, 2018).
Korelasi antara kimia dan industri sangat erat, perkembangan ilmu dan teknologi kimia secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan teknologi industri. Aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri menurut Hidayat dan Kholil (2018), antara lain:
  1. Industri kimia dasar
  2. Pengolahan minyak bumi
  3. Petrokimia
  4. Pengolahan logam
  5. Agrokimia
  6. Produk makanan dan minuman
  7. Bahan pewarna dan pencelup
  8. Semen dan keramik
  9. Karet, kulit dan plastik
  10. Peralatan rumah tangga
  11. Pembersih dan toiletries
  12. Industri farmasi
  13. Pertanian dan peternakan
  14. Dan lain-lain


Di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin besar di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Semen, kayu, cat, pipa PVC, dan beton dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia.




Daftar Pustaka

  • Hidayat, Atep Afia dan M.Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Penerbit WR. Yogyakarta
  • Mokhammad. 2018. Pengertian Kimia Menurut Para Ahli dan Cabang Ilmu Kimia.  Tersedia online di https://www.haruspintar.com/pengertian-kimia/ [Diakses pada Tanggal 03 Agustus 2019]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.