.

Minggu, 14 Oktober 2018

SISAKAN BUMI YANG INDAH UNTUK PENERUS KITA


OLEH: LU'LU ILMAKNUN
ABSTRAK

Masalah lingkungan yang kita hadapi dari tahun ke tahun semakin meningkat baik yang berasal dari pencemaran air, pencemaran udara, maupun tanah. Hal ini bukan hanya disebabkan oleh kegiatan industrinya, tetapi juga oleh aktivitas manusia dalam rumah tangga. Akibat dari pencemaran berpengaruh pada ekosistem mahluk hidup.
KATA KUNCI: PENCEMARAN LINGKUNGAN



Menurut Otto Soemarwoto, menyatakan: “Jika dilihat dari segi ilmiah, suatu lingkungan disebut sudah tercemar bila memiliki beberapa unsur, diantaranya: (1) kalau suatu zat, organisme atau unsur lainnya seperti gas, cahaya, energi telah tercanpur ke dalam sumber daya/lingkungan tertentu; (2) dan karenanya menghalangi/menggangu fungsi atau peruntukkan daripada sumber daya/lingkungan tersebut.” Berdasarkan Pasal 1 butir (14) Undang-Undang Nomor 32 Tahun  2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, menyatakan:  “Pencemaran lingkungan hidup adalah masuk atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga melampaui baku mutu lingkungan hidup yang telah ditetapkan.”
Pencemaran lingkungan menimbulkan kerugian yang dapat terjadi
dalam bentuk:
a. Kerugian ekonomi dan sosial
b. Gangguan sanitasi
Sementara itu, menurut golongannya pencemaran dibagi atas:
a.       Kronis; dimana kerusakan terjadi secara progresif tetapi lambat
b.      Kejutan (akut) ; kerusakan mendadak dan berat biasanya timbul dari kecelakaan
c.       Berbahaya; dengan kerugian biologis berat dan ada radioaktivitas terjadi secara genetis.
d.      Katastrofis ; dalam hal ini kematian organisme hidup banyak dan mungkin organisme itu menjadi punah.
Selain itu macam-macam pencemaran lingkungan:
1.      Pencemaran air
Adalah perubahan zat atau kandungan di dalam air baik itu air yang ada di sungai, danau maupun air di lautan luas bahkan saat ini juga sudah terdapat pencemaran pada air tanah. Penyebab dari pencemaran air ini lebih banyak diakibatkan oleh ulah manusia. Contohnya limbah industri, limbah yang dihasilkan oleh aktivitas pabrik biasanya mengandung komponen-komponen yang cukup berbahaya seperti logam berat yang proses penanganan pembuangannya seringkali mengalirkan ke aliran sungai tanpa memperhatikan efek yang akan ditimbulkan di kemudian hari.
2.      Pencemaran udara
Adalah suatu kondisi dimana terdapat berbagai substansi zat baik itu fisik, kimia dan juga biologi yang melebihi batas terdapat di dalam lapisan atmosfer bumi. Disebabkan oleh kegiatan manusia atau memang fenomena alam. Pencemaran udara dapat terjadi dalam sebuah ruangan tertutup maupun dalam area yang terbuka. Contohnya kebakaran hutan, yang menghasilkan karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida, nitrogen oksida, chlorofluorocarbon, dan juga asap.
3.      Pencemaran tanah
Adalah apabila ada bahan bahan asing, baik yang bersifat organik maupun bersifat
anorganik berada dipermukaan tanah yang menyebabkan daratan menjadi rusak. Contohnya pembuangan sampah yang langsung ditimbun ke dalam tanah tanpa dilakukan penguraian dulu sebelumnya.
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran lingkungan, diantaranya sebagai berikut:
1.      Membuang sampah pada tempatnya
2.      Penanggulangan limbah industry
3.      Penghijauan dan penanaman pohon
4.      Penanggulangan pencemaran udara
5.      Penggunaan pupuk dan obat pembasmi hama tanaman yang sesuai
6.      Pengurangan pemakaian CFC.
Dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan untuk mengatasi pencemaran lingkungan.
KESIMPULAN
Bumi kita tempat kita tinggal sudah menghadapi krisis akibat pemanasan global akibat pencemaran lingkungan. Kita sebagai generasi penerus yang akan mewarisi tanah air wajib untuk menjaga lingkungan agar tidak rusak kelak untuk cucu-cucu kita. Jika buka kita siapa lagi kalo bukan sekarang kapan lagi!
DAFTAR PUSTAKA
Ø  R Achmad. 2011. ISU LINGKUNGAN GLOBAL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.