.

Senin, 01 Oktober 2018

Industri Material Dasar Logam


Lintang Gurun Cahyo (@J09-Lintang)

Abstract
Industri adalah seluruh bentuk dan usaha kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku atau memanfaatkan sumber daya industri untuk menghasilkan barang jadi, barang setengah jadi dan atau jasa yang bisa memberikan keuntungan. Ada banyak industri saat ini, tapi oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia di kelompokan dalam beberapa kelompok, yaitu industri manufaktur, industri argo, dan industri unggulan berbasis teknologi tinggi.

Keywords : Industri manufaktur, Industri Material dasar logam

Introduction
Industri material dasar logam atau industri logam atau metal industry adalah industri yang mengolah logam. Dari biji besi sampai jadi logam siap pakai atau logam yang akan diolah kembali. Industri ini sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, baik untuk pembangunan ataupun untuk dipakai langsung oleh konsumen. Industri ini merupakan industri barang yang menggunakan proses kimia dalam produksinya, yaitu peleburan biji besi menjadi besi padat.

Problems
Industri logam adalah industri yang dibutuhkan hampir semua sektor industri lainnya. Maka dari itu, industri besi harus mampu memenuhi kebutuhan itu. Lalu, bagaimana industri besi di indonesia? Apakah sudah memenuhi kebutuhan industri hilir atau belum? Dan bagaimana dengan standar kualitasnya? Dan menurut Kemenperin, hingga semester I 2012, impor bahan baku dan penolong industri serta barang modal meningkat seiring realisasi investasi. Pada periode Januari-Juni 2012, impor bahan baku dan penolong mencapai 12,10 miliar dolar AS atau naik 7,48 persen, sedangkan impor barang modal sebesar 3,43 miliar dolar AS atau meningkat 25,26 persen.

Solution 
"Dengan pengembangan industri logam dasar maupun industri kimia dasar, maka industri di hilir tidak akan kesulitan bahan baku. Selama ini, bahan baku industri masih diimpor dan membuat biaya produksi makin tinggi," kata MS Hidayat. Seiring berjalannya waktu, industri logam saat ini sudah mulai maju dan berkembang. Itu terbukti dari banyaknya permintaan. Industri besi baja di indonesia harus memenuhi semua permintaan industri hilir akan butuhnya bahan baku besi baja. Contohnya saja indusrti otomotif, industri karoseri yang membutuhkan besi baja sebagai bahan utamanya. Maka dari itu, pemerintah melalui kementerian perindustrian harus turut berperan aktif dalam memajukan Industri Dasar Logam.

Conclusion
Kesimpulannya adalah, industri di tanah air harus memperbaiki diri dalam pemenuhan permintaan dan kualitas barang produksi untuk menunjang kebutuhan industri hilir dan lebih baik jika dapat melakukan kegiatan ekspor barang ke luar negeri.

References
Afia, Atep Hidayat. dan Kholil, Muhammad. 2018. KIMIA DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN INDUSTRI. Wahana Resolusi. Yogyakarta

Darmayanti, Mega. 20017. ANALISIS STRUKTUR, KINERJA DAN KLUSTER
INDUSTRI LOGAM DASAR BESI DAN BAJA DI INDONESIA

Anonim.2017. Pertumbuhan Industri Logam Ditargetkan 7% http://www.kemenperin.go.id/artikel/4360/PertumbuhanIndustri-Logam-Ditargetkan-7 (diakses 1 oktober 2018)


Kemenperin. 2012. Kemenperin Pacu Pertumbuhan Industri Hulu http://www.kemenperin.go.id/artikel/4141/Kemenperin-Pacu-Pertumbuhan-Industri-Hulu (diakses 1 oktober 2018)


Pardiarto, Bambang. 2011. PELUANG BIJIH BESI DALAM PEMENUHAN
KEBUTUHAN KOMODITAS MINERAL STRATEGIS NASIONAL






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.