.

Senin, 01 Oktober 2018

DEFINISI DAN PEMAHAMAN MENGENAI INDUSTRI


Add caption
Nama:Galang Dwi Saputra
Nim:41618010024

A. Definisi dan pengertian industri
Industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. Usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. Hasil industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.

Deskripsi:

  Kebanyakan orang mengasumsikan bahwa industri hanyalah kegiatan ekonomi manusia yang mengolah bahan baku/ bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau bahan jadi. Padahal pengertian industri sangatlah luas, proses industri ini meliputi semua kegiatan manusia dalam suatu bidang tertentu yang sifatnya produktif dan komersial. Kata industri berasal dari bahasa Francis kuno yaitu industrie yang berarti aktivitas, tetapi kata tersebut dasarnya berasal dari bahasa latin yaitu Industria yang memiliki arti kerajinan dan aktivitas.

 Dalam arti luas industri adalah suatu bidang yang bersifat komersial yang menggunakan keterampilan kerja serta teknologi untuk menghasilkan suatu produk dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Produk industri tidak hanya berupa barang manufaktur tetapi juga dalam bentuk jasa pelayanan, contoh hasil produksi dalam bentuk jasa seperti misalnya perbankan, asuransi, transportasi, jasa pengiriman barang dan sebagainya.

  Suatu Industri identik dengan tempat dimana berlangsungnya suatu perindustrian yaitu pabrik, dalam arti luas pabrik adalah tempat manusia, mesin atau teknologi, material, energi, modal dan sumberdaya dikelola bersama-sama dalam suatu sistem produksi dengan tujuan menghasilkan suatu produk dan jasa yang efektif, efisien dan aman yang siap digunakan oleh masyarakat umum maupun dapat diolah lebih lanjut untuk menghasilkan jenis produk yang lainnya. Pabrik identik dengan pengolahan bahan baku dan menghasilkan produk jadi dalam bentuk barang.

  Industri jasa adalah Service Industrie adalah industri yang bergerak dalam bidang pelayanan atau jasa, baik untuk melayani maupun menunjang aktifitas industri yang lain serta dapat juga memberikan pelayanan langsung terhadap masyarakat kosumen. Industri jenis ini biasanya melakukan aktivitas di dalam suatu gedung perkantoran.

Definisi mengenai industri, antara lain:


- Seluuruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku atau memanfaatkan sumber daya  industri sehingga menghasilkkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi,termasuk jasa industri.

- usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk mendapatkan keuntungan. usaha perakitan atau assembling dan juga reparasi adalah bagian dari industri. hasi industri tidak hanya berupa barang, tetapi juga dalam bentuk jasa.

- bidang yang menggunakan ketrampilan dan ketentuan kerja industrious dan menggunakan alat alat dibidang pengolahan hasil-hasil bumi dan distribusinya sebagai dasarnya.

- kegiatan ekonomi yang diselenggarakan berkaitan dengan pembuatan, ekstrasi dan pengolahan bahan baku atau konstruksi.

- cabang perusahaan komersial yang bersangkutan dengan output dari suatu produk atau jasa tertentu, contoh: industri baja.

- agregt manufaktur atau perusahaan secara teknis produktif dalam bidang tertentu, sering dinamai produk utamanya, contoh: industri otomotif, industr baja dan industri pangan.

- kegiatan bisnis umum atau perusahaan komersial, contoh:industri pariwisata dipulau bali.

Dalam kaitan antara industri,kimia dengan lingkungan maka ada beberapa istilah penting, sebagaimana tercantum dalam undang-undang Republik Indonesia No. 3 tahun 2014 tentan perindustrian, dijeaskan beberapa konsep seperti:

- Teknologi industri adalah hasil pengembangan, perbaikan, invensi atau inovasi dalam bentuk teknologi proses dan teknologi produk termasuk rancang bangun dan perekayasaan, metode, atau sistem yang diterapkan dalam kegiatan industri.

- Kawasan industri adalah kawasan tempat pemusatan kegiatan industri yang diengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang dikembangkan dan dikelola oleh perusahaan kawasan industri.

- Industri hijau adalah idustri yang dalam proses produksinya mengutamakan upaya efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

- Bahan baku adalah bahan mentah, baran setengah jadi, atau barang jadi yang dapat diolah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang mempunyai nilai ekonoi yang lebih tinggi.

Daftar Pustaka:
Hidayat,Atep alfia.kholil, Muhamad.2018.Kimia dan pengetahuan Lingkungan Industri. Wahana Resolusi.Yogyakarta.
Godam69,2017"Definisi mengenai industri"
Anonim,2018"Definisi Industri"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.