Kata
Kunci : Parfum, Kimia
Konsumen
Dikutip dari CNN Indonesia, Kata
"parfum" berasal dari bahasa Latin "per fume" artinya
"melalui asap". Parfum mulai dikenal sejak zaman Mesopotamia lebih
dari 4000 tahun lalu.
SEJARAH
Menurut CNN Indonesia, sejarah parfum dunia adalah
sebagai berikut :
Abad
2
Seorang
perempuan Mesopotamia bernama Tapputi membuat parfum orisinal pertama.
parfum terbuat dari penyulingan minyak bunga, minyak, calamus dan sumber
wewangian lain. Parfum pertamanya ini disebut tablet runcing.
Abad 9
Pada
abad ini, seorang ahli kimia, Al-Kindi menulis buku berjudul "Book of the
Chemistry of Perfume and Distillations". Buku ini berisi lebih dari 100
resep minyak wangi, salep dan obat. Selain itu juga terdapat paparan 107 metode
dan resep parfum serta alat yang diperlukan.
Abad 10/11 (980-1037 M)
Abad 10/11 (980-1037 M)
Ahli
kimia dari Persia, Ibnu Sina memperkenalkan parfum sebagai metode pengobatan,
atau lazim disebut aromaterapi atau minyak esensial. Ia pula yang dikenal
sebagai orang pertama yang menemukan teknik penyulingan uap air menjadi minyak
esensial. Salah satu bunga pertama yang disuling menjadi minyak adalah mawar.
Abad 13
Biarawati
Santa Maria Novella di Florence, Italia berhasil membuat resep parfum jenis
baru.
Abad 14
Abad 14
Eropa
dan Hungaria mulai mengembangkan parfum dengan mencampurkan parfum dengan
alkohol agar lebih cepat menguap. Campuran parfum ini pula yang digunakan Ratu
Elizabeth dari Hungaria. Kemudian ramuan ini dikenal dengan nama "Hungary
Water" yang merupakan cikal bakal parfum modern.
Abad 16
Atas
perintah Ratu Caterina dari Perancis, seorang ahli parfum bernama Rene membuat
sebuah ruang rahasia untuk membuat parfum. Pada masa itu, para bangsawan
memerlukan wewangian untuk menutupi bau badan mereka.
Parfum Masa Kini
Sekarang,
ada berbagai macam varian parfum seperti eu de parfume, eu de toilete, cologne,
dan juga body mist. Wanginya pun beragam, mulai dari aroma bunga, buah bahkan
aroma makanan seperti permen karet atau cokelat. Parfum seakan sudah jadi
bagian dari gaya hidup.
TIPE
PARFUM
Menurut website perfume.com,
tipe parfum berdasarkan takarannya yaitu :
1.
Parfum
juga dikenal sebagai extrait de parfum atau parfum murni,
memiliki konsentrasi wewangian tertinggi. Parfum akan mengandung sekitar 15%
hingga 40% aroma namun konsentrasinya umumnya antara 20% hingga 30% untuk
sebagian besar parfum. Dari semua aroma, parfums bertahan paling lama; biasanya
enam sampai delapan jam.
2.
Eau
de Parfum
Setelah parfum, eau de parfum (EDP) memiliki konsentrasi
aroma tertinggi berikutnya. Eau de parfum umumnya memiliki konsentrasi aroma
antara 15% dan 20%. Rata-rata, eau de parfum akan bertahan selama empat sampai
lima jam.
3.
Eau
de Toilette
Eau de toilette (EDT) memiliki konsentrasi aroma antara
5% dan 15%. Ini lebih murah daripada eau de parfum dan merupakan salah satu
jenis aroma yang paling populer yang tersedia. Aroma EDT biasanya akan bertahan
selama dua hingga tiga jam.
4.
Eau
de Collogne
Eau de cologne, atau EDC, memiliki konsentrasi aroma yang
jauh lebih rendah daripada jenis parfum di atas. EDC umumnya memiliki
konsentrasi aroma 2% hingga 4% persen dan konsentrasi alkohol yang tinggi.
Lebih murah daripada jenis wewangian lainnya namun aroma umumnya hanya
berlangsung hingga dua jam.
5.
Eau
de Fraiche
Eau fraiche mirip dengan eau de cologne karena aromanya
biasanya akan bertahan hingga dua jam. Eau fraiche memiliki konsentrasi aroma
yang lebih rendah daripada eau de cologne, biasanya hanya 1% hingga 3%.
Lalu, tipe parfum berdasarkan wangi dasar menurut The Fragrance Shop yaitu :
1.
Floral
2.
Oriental
3.
Woody
4.
Fresh
INDUSTRI PARFUM DUNIA
Dikutip dari website World’s
Top Exports, 15 negara yang mengekspor nilai tertinggi parfum selama 2017 yaitu
:
1.
France: US$4.8 billion (26.8% of total
exported perfumes)
2.
Germany: $1.79 billion (10%)
3.
Spain: $1.78 billion (9.9%)
4.
United States: $1.76 billion (9.8%)
5.
Italy: $1.2 billion (6.7%)
6.
Singapore: $987.2 million (5.5%)
7.
Netherlands: $865.2 million (4.8%)
8.
United Kingdom: $822.9 million (4.6%)
9.
Belgium: $549.2 million (3.1%)
10.
Poland: $438.6 million (2.4%)
11.
Switzerland: $324.3 million (1.8%)
12.
Hong Kong: $229.2 million (1.3%)
13.
China: $220.1 million (1.2%)
14.
Czech Republic: $219.6 million (1.2%)
15.
United Arab Emirates: $197.8 million
(1.1%)
Sedangkan perusahaannya menurut Wikipedia, pemasok
berikut adalah 20 perusahaan terbesar yang berpartisipasi dalam industri
kosmetik :
1.
Procter & Gamble (United States)
2.
L’Oréal (France)
3.
Unilever (United Kingdom)
4.
Avon (United States)
5.
Beiersdorf (Germany)
6.
Estee Lauder (United States)
7.
Shiseido (Japan)
8.
Kao (Japan)
9.
Johnson & Johnson (United States)
10.
Henkel (Germany)
11.
LVMH (France)
12.
Coty (France)
13.
Chanel (France)
14.
Limited Brands (United States)
15.
Mary Kay (United States)
16.
Yves Roche (France)
17.
Natur (Brazil)
18.
Altico (United States)
19.
Kose (Japan)
20.
Oriflame (Sweden)
Jadi, Industri Kimia dibidang Parfum saat ini sangat
berkembang. Orang-orang memanfaatkan parfum bukan hanya sebagai pewangi tubuh
melainkan menjadi kebutuhan sehari-hari.
Daftar Pustaka :
- https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170511101626-277-214029/parfum-dari-tahun-ke-tahun (diakses tanggal 2018-09-30)
- https://www.perfume.com/article-a-guide-to-perfume-types (diakses tanggal 2018-09-30)
- https://www.thefragranceshop.co.uk/fragrance-guide.aspx (diakses tanggal 2018-09-30)
- Workman, Daniel. 2018. Website : http://www.worldstopexports.com/perfumes-exports-country/ (diakses tanggal 2018-09-30)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.