.

Sabtu, 25 Agustus 2018

Teknologi Hijau


TEKNOLOGI HIJAU

ABSTRAK

Teknologi adalah suatu input produksi yang dikelola secara sistematis dan efektif. Teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis. Menurut Karyono (2009), teknologi masa kini menawarkan kemudahan, kenyamanan dan kecepatan bagi aktifitas menusia. Kondisi saat ini negara berlomba-lomba untuk menemukan, mengembangkan dan menerapkan teknologi hijau, dengan tetap memperhatikan prinsip menimbulkan kenyamanan sosial, ekonomis, dan ramah lingkungan.



Kata kunci : Teknologi, Teknologi hijau

Teknologi merupakan suatu input produksi yang penting dan dapat diperjual belikan di pasar  dunia sebagai suatu komoditas, dapat meliputi barang modal sebagai investasi, tenaga kerja,= denngan spesialisasi tinggi atau sangat terampil dan informasi.
Kuswartojo (2002) mengutip Akira (1998) bahwa teknologi dibedakan dalam 3 kategori, yaitu :
1.       Teknologi Empirik
2.       Teknologi Sosial (teknologi komoditas)
3.       Teknologi Ilmiah (teknologi modern atau teknologi kompleks)
Adapun teknologi lingkungan didefinisikan sebagai teknologi yang lebih sedikit merusak lingkungan. Teknologi hijau (Greentech) dikenal juga sebagai teknologi lingkungan dan teknologi bersih. Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini, merupakan pengembangan dan penerapan produk,peralatan dan sistem yang digunakan untuk kelestarian lingkungan alam dan sumber daya, yang meminimalkan dampak negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan.
Sedangkan teknologi lingkungan dapat diartikan sebagai aplikasi ilmu lingkungan untuk melestarikan lingkungan alam dan sumber daya untuk mengekang dampak negatif dari keterlibatan manusia.
Ruang lingkup teknologi hijau teknologi hijau sangat luas, beberapa subjek yang paling banyak dibahas diantaranya :
1.       Energi hijau
Menurut BPET (2014), ada banyak alasan mengapa energi terbarukan menjadi pilihan diantaranya relatif tidak mahal, bersifat netral karbon dan tidak menimbulkan polusi.
2.       Bangunan Hijau
Menurut EPA (2014),konsep bangunan hijau mengedepankan pada aspek penggunaan struktur dan proses yang mengutamakan keberlanjutan dan keselarasan dengan lingkungan.
3.       Kimia Hijau
4.       Nanoteknologi Hijau
Dalam hal ini, nanoteknologi hijau merupakan penerapan dari kimia hijau dan teknologi hijau.
Prinsip utama teknologi hijau meliputi 3 aspek yaitu : Kenyamanan Sosial, Ekonomis, dan Ramah lingkungan.


Daftar pustaka :

BPET. 2014. Energi yang Terbarukan. Buku Panduan Energi yang Terbarukan. PNPM Mandiri.
Dalam :
EPA. 2014. Green Building. Environmental Protection Agency.
Dalam :
Hidayat , Atep Afia . Kholil, M. 2017 . Kimia, Industri , Teknologi hijau.
Karyono, T.H. 2009. Teknologi hijau dan pembangunan berkelanjutan. Prosiding seminar “Green technology toward sustainable development”. Fakultas Teknik Terpadu. Universitas Al Zaitun. Indramayu.
Kuswartojo, T.2002. Agenda 21, Global Environmental Facilities (GEF) dan Alih teknologi. Jurnal Teknologi Lingkungan. BPPT. Vol.3, No. 3.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.