.

Jumat, 17 Agustus 2018

Macam-macam Polutan

Macam-macam Polutan

Disusun Oleh : Kokom Koharocmah (@H22-KOKOM)



Abstrak
Di dalam lingkungan hidup terdapat manusia dan sumberdaya lingkungan yang merupakan satu kesatuan. Sumberdaya lingkungan sebagai kebutuhan memiliki keterbatasan maka dalam pemanfaatannya perlu dikelola secara berkesinambungan dan tepat sehingga dapat juga dinikmati generasi masa datang. Tulisan ini adalah studi literatur dengan tema pencemaran udara dalam antisipasi teknis pengelolaan sumberdaya lingkungan. Metode yang digunakan adalah diskripsi dengan menguarai secara sistematik dari berbagai sumberBerdasarkan studi ini terdapat lima unsur kimia berbahaya pencemar udara, yaitu : (1) Ozone (O3) , (2) Oksida Karbon (CO dan CO2), (3) Oksida Belerang (SO2 dan SO3), (4) Oksida Nitrogen (NO, NO2, dan N2O), serta (5) Partikel Mokuler (debu, asam, pestisida, dll). Diperlukan pendekatan yang berbeda dalam pengelolaan pencemaran udara, namun yang terpenting selalu dimulai dari perencanaan, pengendalian dan pemantauan serta evaluasi (Basri, Setiawan 2010).

Pembahasan
Pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah utama pada zaman sekarang, maraknya pencemaran mempengaruhi banyak terhadap produktivitas dari bumi itu sendiri. Karena efek dari pencemaran alam sendiri sangat lah berbahaya bukan hanya untuk keselamatan bumi bahkan juga keselamatan umat manusia. Banyak pencemaran yang marak dalam kehidupan sehari-hari yang kita temui seperti pencemaran udara, air, tanah. Semua dari pencemaran tersebut terjadi karena beberapa faktor. Faktor penyebab dari pencemaran itu sendiri sangatlah banyak salah satunya merupakan dari proses alam, manusia, dan faktor yang lain. Dari beberapa faktor tersebut penyebab paling besar dari pencemaran lingkungan merupakan ulah manusia sendiri yang kurang memperhatikan keberlangsungan kehidupan alam. Saat ini maraknya pencemaran yang sekarang sudah mulai sulit dikendalikan utamanya setalah adanya revolusi perindustrian. Akibatkan banyak sekali pabrik yang dibangun dan menyebabkan berbagai macam pencemaran atau polusi.
Kesimpulan
Pencemaran lingkungan (Environment Polution) merupakan efek dari perubahan yang tidak diinginkan dalam lingkungan, yang secara langsung berpengaruh buruk terhadap kondisi tumbuhan, hewan dan manusia. Substansi yang menyebabkan pencemaran lingkungan dikenal sebagai polutan, dapat berbentuk padat, cair dan gas. Sebagian besar polutan diproduksi sebagai efek samping dari aktifitas manusia.
Pencemaran atau polutan meliputi beberapa kategori, yaitu kimia organik, kimia anorganik, kimia orgaometalik, asam, fisik, radioaktif dan biologi.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Kholil Muhammad.2017.Kimia, IndustridanTeknologiHijau.JakartaSelatan:Pantona Media.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.