.

Sabtu, 04 Agustus 2018

KIMIA DAN BERKEMBANGNYA TEKNOLOGI



-ProyekG02
ABSTRAK
Kimia adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sifat¬sifat serta karakteristik fisik dan kimia dari materi. Kimia kadang–kadang disebut sebagai ilmu pengetahuan pusat karena menjembatani ilmu¬ilmu pengetahuan alam, termasuk fisika, geologi dan biologi.Terlebih lagi kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari kimia, karena hampir setiap perubahan materi melibatkan proses kimia, seperti proses pencernaan makanan, pembusukan sampah, penuaan kulit, perkaratan besi, pembakaran bensin, kebakaran hutan, pelapukan batuan, pembuatan plastik, pembuatan sabun, dan pembuatan obat adalah contoh¬contoh proses kimia.

KEYWORDS: Kimia dalam kehidupan manusia,Teknologi Kimia.

PENDAHULUAN
Pada saat ini, ilmu kimia sudahlah berkembang pesat dan mengambil andil yang sangat besar pada kehidupan manusia. Ilmu kimia telah mengeluarkan produk-produk yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia, seperti pada urusan sandang, pangan, obat-obatan, bahan industri elektronik dan lain-lain, kini sebagian besar tidak memperolehnya langsung dari alam, tetapi pengolahan atau hasil sintesis dengan menggunakan ilmu kimia.
Teknologi kimia telah berkembang sejak manusia mengetahui cara pembuatan garam dari air laut beribu-ribu tahun lalu. perkembangan teknologi kimia dari zaman pra sejarah, peradaban Yunani, Cina, Islam, Eropa hingga zaman modern dan kontemporer.

PEMBAHASAN
Teknologi dan ilmu kimia yang selalu berkembang akan selalu memberikan peranan dalam kehidupan sehari-hari.dan berikut peranan ilmu kimia dengan Perkembangan Teknologi  Kimia dalam beberapa aspek Kehidupan Sehari-hari:
a)      Bidang Kesehatan
Ilmu kimia cukup memberikan kontribusi dalam bidang kesehatan, salahsatunya memudahkan para dokter untuk mendiagnosa beberapa penyakit interaksi kimia dalam tubuh manusia, seperti pada sistem pencernaan, pernafasan, ekskresi, dll.
Kimia juga memiliki peran pada pembuatan obat-obat, karena obat dibuat berdasarkan hasil penelitian terhadap proses dan reaksi bahan kimia yang berkhasiat terhadap suatu penyakit. Yang kemudian hal ini dipelajari dalam kimia farmasi.

b)     Bidang Pertanian
Sedikit contohnya adalah, analisis kimia dapat memberikan informasi tentang kesuburan tanah, dan dengan data tersebut petani dapat menentukan tumbuhan yang kekurangan zat, supaya tepat ketika diberi pupuk. Juga pupuk yang terbuat dari bahan kimia, contohnya pupuk urea. Lalu apabila tumbuhan diserang hama, kita menggunakan pestisida atau insektisida yang terbuat dari bahan kimia.
c)      Bidang Industri
Pada zaman ini, sebagian besar keperluan hidup umat manusia selalu ada campur tangan kimia dalam proses produksinya. Contohnya, semen dan cat berasal dari hasil riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Juga kain sintetis yang merupakan penerapan ilmu kimia.

d)     Bidang Biologi
Proses-proses yang terjadi pada tubuh makhluk hidup memerlukan penjelasan kimia. Contohnya, kita perlu memiliki pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa dari  karbohidrat, air, dll. untuk mempelajari tentang fotosintesis.
e)      Bidang Arkeologi
Contohnya adalah penentuan umur fosil dengan menggunakan radioisotop karbon-14, dimana ini adalah penerapan salahsatu ilmu kimia.
f)       Bidang Hukum
Pemeriksaan alat kriminalitas oleh tim forensik menggunakan penerapan ilmu kimia di dalamnya, yaitu pemeriksaan DNA. Dimana struktur DNA pada rambut atau darah setiap individu dapat diidentifikasi juga berbeda-beda hasilnya.
Kemajuan yang terjadi pada Teknologi ilmu kimia juga sangat berdampak pada kehidupan sehari-hari, membuat peningkatan kualitas hidup karena efektifitas dan efisiensi dalam berbagai bidang.

KESIMPULAN
Kimia memegang peranan penting dalam kehidupan manusia,mulai dari tubuh manusia sudah mempunyai reaksi kimia didalamnya.Teknologi Kimia akan selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman karena kehidupan manusia tidak akan terlepas dari ilmu Kimia.teknologi dan ilmu kimia mengalami kemajuan di setiap tahunnya

DAFTAR PUSTAKA
https://googleweblight.com/i?u=https://raiseheart.wordpress.com/2013/11/25/ilmu-kimia-dalam-kehidupan-sehari-hari/&hl=id-ID

http://celebesku.com/kimia-kehidupan-manusia/

Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil (2017). Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Penerbit Pantona Media. Jakarta.

http://aldimurtifirdaus.blogspot.com/2016/03/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html?m=1
 Derry, T.K. dan Williams, T.I. 2000. A Short History of Technology from The Earliest Times to A.D. 1900. Oxford at The Calderon Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.