.

Sabtu, 25 Agustus 2018

Green Tech

ABSTRAK :

Teknologi adalah suatu input produksi yang dikelola secara sistematis dan efektif. Teknologi merupakan penerapan ilmu pengetahuan untuk tujuan praktis. Menurut Karyono (2009), teknologi masa kini menawarkan kemudahan, kenyamanan dan kecepatan bagi aktifitas menusia. Selanjutnya dijelaskan bahwa oermasalahan lingkungan  muncul akibat limbah padat, cair, dan gas nyang di hasilkan dari penggunaan teknologi di sektor industri, perumahan, bisnis, transportasi dn lain sebagainya.



KATA KUNCI : Teknologi, Teknologi Hijau

ISI :

Teknologi” lebih bermakna sebagai penerapan pengetahuan untuk tujuan praktis. Sedangkan “teknologi hijau” adalah teknik untuk menghasilkan energi dan/atau produk yang tidak mencemari atau meracuni lingkungan hidup. Teknologi hijau masih terus dikembangkan hingga saat ini.
Untuk masa datang, “teknologi hijau” merupakan suatu bidang yang akan melahirkan banyak inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Boleh dikatakan perkembangan teknologi hijau ini dapat disejajarkan dengan ledakan “teknologi informasi” selama dua dekade terakhir ini.
Teknologi hijau merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian atau keberlanjutan kehidupan di planet bumi ini. Kelestarian atau keberlanjutan (sustainabilitas) yang dapat diartikan sebagai perihal pemenuhan kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan di masa depan tanpa merusak sumber daya alam, atau pemenuhan kebutuhan saat ini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Menurut Kuswartojo(20019) teknologi  sebagai suatu sistem dapat di pandang dengan berbagai cara, antara lain sebagai daur mulai dri perumudan masalah atau pertanyaan. Pengembangan gagasan atau inovasi, perancangan produksi atau kontruksi, distribusi penggunaan, pemeliharaan sampai pada pembuangannya.  Selanjutnya Kuswartojo(20019) mengutip akira (1998) bahwa teknologi di bedakan menjadi tiga  katagori yaitu :

  • Teknologi empirik atau pertukangan yantg di kuasai oleh perorangan berdasaran keterampilannya. Kemampuan individu menjadi dasar untuk memproduksi artifak
  •  Teknologi sosial yang di kuasai oleh komunitas. Dalam hal ini sistem komunitas memproduksi artifak. Awalnya merupakan teknologi empiric yang berkmbang dan menyebar menjadi teknologi komunitas
  • Teknologi ilmiah(teknologi moderen atau teknologi komples) perkembangn teknologi mengacu pada eksplorasi ilmu pengetahuan yang semal=kin mendalam dapat menghasilkan barang dalam skala besar yang menyebar tanpa mengenal batas negara dalam hal ini perpaduan antar komponen yang kompleks dan beragam.


Penerapan konsep Greentech adalah untuk mengefisienkan tingkat penggunaan energi, mulai dari sistem eksplorasi sumber energi, proses pengkonversian sumber tersebut menjadi energi hingga terbentuknya energi yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Dengan adanya efisiensi energi diharapkan pencemaran karbon dapat ditekan.
Solusi lain dari konsep Greentech adalah dengan mengganti sumber energi dari fosil energi menjadi renewable energy atau energi terbarukan yang lebih potensial, ramah lingkungan dan dapat diperbaharui kembali. Renewable energy merupakan konsep utama dalam penerapan Greentech di bidang energi, beberapa contoh Renewable energy antara lain :
–          Waste to Energy
–          Biomass Enegy
–          Hydro Energy
–          Wind Energy
–          Solar Energy
–          Geothermal Energy

Prinsip Teknologi Hujau
Ada enam prinsip yang diterapkan dalam konsep Teknologi Ramah Lingkungan :
  1. Refine yaitu menggunakan bahan yang ramah lingkungan serta melalui proses yang lebih aman dari teknologi sebelumnya.
  2. Reduce yaitu berarti mengurangi jumlah limbah dengan cara mengoptimalkan penggunaan bahan.
  3. Reuse yaitu berarti memakai kembali bahan-bahan yang tidak terpakai atau sudah berupa limbah dan diproses dengan cara yang berbeda.
  4. Recycle yaitu berarti hampir sama dengan reuse, hanya saja recycle menggunakan kembali bahan-bahan atau limbah dan diproses dengan cara yang sama.
  5. Recovery yaitu berarti pemanfaatan material tertentu dari limbah untuk diproses demi keperluan yang lain.
  6. Retrieve Energy yaitu berarti penghematan energi dalam suatu proses produksi.
Kriteria Teknologi hijau
Meminimumkan degrasi kualitas lingkungan
Mempunyai pembebasan gas rumah kaca yang rendah
Aman untuk digunakan dan menyediakan lingkungan hidup sehat dan lebih baik untuk semua kehidupan
Menghemat energy dan sumberdaya alam
Menggalakkan sumber-sumber yang dapat diperbaharui (renewable).







DARTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta. Pantona Media

Next Day Technologi Indonesia
http://nextdaytechnology.blogspot.com/2010/06/teknologi-hijau-teknologi-masa-depan.html

Green teknologi, infomasi dan  Teknologi
https://yussupsolikhin.wordpress.com/2013/01/23/green-technology/

Buku jendela pengetahuan
http://d3ipii-d3ipii.blogspot.com/2011/01/teknologi-hijau-green-technology.html



Teknologi Hujau dan Ramah Lingkungan 
http://www.sorotandunia.net/2017/11/22/teknologi-ramah-lingkungan/

http://dinus.ac.id/repository/docs/ajar/TM-6-TEKNOLOGI_HIJAU.pptx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.