.

Sabtu, 03 Februari 2018

Bahaya Polutan Bagi Keberlangsungan Hidup Manusia

oleh : Agus Rahman S (@F16-Agus)



Abstrak : Polutan merupakan suatu  zat yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita saat ini, terlebih dengan marak nya industri di semua lini, limbah dari proses produksi dapat menimbulkan polutan yang berbahaya untuk kehidupan. Tidak hanya d bidang industri melainkan semua lini yang menghasilkan polutan sudah saat nya berbenah dan peduli untuk lebih sayang terhadap lingkungan tempat tinggal kita. 


Kata Kunci : Polutan, Lingkungan, Industri

Pencemaran lingkungan sudah menjadi perhatian khusus untuk masyarakat. Karena dampak yang ditimbulkan langsung bisa kita rasakan. Mulai dari cuaca ekstrim sampai kearah yang lebih kronis yaitu timbulnya penyakit penyakit yang dihasilkan oleh limbah produksi. Sudah saat nya kita lebih peduli terhadap lingkungan dengan mulai meminimumkan polutan yang ada disekitar kita.
Polutan adalah Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran terhadap lingkungan baik (Pencemaran Udara, Tanah, Air, dsb). Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. (Nawawi, 2013)

Nawawi (2013) juga mengatakan Suatu zat dapat disebut polutan apabila:
1. Jumlahnya melebihi jumlah normal
2. Berada pada waktu yang tidak tepat
3. Berada pada tempat yang tidak tepat

Sifat dari polutan adalah:
  1. Merusak untuk sementara, tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi
  2. Merusak dalam jangka waktu lama. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak.
Anonim (2017) Secara sifat, polutan dapat dibedakan menjadi 4, yaitu:
  1. polutan fisik; yaitu polutan yang fisiknya mencemarkan lingkungan. Contohnya: pecahan botol, pecahan keramik, besi tua.
  2. polutan kimiawi; yaitu polutan yang berbentuk senyawa kimia baik senyawa sintetis maupun yang alami, yang karena konsentrasinya cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan pencemaran. Contohnya: gas CO, CO2, SO4, logam Pb(timbal), merkuri.
  3. polutan biologis; yaitu polutan yang berbentuk makhluk hidup yang dapat menimbulkan pencemaran. Contohnya: bakteri E.Coli, tumbuhan gulma, dan sebagainya.
  4. polutan sosial budaya; yaitu polutan yang dapat berbentuk perilaku atau hasil budaya yang tidak sesuai dengan norma sosial budaya setempat, sehingga mengganggu kehidupan sosial budaya masyarakat. Contohnya: anak-anak yang tawuran di daerah sekitar masyarakat.
Daftar Pustaka :

Hidayat, Atep Afia., Kholil, Muhammad. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta: Pantona Media

Nawawi, Hamdani. 2013. Pengertian dan Macam Macam Polutan (Zat Pencemar) Air Udara Tanah. http://hamdannawawi.blogspot.co.id/2013/02/Pengertian-Polutan-udara-air-dan-tanah.html. Diakses pada 03 Februari 2018.

Anonim. 2017. Polutan. https://id.wikipedia.org/wiki/Polutan. Diakses pada 03 Februari 2018.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.