.

Selasa, 21 November 2017

LAND TREATMENT

@D05-Yulia, @ProyekB08
oleh : Yulia Puspitasari












Assalamu’alaikum wr.wb.

Pembahasan kali ini mantap nih Land Treatment yang artinya kurang lebih merawat tanah. Kalau kurang ya  hutang, kalau lebih yaudah  disimpan buat jajan wkwkwk. Tanah ohh tanah.. kau selalu kami injak namun, kau selalu bijak. Kalau bukan pada kau kemana lagi aku berpijak.. asekkkkkkkkk

Tanah adalah bagian yang terdapat pada kerak bumi yang tersusun atas mineral dan bahan organik. Tanah merupakan salah satu penunjang yang membantu kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi. Tanah sangat mendukung terhadap kehidupan tanaman yang menyediakan hara dan air di bumi. Selain itu, tanah juga merupakan tempat hidup berbagai mikroorganisme yang ada di bumi dan juga merupakan tempat berpijak bagi sebagian makhluk hidup yang ada di darat.

Karena tanah memiliki banyak manfaat dan merupakan tempat tinggal berbagai mikroorganisme. Oleh karena itu kita sebagai makhluk hidup harus menyayangi makhluk hidup lain dengan cara merawat tanah. Merawat tanah bukan hanya memberikan keuntungan kepada makhluk lain melainkan memberikan keuntungan bagi kita pribadi.

Adapun cara merawat tanah, yaitu :
1. Memberi pupuk/ pemupukan sesuai dengan jenis tanah baik pupuk kandang maupun pupuk buatan.
2. Membuat Saluran irigasi untuk pengairan sawah yang jauh dari mata air.
3. Membuat sengkedan untuk mencegah erosi.
4. Menjaga tanah dari penggunaan zat / bahan-bahan kimia yang merugikan.
5. Menanami lahan yang gundul untuk membantu terjadinya erosi.
6. Mealksanakan penghijauan dengan cara memberi humus pada tanah.
7. Memelihara cacing tanah dalam tanah untuk membantu menggemburkan tanah.
8. Tidak membuang sampah sembarangan di tanah.
9. Memelihara cacing tanah dalam tanah untuk menggemburkan tanah.

*membuat tanah humus dengan menguraikan materi organic yang terdiri dari dedaunan dan sisa-sia organisme lain.

Lalu bagaimana kalau kita tidak merawat tanah ? tentu  akan terjadinya bencana alam seperti erosi, tanah longsor dll. Berbagai tumbuhan dan binatang punah. Dan persediaan sumber daya alam menipis seperti oksigen, air dll. 

Namun, banyak sekali manfaat yang tanah bisa berikan kepada kita maupun lingkungan kita seperti memberi unsur hara untuk tumbuh-tumbuhan ataupun dapat menguraikan sisa-sisa organisme yang telah mati untuk kemudian diberikan kepada tanaman dan organisme lain yang berperan menjaga kelestarian lingkungan.

Selain itu, terdapat nilai ekologi dimana tanah mampu memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan hamper diseluruh aspek yang ada dilingkungan. Dari kemampuan tanah tersebut yang memiliki kemampuan menyerap serta menyimpan air yang secara langsung akan melindungi tata air dan memberikan supplai air yang memadai bagi manusia serta makhluk hidup lainnya.

Karena kita butuh dan lingkungan pun butuh pula terhadap tanah maka pentingnya kita menjaga dan merawat tanah. Kalau bukan kita lalu siapa lagi? Wassalamu’alaikum wr.wb.

Sumber Gambar :

 


DAFTAR PUSTAKA : 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.