.

Selasa, 21 November 2017

Pemahaman Bebas Bahan Kimia











@D13-Mega, @proyekB08
Oleh: Mega Puspitasari

Kenapa sih kita harus memahami bahan kimia?
Kita sangat sering mendengar mengenai hidup sehat tanpa bahan kimia, atau kata kata “hindari bahan kimia”. kali ini akan kita bahas secara ilmiah dan mudah. Apakah mungkin ada Cara Hidup Bebas dari Bahan Kimia. Mitos atau Fakta ?
Sebenarnya Tidak akan mungkin bisa hidup bebas dari bahan kimia. Mengapa tidak akan bisa ? Karena kimia ini hanya ilmu yang menjelaskan bagaimana molekul dan reaksi yang ada di sekitar kita. Jadi pada dasarnya semuanya memang sudah ada dan termasuk bahan kimia karena memiliki struktur dan molekul kimia.
Sebenarnya bahan kimia bukanlah zat abstrak yang perlu ditakuti oleh manusia biasa. Bahan ini mencakup benda yang ada di sekitar kita. Selanjutnya ilmu kimia dapat didefinisikan sebagai ilmu murni yang mempelajari bahan-bahan yang ada di alam semesta, interaksi diantaranya dan perubahan energy yang berhubungan atau disebabkan oleh adanya perubahan-perubahan alam.

Sering kita belajar tentang kimia, namun tahukah kalian apa sih ilmu kimia itu? Ilmu Kimia itu sendiri  adalah cabang dari ilmu pengetahuan yang membahas maupun mempelajari tentang :
1.Susunan (komposisi dan struktur) dari suatu zat
2.Sifat zat
3.Perubahan susunan atau sifat zat
4.Perubahan energi yang terjadi pada saat zat berubah

Contoh penggunaan bebas bahan kimia
Makanan alami bebas pestisida hanya bisa dihasilkan oleh lahan pertanian yang tersertifikasi sebagai pertanian organik. Lahan pertanian semacam itu menjaga agar tanah tetap sehat, sumber air tetap terjaga, ekosistem terjaga baik, dan yang terpenting, makanan yang Anda makan Anda adalah makanan yang sehat. Zat aditif pada makanan -pengawet, pewarna, penambah rasa, perenyah, pemutih dan lain-lain- mungkin termasuk yang aman, namun jika anggota keluarga Anda sensitif atau alergi, bisa menimbukan gangguan kesehatan. Selain itu, zat aditif yang menumpuk di dalam tubuh dalam jangka panjang bisa mengganggu kesehatan.
Sedangkan untuk mempelajari karakteristik bahan pada kimia tersebut kita bisa mengamati label bahan kimia seperti bentuk, warna, bau, dan sifatnya. Identifikasi bahan kimia dilakuakan berkaitan dengan penanganan, penyimapanan, dan penggunaaan bahan tersebut lebih lanjut, sehinggah resiko bahaya dapat dicegah dan di hindari, serta dalam penggunaannya lebih efisien.

Memang tak mungkin menghindari zat-zat kimia, tetapi ada yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kadar toksisitasnya dalam tubuh.
1. Makan organik
2. Baca label
3. Olahraga
4. Lupakan detoks
5. Kurangi lemak jenuh
6. Memilih produk pembersih
7. Hindari plastik
8. Cukup air

Daftar pustaka
Djojosumarto Panut, 2008, Pestisida dan aplikasinya dalam https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ZFDOCgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=contoh+bahan+makanan+yang+terbebas+dari+bahan+kimia+pestisida&ots=Sljxjn5dOK&sig=dxOa0T_jVfFSR91simbQna3RamY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Christian, 2012, apa sih ilmu kimia itu?, dalam https://www.google.co.id/amp/s/bisakimia.com/2012/11/10/apa-sih-ilmu-kimia-itu/amp/

Ana lusia kus, 2014, 8 cara menyingkirkan zat kimia dalam tubuh, dalam https://www.google.co.id/amp/health.kompas.com/amp/read/2014/06/10/1714225/8.Cara.Menyingkirkan.Zat.Kimia.dari.Tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.