.

Rabu, 15 November 2017

Dioksin di rantai makanan

Oleh: Muhammad Arief Afifuddin , @ProyekB07


Definisi Dioksin

 Dioksin adalah nama umum untuk grup polychlorinated dibenzodioxins (PCDD). Menurut Isa (2011) dioksin adalah kelompok senyawa yang bersifat racun (toksik) dan diketahui secara nyata merupakan faktor pemicu kanker. Senyawa dioksin tersusun oleh atom karbon, hydrogen, oksigen dan klor. Atom chlor pada senyawa PCDD menghasilkan sampai 75 isomer dengan toksisitas yang sangat bervariasi. Isomer yang sangat aktif dan mempunyai potensi toksisitas tinggi adalah yang mempunyai 4 sampai 6 atom chlor, terutama dalam posisi lateral (2,3,7,8) seperti 2,3,7,8-Tetrachlorodibenzo-p-dioxin (2,3,7,8-TCDD) dengan toksisitas akut. 

Bahaya Dioksin Di Bahan Makanan

Bahaya dioksin di bahan makanan yang bisa mengenai kita, antara lain; penurunan kualitas dan kuantitas sperma, kanker testikel, kanker prostat, endometriosis pada wanita, kanker payudara, kemandulan, ketidakseimbangan hormonal, dan memperlemah sistem imunitas tubuh. Dioksin bisa terdapat pada bahan-bahan makanan yang biasa kita santap, seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, dan olahannya. Sudah semestinya kita berhati-hati dengan masakan yang biasa tersaji di meja makan atau tempat-tempat makan lainnya. Siapa sangka, dibalik kenikmatan dan kelezatannya, terkandung dioksin yang diam-diam mengancam kehidupan Anda. Dioksin merupakan zat racun yang mampu berdiam diri di semua bahan-bahan makanan yang biasa kita lihat, baik bahan makanan hewani maupun nabati.

Pengaruh dioxin pada kesehatan manusia


Paparan jangka pendek dari manusia ke tingkat yang tinggi dioxin dapat mengakibatkan lesi kulit, seperti tambal sulam chloracne dan penggelapan kulit, dan fungsi hati berubah. Paparan jangka panjang dikaitkan dengan penurunan sistem kekebalan tubuh, perkembangan sistem saraf, sistem endokrin dan fungsi reproduksi. paparan kronis hewan untuk dioxin telah mengakibatkan beberapa jenis kanker. TCDD dievaluasi oleh WHO Badan Internasional untuk Riset Kanker (IARC) pada tahun 1997. Berdasarkan data hewan dan pada data epidemiologi manusia, TCDD diklasifikasikan oleh IARC sebagai "karsinogen manusia dikenal". Namun, TCDD tidak mempengaruhi bahan genetik dan ada tingkat eksposur risiko kanker di bawah ini yang akan diabaikan.
Karena omnipresence dari dioxin, semua orang memiliki eksposur latar belakang dan tingkat tertentu dioxin dalam tubuh, menyebabkan tubuh yang disebut beban-jadi. latar belakang paparan normal kini tidak diharapkan mempengaruhi kesehatan manusia rata-rata. Namun, karena potensi beracun tinggi kelas ini senyawa, upaya perlu dilakukan untuk mengurangi eksposur latar belakang saat ini.


DAFTAR PUSTAKA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.