.

Selasa, 10 Oktober 2017

Pencemaran Lingkungan di Jawa Timur

 @E16-Tania, @proyekA06
Oleh : Tania Salzabila Fajrin



Pencemaran lingkungan adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lain yang merugikan ke dalam lingkungan akibat aktivitas manusia yang tidak bertanggungjawab atau karena gangguan alam. Pengertian pencemaran lingkungan menurut UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah masuknya atau dimasukkannya zat, komponen tertentu yang disengaja maupun tidak namun bisa menyebabkan kerusakan lingkungan.Pencemaran lingkungan terdiri dari beberapa macam yaitu pencemaran air, udara, pencemaran terjadi akibat manusia tidak menyadari bahwa pola kehidupan harus memperhatikan hubungan timbal balik dengan lingkungannya, yaitu suatu kehidupan manusia yang seimbang dan harmonis dengan sistem alam. Pencemaran disebut juga polusi, zat yang dapat menimbulkan polusi disebut polutan. Suatu zat dapat dikatakan sebagai zat pencemar apabila jumlahnya melebihi batas normal, berada di tempat yang tidak seharusnya, atau berada pada waktu yang tidak tepat. Lingkungan yang tercemar, akan mengakibatkan keadaan ekosistemnya tidak seimbang akibat masuknya polutan ke dalam lingkungan tersebut. Sedangkan pada lingkungan alami mempunyai ekosistem yang seimbang.

Berdasarkan sifat zat pencemar, pencemaran dapat dibedakan menjadi 3 macam:
1. Pencemaran kimiawi
Pencemaran yang disebabkan oleh zat-zat kimia.
2. Pencaran fisik
Pencemaran yang disebabkan oleh zat cair, zat padat, dan gas.
3. Pencemaran biologis
Pemcemaran yang disebabkan berbagai macam mikroba penyebab penyakit.



Macam-Macam Pencemaran Lingkungan
A. Pencemaran Udara
Pencemaran udara biasanya terjadi akibat dari pembakaran bahan bakar pada kendaraan bermotor dan gas buangan pabrik. Beberapa jenis polutan yang sering mencemari udara, antara lain yaitu sebagai berikut :
Karbon monoksida (CO), Gas CO yaitu hasil pembakaran tidak sempurna oleh mesin kendaraan bermotor. Jika gas CO terhirup oleh pernapasan manusia maka akan ikut beredar dalam darah manusia sehingga akan mengganggu daya ikat darah terhadap oksigen. Keracunan gas CO bisa menyebabkan pusing-pusing, gangguan saraf dan pingsan.
Karbon dioksida (CO2), Gas CO2 yaitu dihasilkan dari proses pernapasan makhluk hidup, pembusukan bahan organik dan pelapukan batuan. Bila kadar CO2 di atmosfer meningkat akan mengakibatkan peningkatan suhu bumi.
Senyawa Nitrogen, Gas Nitrogen ini dibutuhkan oleh makhluk hidup sebagai bahan pembangun protein. Jika nitrogen oksida ini bereaksi dengan air maka akan membentuk sebuah senyawa asam.
Senyawa Belerang, Gas sulfur dioksida (SO2) ini berasal dari pabrik yang menggunakan belerang dan hasil pembakaran bahan bakar fosil (batu bara dan minyak bumi). Gas SO2 jika bereaksi dengan air akan membentuk senyawa asam. Bila senyawa tersebut turun bersama hujan, terjadilah hujan asam.
Klorofluorokarbon (CFC), CFC biasa digunakan untuk bahan pendingin pada AC dan kulkas. Selain itu, dipergunakan untuk penyemprot rambut dan obat nyamuk semprot. CFC bisa merusak lapisan ozon di atmosfer. Akibatnya perlindungan bumi dari radiasi sinar ultraviolet matahari berkurang.
Penyebab pencemaran udara :
Asap – asap kendaraan yang silih berganti keluar dari knalpotnya.
Asap dari pabrik-pabrik industri.
Pembakaran sampah-sampah oleh penduduk.
Asap karena terjadinya kebakaran hutan.

b. Hujan Asam
Udara yang tercemar oleh gas sulfur dioksida (SO2), sulfur trioksida (SO3), nitrogen monoksida (NO), dan nitrogen dioksida (NO2) bisa mengakibatkan hujan asam.
Jika gas-gas tersebut larut dalam air hujan, maka pembentukan senyawa-senyawa asam tidak bisa dihindari. Hujan asam yang turun ke permukaan bumi bisa mengakibatkan pengikisan kesuburan tanah, kematian tanaman pertanian, perkaratan logam, dan kerusakan bangunan.

c. Pencemaran Air
Pencemaran air berarti terdapat sebuah kerusakan air dari batas normal. Air yang terpolusi disebabkan oleh adanya sebuah racun atau polutan yang masuk ke lingkungan air. Polutan air di antaranya yaitu sebagai berikut ini :
Limbah industri, yaitu yang mengandung sebuah logam berat seperti raksa, timbal dan kadmium biasanya dialirkan ke sungai. Logam tersebut berbahaya jika masuk ke dalam tubuh manusia karena bisa menimbulkan panyakit kanker.
Berbagai limbah rumah tangga, seperti detergen dan sampah bisa mengakibatkan penurunan kandungan oksigen di perairan.
Limbah pertanian seperti pupuk, insektisida (DDT) dan herbisida berbahaya bagi kesehatan manusia juga organisme lainnya, dan bisamengganggu keseimbangan ekosistem. Semua jenis limbah tersebut bisa mengakibatkan kamatian bagi organisme air, terutama ikan.
Penyebab pencemaran air dan tanah :
Cairan-cairan kimia hasil dari limbah pabrik
Air bekas cucian pakaian
Air bekas campuran zat kimia seperti diterjen
Terjadinya curah hujan yang tinggi
Sampah-sampah plastik yang di buang ke selokan, sungai-suangai ataupun lautan

d. Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah bisa disebabkan oleh kegiatan pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan baik, kebocoran limbah cair dari industri dan rumah sakit, serta tumpahan minyak, zat kimia dan limbah. Jika tanah sudah tercemar oleh suatu polutan, maka polutan tersebut akan mengendap ke dalam tanah sebagai zat yang beracun. Berdasarkan pada sifatnya, polutan bisa dibedakan menjadi dua, yakni sebagai berikut.
Polutan yang bisa diuraikan oleh proses alam(biodegradable). Contohnya : kayu, kertas, bahan atau sisa makanan serta sampah-sampah pada dedaunan
Polutan yang tidak bisa diuraikan oleh proses alam (nonbiodegradable). Contohnya : plastik, kaleng, dan logam.
Penyebab pencemaran tanah :
Curah hujan yang tinggi disertai erosi.
Sampah-sampah bekas yang dibuang manusia dari pemukiman penduduk atau rumah.
Zat-zat kimia hasil industri pabrik, rumah penduduk yang sembarang buang di tanah-tanah kosong

Dampak pencemaran lingkungan
1. Punahnya spesies
2. Meledaknya hama
3. Terjadinya gangguan keseimbangan lingkungan
4. Terbentuknya lubang pada lapisan ozon
5. Kesuburan tanah berkurang
6. Efek rumah kaca
7. Menyebabkan keracunan dan penyakit

Beberapa kasus pencemaran lingkungan di jawa timur
1. Pada  tanggal 25 mei 2012 terjadi pencemaran air di Surabaya yang di sebabkan oleh Pabrik Gula  Gempol Kerep karena terjadinya kebocoron nira. kondisi kualitas lingkungan Kali Surabaya yang jauh diatas ambang kewajaran dan menyebabkan ikan-ikan di Kali Surabaya mengalami kemandulan. Tingginya kontaminasi estrogenik yang dikandung dari produk termoplastik dan kantong plastik serta ethanol yang ada pada endapan di kali Surabaya membuat ikan-ikan tidak mampu melakukan pembiakan. Selain  itu kadar logam berat di kali tersebut.
2. Pada tanggal 2 juni 2016 terjadi pencemaran air di Malang yang disebabkan oleh limbah domestik dan indutri. 60 persen limba yang mencemari sungai adalah limah domestik, sperti tinja, air cucian, dan kotoran dapur. Nilai oksigen yang terlarut (dissolve oxygen atau DO) dibeberapa sungai dibawah 4 miligram per liter. Rendahnya DO berdampak buruk pada kehidupan biota dan ekosistem air. Kandungan biological oxygen demand (BOD) dan chemical oxygen (CO) serta total material terlarut juga dibawah standar.
3. Pada tahun 2011 terjadi pencemaran lingkungan di Surabaya yang disebabkan oleh Pabrik Kertas Suparma dikawasan Waru Gunung Surabaya. Pabrik kertas tersebut telah membuang limbah B3 dilahan yang lokasinya berada di belakang pabrik. Limbah B3 yang dibuang berupa sisa pembakaran batu bara dan ampas kertas yang tak terpakai. Dengan bau yang menyengat limbah tersebut diangkut dengan menggunakan truk dan di buang di lahan yang terbentang cukup luas.

Daftar pustaka
Rezot, Kang 2016. Pengertian dan macam-macam pencemaran lingkungan. Materiku86.blogspot.co.id. dalam http://materiku86.blogspot.co.id/2016/08/pencemaran-lingkungan.html?m=1 . Diunduh 13 Agustus 2016
Bitar, 2016. Pengertian macam dan contoh pencemaran lingkungan beserta cara penanggulanannya lengkap. Gurupendidikan.co.id. dalam http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-macam-dan-contoh-pencemaran-lingkungan-beserta-cara-penanggulangannya-lengkap/ . Diunduh 21 november 2016
Sari, Maya 2016. Pencemaran lingkungan. Ilmugeogafi.com. dalam https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/pencemaran-lingkungan . Diunduh 15 februari 2016
Fatma, Desy 2016. 7 dampak pecemaran lingkungan bagi kehidupan. Ilmugeografi.com. dalam https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/dampak-pencemaran-lingkungan . Diunduh 24 juni 2016
Baiduri, Nieke Indrietta 2016. BLH jawa timur akan teliti asal lumpur yang cemari pulau merah. Nasional.tempo.co. dalam https://nasional.tempo.co/read/797823/blh-jawa-timur-akan-teliti-asal-lumpur-yang-cemari-pulau-merah . Diunduh 22 agustus 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.