.

Senin, 04 September 2017

CABANG CABANG ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI


CABANG CABANG ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI

@E06-Ridho
Oleh Ridho Fatahillah Fadli






1   1. Kimia Fisika
Kimia Fisika adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang semua fenomena kimia ada kaitannya dengan hukum & konsep fisika.
Beberapa contoh bahasan dalam kimia fisika:
Energi, Ternodinamika, Kinetika, Kimia Kuantum, dan Keseimbangan

2    2. Kimia Organik
Kimia Organik adalah percabangan studi ilmiah dari ilmu kimia mengenai struk tur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik. Senyawa organik dibangun terutama oleh karbon dan hidrogen, dan dapat mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogenoksigenfosforhalogen dan belerang.
Kimia Organik berawal ketika Antoine Laurent Lavoisier menunjukkan komposisi kimia dapat ditentukan dengan mengidentifikasi dan mengukur jumlah air, karbondioksida, dan bahan lainnya yang dihasilkanketikaberbagaizatdibakar di udara.Analisis proses pembakaran yang dilakukan terhadap zat yang berasal dari sumber-sumber alam menyimpulkan bahwa zat tersebut mengandung karbon, dan akhirnya definisi barud ari kimia organik muncul

3.  3.  Kimia Anorganik
Kimia Anorganik adalah cabang kimia yang bersangkutan dengan sifat dan reaksi senyawa anorganik. Bidang ini mencakup semua senyawa kimia kecuali yang berupa rantai atau cincin atom-atom karbon, yang disebut senyawa organik dan dipelajari dalam kimia organik. Perbedaan antara kedua bidang ilmu ini tidak mutlak, khususnya dalam subbidang kimia organo logam.

4   4. Kimia Analitik
Kimia Analitik adalah cabang ilmu kimia yang berfokus pada analisis cuplikan material untuk mengetahui komposisi, struktur, dan fungsi kimiawinya. Secara tradisional, kimia analitik di bagi menjadi dua jenis, kualitatif dan kuantitatifAnalisis kualitatif memberikan indikasi identitas spesies kimia di dalam sampel. Sedangkan analisis kuantitatif menentukan jumlah komponen tertentu dalam suatu zat. Pemisahan komponen dilakukan sebelum melakukan analisis

5.   5. Biokimia
Biokimia adalah kimia yang berlangsung pada makhluk hidup, mempelajari berbagai molekul dalam reaksi kimia Jangkauan ilmu Biokimia sangat luas sesuai dengan kehidupan itu sendiri. Tidak hanya mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu Biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks.



DAFTAR PUSTAKA:
2.KIMIA ORGANIK: https://www.kelaskimia.com/

3 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.