.

Sabtu, 04 Februari 2017

pencemaran lingkungan

Pencemaran Lingkungan

Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertrntu yang dapat merubah keadan keseinbangan pada daur materi dalam lingkungan baik keadan structure maupun fungsinya sehingga dapat mengganggu kesejah teraan hidup manusia, dalam hal ini lingkungan dapat tercemar karena :
Kecepatan hilangnya senyawa tertentu dari lingkungan lebih besar dari pada kecepatan masuknya senyawa pengganti
Rusaknya alur siklus biokimia
Kecepatan masknya senyawa ke dalam lingkungan lebih besar
Masuknya senyawa yang tidak terdegredasi kedalam lingkungan









Berikut adalah macam pencemaran menurut bahan pencemarnya yaitu :

1.    Pencemaran Kimiawi
Pencemaran kimiawi adalah pencemaran yang disebabkan oleh bahan/ zat kimia. Zat kimia ini bisa berasal dari limbah industri, limbah rumah tangga ataupun yang berasal dari penggunaan pestisida DDT yang berlebihan. Zat kimia yang berasal dari limbah pabrik yang merupakan logam berat misalnya Pb (timbal), Hg (Air raksa), Cd (kadnium), Zn (seng), Cr (kromium), dan Ni (nikel). Limbah rumah tangga yang mengandung bahan kimia adalah penggunaan detergen.

Zat kimia yang lain penyebab pencemaran adalah penggunaan pestisida DDD yang berlebihan. DDT (Dikloro Difenil Trichlorothan) mengakibatkan pencemaran tanah dan pencemaran air.

2.    Pencemaran fisik
Pencemaran fisik adalah pencemaran yang disebabkan oleh benda-benda fisik yang bisa berupa bahan padat, cair dan gas. Zat cair yang dapat menyebabkan pencemaran misalnya limbah rumah tangga, keluarga, dan limbah pabrik. Zat padat yang menyebabkan pencemaran adalah kaca, logam, botol, karet, kaleng-kaleng bekas dan plastik. Sedangkan gas yang menyebabkan pencemaran misalnya asap pabrik, asap rokok, dan asap kendaraan bermotor.

3.    Pencemaran biologis
Pencemaran biologi adalah pencemaran yang disebabkan oleh bahan yang  berupa mikroorganisme penyebab penyakit, misalnya Escherichia coli, Entamoeba coli, dan Salmonella thyposa. Kebanyakan mikroorganisme tersebut dapat menyebabkan penyakit perut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.