.

Sabtu, 04 Februari 2017

LIMBAH INDUSTRI TAHU



Limbah Industri Tahu
                Siapa yang tidak kenal Tahu. Tahu adalah makanan yang terbuat dari bubur      kedelai dan dimasak dan biasanya hasilnya berbentuk kotak. Proses pembuatan tahu adalah sebagai berikut :




 Tetapi disini kita tidak membahas bagaiman cara membuat tahu tersebut . Kali ini kita akan lebih fokus pada limbah yang dihasil oleh suatu Industri Pabrik Tahu . Kedelai sebagai bahan  baku dari suatu tahu adalah zat oganik, walaupun bahan baku tahu adalah bahan organik, suatu pabrik tahu juga bisa menimbulkan limbah yang dapat merusak lingkungan . Contoh pencemaran yang disebabkan oleh pabrik tahu adalah air. 

 Limbah air sisa produksi suatu tahu mengandung tingkat BOD yang tinggi. Tingkat BOD yang tinggi dapat menyebabkan Akibatnya kadar oksigen terlarut akan menurun (oxygen depletion) dan kesuburan perairan meningkat. Apabila kandungan unsur-unsur hara tinggi sehingga menyebabkan perairan lewat subur (eutrophication) dapat menyebabkan peledakan pertumbuhan fitoplankton dan
dan atau zooplankton yang disebut “blooming”. Akibat blooming,kandungan oksigen terlarut akan menurun dan apabila planktonnya mati secara massal dapat mencemari perairan karena terbentuk gas-gas(seperti ammonia, hydrogen sulfida dan fosfat) dan senyawa beracun lain
(cyanoglucosida). 

Dari pertimbangan itulah harus ada sistem pengolahan limbah air di suatu pabrik tahu untuk menekan BOD . Ada beberapa cara untuk menekan BOD, salah satunya adalah dengan teknologi Penguraian Anaerob .  Penguraian Anaerob adalah penguraian dengan mikroorganisme tanpa injeksi udara/oksigen kedalam proses pengolahan. Pengolahan air limbah secara biologi anaerob bertujuan untuk merombak bahan organic dalam air limbah menjadi bahan yang lebih sederhana yang tidak berbahaya. Disamping itu pada proses pengolahan secara biologi anaerob akan dihasilkan gas-gas seperti gas CH4 dan CO2.
 

Berikut Prosesnya :  
  1. Pertama air limbah dialirkan masuk ke bak pengendap awal, untuk mengendapkan partikel lumpur, pasir dan kotoran organik tersuspesi. Selain sebagai bak pengendapan, juga berfungasi sebagai bak pengontrol aliran, serta bak pengurai senyawa organik yang berbentuk padatan, sludge digestion (pengurai lumpur) dan penampung lumpur.
  2. bak kontaktor anaerob dengan arah aliran dari atas ke bawah, dan dari bawah ke atas. Di dalam bak kontaktor anaerob tersebut diisi dengan media dari bahan plastik tipe sarang tawon.  
  3. bak kontaktor anaerob dialirkan ke bak kontaktor aerob. Di dalam  bak kontaktor aerob ini diisi dengan media dari bahan pasltik tipe rarang tawon, sambil diaerasi atau dihembus dengan udara sehingga mikro organisme yang ada akan menguraikan zat organik yang ada dalam air limbah serta tumbuh dan menempel pada permukaan media.
  4. bak pengendap akhir. Di dalam bak ini lumpur aktif yang mengandung massa mikro-organisme diendapkan dan dipompa kembali ke bagian inlet bak aerasi dengan pompa sirkulasi lumpur. Sedangkan air limpasan (over flow) dialirkan ke bak khlorinasi. Di dalam bak kontaktor khlor ini air limbah dikontakkan dengan senyawa khlor untuk membunuh micro-organisme patogen. Air olahan, yakni air yang keluar setelah proses khlorinasi dapat langsung dibuang ke sungai atau saluran umum
 Diatas adalah salah satu cara pengolahan air limbah indusri Tahu .

Terimakasih .  

DAFTAR PUSTAKA :
1. Ramadan Fajri, Dampak Industri Tahu Terhadap Lingkungan , 2014
http://fajri-fafa.blogspot.co.id/2014/06/dampak-industri-tahu-terhadap.html ( Diakses pada 04 Februai 2014 )
2.   http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Limbahtt/limbahtt.html (Diakses pada 04 Februari 2014 )
3. http://www.enviro.bppt.go.id/Artikel/Berita/Data/14072010.htm (Diakses pada 04 Februari 2014 )
4. http://dokumen.tips/documents/bod-cod-do.html (Diakses pada 04 Februari 2014 )
5. Nadyacintabiru, Referensi Tentang Kesehatan Lingkungan, 2012
http://nadyacintabiru.blogspot.co.id/2012/10/pengelolaan-anaerob-pada-air-limbah.html 
6. Hidayat Atep, Modul Perkuliahan Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri, 2017


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.