.

Sabtu, 04 Februari 2017

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Pencemaran lingkungan merupakan masalah kita bersama,yg semakin penting untuk diselesaikan,karena menyangkut keselamatn, kesehatan,dan kehidupan kita.siapapun bisa berperan serta daam menyelesaikna masalah pencemaran lingkungan ini.
Permasalahan pencemaran lingkungan yang harus segera kita atasi bersama diantaranya pencemaran air tanah dan sungai, pencemaran udara perkotaan, kontaminasi tanah oleh sampah, hujan asam, perubahan iklim global, penipisan lapisan ozon, kontaminasi zat radioaktif, dan sebagainya.
Untuk mencegah terjadinya pencemaran terhadap lingkungan oleh berbagai aktivitas industri dan aktivitas manusia, maka diperlukan pengendalian terhadap pencemaran lingkungan dengan menetapkan baku mutu lingkungan. Baku mutu lingkungan adalah batas kadar yang diperkenankan bagi zat atau bahan pencemar terdapat di lingkungan dengan tidak menimbulkan gangguan terhadap makhluk hidup, tumbuhan atau benda lainnya.
Pada saat ini, pencemaran terhadap lingkungan berlangsung di mana-mana dengan laju yang sangat cepat. Sekarang ini beban pencemaran dalam lingkungan sudah semakin berat dengan masuknya limbah industri dari berbagai bahan kimia termasuk logam berat.
Pencemaran lingkungan dapat dikategorikan menjadi:
·   Pencemaran Air.

Macam-macam pencemara lingkungan
·         Pencemaran Air
Pencemaran air adalah suatu keadaan disuatu tepat penampugan air seperti danau,sungai,lautan,dan air tanah akibat aktivitas manusia. Walaupun aktifitas alam juga mengakibatkan perubahan yg besar terhadap kualitas air

Contoh pencemaran pada air antara lain penggunaan deterjen dan juga limbah kimia pabrik yang dibuang ke sungai

·         Pencemaran Tanah
Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia manusia masuk kedala tanah. Pencemaran ini biasanya terjadi karena bisa terjadi karena kebocoran limbah cair yg masuk kedalam tanah

·         Pencemaran Udara
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansifisikkimia, atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan, dan tumbuhan, mengganggu estetika dan kenyamanan, atau merusak properti.
Pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi suarapanasradiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokalregional, maupun global.





Cara penanganan limbah
            Penanganan limbah dapat dilakukan dengan remediasi dan bioremideasi yaitu dengan membersihkan tanah yg tercemar. Untuk pencemaran udara yaitu dengan mengurangi kedaraan-kendaraan yg cenderung menghasilkan polusi udara, dan pencemaran air salah satunya dengan mengrangi pengunaan deterjen dan pengolahan limbah cair

Keimpulan:
Dari bebrbagai uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pencemara lingkungan terjadi karena ulh manusia sendiri yg tidak dapat mengolah dan memanfaatkan limbah dengan baik,meskipun juga dapat diakibatkan karena faktor alam
Pencemaran dapat dibedaka menjaadi 3 yaitu pencemaran air tanah dan udara.
Dampak pencemaran lingkungan khususnya bagi kesehatan manusia khususnya akan berdampak pada tingkat  kekebalan tubuh manisia.


















Sumber:
http://duniaparapelajar.wordpress.com/tag/pengertian-pencemaran-lingkungan/
http://1004001.blogspot.com/2012/11/macam-macam-pencemaran-lingkungan.html
http://diratiaraprawiro.blogspot.com/2011/05/pengertian-ddt.html
http://koreansuju.wordpress.com/tugas-gundar/softskill/pencemaran-lingkungan-dan-dampaknya/
http://www.sharemyeyes.com/2013/05/penanggulangan-dampak-pencemaran.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.