.

Sabtu, 21 Januari 2017

ILMU KIMIA


Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi.  Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda. Kimia kadang-kadang disebut sebagai ilmu pengetahuan pusat karena menjembatani ilmu-ilmu pengetahuan alam, termasuk fisika, geologi, dan biologi.
Kimia merupakan ilmu pengetahuan yang membahas perubahan suatu materi. Perubahan suatu materi bisa di dapat oleh gambaran melalui reaksi kimia. Menggunakan reaksi kimia, kita dapat menyingkap perubahan-perubahan aneh yang tersembunyi pada suatu zat.
Kata kimia berasal dari alkimia, sebutan untuk serangkaian praktik pada masa-masa terdahulu yang meliputi unsur-unsur ilmu kimia, metalurgi, filsafat, astrologi, ilmu mistik, dan ilmu pengobatan.  Dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi kimia tidak harus selalu berhubungan dengan laboratorium, kelas perkuliahan atau industri, tetapi telah merambah semua aspek kehidupan.
Oleh karena luasnya bahasan termasuk dalam ruang lingkup kimia, maka para ahli menyebut kimia sebagai pusat dari ilmu pengetahuan.
Cabang Ilmu Kimia
Secara umum, ilmu kimia ada lima cabang yaitu kimia organik, kimia analiitik, kimia anorganik, biokimia, dan kimia fisik.
1.      Kimia organik – ini adalah cabang ilmu kimia yang berkaitan dengan studi senyawa berbasis karbon.
2.      Kimi anorganik – sebuah cabang ilmu kimia yang berhubungan dengan studi logam, gas atau bahan yang tidak mengandung karbon di sebut sebagai kimia anorganik (berlawanan dengan kimia organik)
3.      Kimia fisik – studi gabungan fisika dan kimia di sebut sebgai kimia fisika.
4.      Kimia analitik – adalah bidang ilmu kimia yang mempelajari tentang sifat-sifat materi, bersama dengan komposisi zat dan bahaya yang berbeda.
5.      Biokimia – adalah cabang ilmu yang berkaitan dengan studi tentang proses kimia yang terjadi dalam organisme hidup.
Selain lima cabang ilmu kimia di atas, ada juga beberapa ilmu lainnya, diantaranya :
1.      Kimia Lingkungan: Kimia lingkungan iyalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang interaksi yang melibatkan zat serta reaksi kimia di alam, serta polusi di alam.
2.      Kimia Makanan: Kimia makanan iyalah cabang ilmu kimia yang berfokuskan pada kajian mengenai komposisi kimia, reaksi kimia, serta proses kimia dalam makanan. yang dimaksud meliputi makro nutrisi, mikro nutrisi, dan zat aditif dalam makanan.
3.      Geokimia. Geokimia menggabungkan kimia dan geologi untuk mempelajari pembentukan serta interaksi antara berbagai zat yang terdapat di Bumi.
4.      Kimia agrikultur mempelajari tentang reaksi kimia yang terlibat pada produksi, perlindungan, serta penggunaan dari pertanian dan peternakan. Bidang ini iyalah bidang lintas disiplin yang bergantung dengan berbagai bidang sains lainnya.

Contoh ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari yang sering berhubungan.  Coba perhatikan segala benda di sekitar kita, seperti baju dengan beragam warnanya, plastik dengan beragam bentuk, kertas dengan berbagai ukuran, semen, pupuk, tembaga, besi, karat, bensin dan obat-obatan. Kesemua benda tersebut dihasilkan melalui proses reaksi kimia yang tentu saja membutuhkan ilmu pengetahuan kimia yang memadai untuk melakukan prosesnya.
Manfat mempelajari ilmu kimia :
1.      Pemahaman kita menjadi lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung di dalamnya.
2.      Mempunyai kemampuan untuk mengolah bahan alam menjadi produk yang lebih berguna bagi manusia.
3.      Membantu kita dalam rangka pembentukan sikap..
Secara khusus, ilmu kimia mempunyai peranan sangat penting dalam bidang : kesehatan, pertanian, peternakan, hukum, biologi, arsitektur dan geologi. Dibalik sumbangannya yang besar bagi kehidupan kita, secara jujur harus diakui bahwa perkembangan ilmu kimia juga memberikan dampak negatif bagi kehidupan manusia.

Daftar Pustaka
Modul pekuliahan materi 2
@02 – 2015 – KLPI 02 Standar P.doc

Kimia

Pengertian ilmu kimia dan ruang lingkupnya

Pengertian Kimia Terlengkap

Pengertian Ilmu Kimia dan Bidang-bidang Kimia

Ilmu Kimia





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.