.

Sabtu, 13 Agustus 2016

GO GREEN

Go green adalah tindakan penyelamatan bumi yang saat ini sudah mengalami kerusakan dan pmanasan global akibat dari ulah diri kita sendiri. Go green dapat disebut pula dengan “penghijauan kembali”.

Dengan kemajuan zaman pada saat ini banyak produk yang tidak ramah lingkungan dan dapat merusak alam dan lingkungan karena bnanyak bahan-bahan yang beracun dan berpotensi merusak lingkungan. Selain itu life style dari kita juga berpengaruh terhadap lingkungan seperti  pemakaian AC dan lemari es, banyaknya kendaraan bermotor, penggunaan kantong plastic dll.
Untuk menghadapi kerusakan yang kian bertambah dibumi kita, manusia harus mengadakan perubahan besar, namun perubahan ini bukan hal yang mudah. Namun alangkah baiknya kalau perubahan itu kita mulai dari diri kita masing-masing.
Berikut langkah nyata yang diharapkan dapat diterapkan untuk melaksanakan go green ini antara lain:
1.      Tidak membuang sampah di sembarang tempat.
2.      Penggunaan air bersih seperlunya.
3.      Tanamlah minimal satu pohon setiap orang,
4.      Genakan kertas secara maksimal dengan cara memanfaatkan kedua sisinya.
5.      Hematlah pemakaian listrik seefesien mungkin
6.      Penggunaan transpotasi massal seperti busway, bus, angkot sangat dianjurkan.
7.      Menggunakan transportasi yang bebas emisi gas seperti motor listrik dan sepeda, atau bahkan jalan kaki.
8.      Jangan merokok, selain berguna untuk kesehatan juga mengurangi emisi gas diudara.
9.      Memilah sampah, daur ulang yang dapat dimanfaatkan kembali.
10.  Menghemat air dan sabun saat cuci tangan.
11.  Melakukan pengomposan di rumah.
12.  Daur ulang sampah.
Dunia ini semakin kekurangan pohon dan banyak pohon yang ditebangi untuk keperluan manusia. Semakin banyak pula polusi dan akibat lain yang lebih parah akibat tindakan manusia yang sering merusak alam.
Pengertian reboisasi
Reboisasi adalah penghijauan kembali yang dilakukan untuk mengembalikan alam yang hijau, misalnya dalam satu lokasi hutan yang sudah banyak kehilangan pohon dilakukan penanaman kembali sehingga membuat pohon dihutan kembali normal dan berfungsi sebagai pelindung manusia dalam menyediakan udara, air dan mencegah banjir.
https://www.google.com/search?q=reboisasi&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjc-9eu27zOAhWDu48KHfJoCFcQ_AUICCgB&biw=1366&bih=653#imgrc=KmFxlGfZMwsOJM%3A

Pengertian penghijauan
Penghijauan sebenarnya hampi mirip dengan reboisasi hanya saja system dalam penghiajuan berbeda dengan reboisasi. Jadi penghijauan adalah usaha untuk menanam pohon dan tumbuhan di tempat yang dianggap bias menjadi tumbuh kembang si tumbuhan tersebut. Gerakan penghijauan bias dimulai dari rumah kita sendiri.
https://www.google.com/search?q=reboisasi&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjc-9eu27zOAhWDu48KHfJoCFcQ_AUICCgB&biw=1366&bih=653#imgrc=lZjwaK5gb7ylLM%3A

manfaat reboisasi
adapun manfaat reboisasi adalah untuk menjaga keseimbangan alam karena alam butuh penyeimbng agar manusia hidup dengan baik, selain itu reboisasi bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir, akar dari pohon akan melindungi tanah dan menahan air agar tidak turun kebawah dan menyebabkan banjir. Serta mampu mencegah adanya global  warming.
https://www.google.com/search?q=reboisasi&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ved=0ahUKEwjGyaqs3LzOAhVFt48KHVM0DJ4QsAQILA&biw=1366&bih=609#imgrc=X_JUviC7TYBndM%3A

manfaat penghijauan
ada banyak manfaat penghijauan yang kita peroleh diantaranya adalah sebagai berikut.
1.      Manfaat secara hidrologis
Manfaat penghijauan yang pertama adalah mampu menjaga keseimbangan  system air dialam, dengan adanya banyak pohon yang ditanam itu berarti kita sedang mencegah terjadinya banjir dan tanah longsor. Akar pohon sangat bermanfaat dalam menjaga kesetabilan air dalam tanah.
2.      Manfaat secara orologis
Penghijauan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya erosi dan pengikisan tanah yang dapat menimbulkan bencana alam tanah longsor.
3.      Manfaat secara ekologis
Dan penghijauan mampu menjaga lingkungan menjadi lebih asri, nyaman serta menjadi tempat tinggal yang layak bagi tanaman dan dan hewan didalamnya. Dengan begitu alam pun akan selaras dan menghasilkan apa yang dibutuhkan oleh manusia.
4.      Manfaat secara klimatologis
Yang terakhir adalah manfaat klimatologis, diman penghijauan bias berguna untuk mencegah polusi dan pemanasan global yang sudah terjadi di dunia ini. Tingkat karbondioksida yang sangat tinggi dalam dunia ini mengurangi jumlah oksigen. Sedangkan pohon atau tumbuhan menghasilkan oksigen yang berguna untuk kehidupan dibumi.
Jadi sudah jelas bahwa adanya reboisasi dan penghijauan adalah langkah tepat untuk mengembalikan bumi kita menjadi lebih seimbang. Dengan memiliki banyak tumbuhan dan melindungi hutan tempat penyimpanan air tanah dan unsur tanah, hidup hidup kita akan jauh lebih baik.
Semua mahluk hidup pastinya memerlukan makanan dan supan nutrisi. Hal ini bertujuan agar mereka bias tetap hidup, baik manusia, tumbuhan maupun hewan membutuhkan asupan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang mereka. Hal ini tidak hanya terjadi pada manusia saja, melainkan juga pada tumbuhan sebagai produsen utama di alam ini.
Pengertian pupuk kompos
Pupuk kompos adalah pupuk buatan manusia yang berbahan dasar sisa organi, baik dari tumbuhan maupun hewan. Pupuk kompos biasa dibuat dari sisa dedaunan yang telah jatuh ataupun kotoran hewan seperti kotoran sapi atau kambing . semua orang pasti bias membuat pupuk kompos, karena cara pembuatannya lah sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Anda bias mengambil dedaunan yang telah jatuh dan membusuk kemudian anda taruh dipot atau didekat tumbuhan yang akan diberi pupuk. Dan bila anda ingin membuat pupuk kompos dari kotoran hewan, anda bias mengambil kotoran tersebut dan meletakannya di dekat tumbuhan. Dengan begitu sisa dedaunan atau kotoran hewan akan melakukan penguraian dan penguraian ini baik untuk kesehatan si tumbuhan yang anda beri pupuk tadi. Dengan menggunakan pupuk kompos ini anda telah melakukan kegiatan untuk mendukung kelestarian bumi dan lingkungan. Karena pupuk kompos bias dicerna dengan baik oleh tanah dan bakteri pengurai sehingga tidak meninggalkan ataupun racun dilingkungan.
https://www.google.com/search?q=pupuk+kompos&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiUr5OE3bzOAhWLto8KHRRECXIQ_AUICCgB&biw=1366&bih=609#imgrc=egNZ1O44n7BTXM%3A

Hubungan antar pupuk kompos dengan tumbuhan
Teknik pemberian pupuk kompos ke tumbuhan ini bias membuat tumbuhan lebih sehat dan memiliki asupan nutrisi yang tepat. Sisa organic yang terdapat di pupuk kompos mampu di urai oleh tanah dengan baik sehingga membut tumbuhan lebih subur dan terhindar dari penyakit. Pupuk kompos tidak merusak tanah oleh Karena itu pupuk kompos adalah satu-satunya pupuk ramah lingkungan
Manfaat pupuk kompos untuk tumbuhan
1.      Pupuk kompos memiliki manfaat baik bagi tanah, karena pupuk kompos mampu memperbaiki zat hara yang ada didalam tanah. Dengan begitu tanah tersebut akan tetap subur dan mudah untuk ditanami oleh berbagai tumbuhan.
2.      Pupuk kompos bermanfaat untuk menyuburkan tanaman, dalam pupuk kompos terdapat banayk zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Oleh karena itu jangan sia-siakan sisa kotoran yang bias bermanfaat untuk menyuburkan tanaman.
Referensi:
Hestiyanto, yusman. 2005. Geografi SMA kelas X. Jakarta : ghalia Indonesia
Fitriana, Rina . 2008. Mengenal hutan. Bandung : putra setia.

www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.