.

Senin, 06 November 2023

Titik Leleh dan Beku Zat Padat

 







Titik Leleh dan Titik Beku Zat Padat

Abstrak

Perubahan wujud zat yaitu perubahan termodinamika dari satu fase benda Ke keadaan wujud yang lain. Perbedaan fase ini didasari oleh perbedaan kualitatif dalam sifat baik dengan keadaan padatan zat untuk mempertahankan bentuk dan volumenya. Wujud zat berubah ketika titik tertentu tercapai oleh asam atau senyawa zat tersebut. Titik leleh adalah suhu di mana zat padat berubah menjadi cair. Sementara itu, titik beku adalah suhu di mana cairan berubah menjadi zat padat

Abstract

A change in the state of a substance is a thermodynamic change from one phase of a body to another. This phase difference is based on qualitative differences in good properties with the solid state of the substance to maintain its shape and volume. The form of a substance changes when a certain point is reached by the acid or compound of the substance. Melting point is the temperature at which a solid substance turns into a liquid. Meanwhile, freezing point is the temperature at which a liquid turns into a solid.

Keywords

Wujud Zat, Zat Padat, Titik Leleh, Titik Beku

Pendahuluan

Latar Belakang

Perubahan wujud zat yaitu perubahan termodinamika dari satu fase benda Ke keadaan wujud yang lain. Wujud zat merupakan bentuk-bentuk berbeda yang didapatkan dari berbagai materi berlainan. Pada dasarnya perbedaan fase ini didasari oleh perbedaan kualitatif dalam sifat baik dengan keadaan padatan zat untuk mempertahankan bentuk dan volumenya. Dalam keadaan cairan zat mempertahankan volume tetapi menyesuaikan dengan wadah tersebut. Sedangkan Pada keadaan gas zat mengembang untuk menempati volume yang tersedia.

Perubahan wujud zat dapat terjadi karena adanya peristiwa dan penyerapan kalor. Wujud zat berubah ketika titik tertentu tercapai oleh asam atau senyawa zat tersebut yang biasnya zat tersebut dapat dikuantitaskan dalam angka dan suhu, misalnya pada air untuk menjadi padat harus mencapai titik bekunya dan air menjadi gas dengan harus mencapai titik didihnya. Selain itu, wujud zat juga dapat didefinisikan sebagai keadaan fase. Sebuah transisi fase menandakan perubahan struktur dan dapat dikenali dari perbedaan drastis dari sifat-sifatnya. Perbedaan Wujud zat ini merupakan tiap keadaan termodinamika yang diberikan dari sebuah Transisi fase. Perubahan wujud zat terbagi atas tiga yaitu zat padat, cair dan gas

Rumusan Masalah:

1. Apa itu wujud zat padat ?

2. Penjelasan tentang titik leleh dan titik beku pada zat padat ?

Tujuan:

1. Mengetahui apa itu wujud zat padat.

2. Mengetahui lebih lanjut tentang titik leleh dan beku pada zat padat.

Pembahasan

1. Wujud Zat Padat

Zat padat adalah zat yang mempunyai bentuk dan volume tetap. Zat padat tersusun atas partikel-partikel yang teratur dan mempunyai jarak antarpartikel yang sangat rapat. Gaya tarik-menarik antara partikel zat padat sangat kuat. Hal Ini menyebabkan partikel tidak dapat bergerak secara bebas untuk berpindah tempat, Keadaan ini menyebabkan zat padat dapat mempertahankan bentuk dan volumenya sehingga zat padat selalu mempunyai bentuk dan volume yang tetap contohnya kayu, batu dan besi. ciri-cirinya yaitu memiliki letak Molekul yang sangat rapat, molekulnya berdekatan, molekul penyusunnya sangat kuat sehingga gaya tarik antar molekul sangat kuat, gerakan molekulnya sangat terbatas.

2. Titik Leleh dan Titik Beku

Titik leleh (titik beku) suatu zat adalah temperatur pada fase padat dan cair ada dalam kesetimbangan. Jika kesetimbangan semacam itu diganggu dengan menambahkan atau menarik energi panas, sistem akan berubah Membentuk lebih banyak zat cair atau lebih banyak zat padat. Namun temperatur akan tetap pada titik leleh selama kedua fase itu masih ada (Petrucci, 2010: 1).

Titik leleh adalah suhu di mana zat padat berubah menjadi cair. Sementara itu, titik beku adalah suhu di mana cairan berubah menjadi zat padat

Penutup

Dengan demikian, Titik leleh adalah suhu di mana zat padat berubah menjadi cair, sementara titik beku adalah suhu di mana cairan berubah menjadi padat. Dan perubahan wujud zat terjadi karena adanya penyerapan kalor sehingga terbentuklah 3 wujud zat yaitu Cair, Gas, dan Padat.

Daftar Pustaka

Petrucci, Ralph H.2010. Kimia Dasar.Jakarta.Erlangga.

Nurbury, J.W.2000. Elementary Mechanics &Thermodynamics. Physics Department University of Wisconsin-Milwaukee, Wilwaukee.

Giancolli. Fisika Edisi Kelima. Jakarta:Erlangga, 1999.

Sukardjo. Kimia Fisika. Yogyakarta:Rineka Cipta, 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.