.

Senin, 06 November 2023

Struktur Molekul Kristal Zat Padat

 Struktur Molekul Kristal Zat Padat


Oleh : Bagus Julian Tri Kusuma (@Z20-BAGUS)

Abstrak

     Kristal atau hablur adalah suatu padatan yaitu atommolekul, atau ion yang penyusunnya terkemas secara teratur dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi. Secara umum, zat cair membentuk kristal ketika mengalami proses pemadatan. Pada kondisi ideal, hasilnya bisa berupa kristal tunggal, yang semua atom-atom dalam padatannya "terpasang" pada kisi atau struktur kristal yang sama. Sementara, secara umum, kebanyakan kristal terbentuk secara simultan sehingga menghasilkan padatan polikristalin.

Kata kunci : Kristal, molekul, atom, dan zat padat

Pendahuluan

     Kristal merupakan benda padat yang terbentuk dari komposisi atom-atom, ion-ion atau molekul-molekul dengan susunan berulang dan jarak yang teratur dalam tiga dimensi. Keteraturan susunan tersebut terjadi karena kondisi geometris yang harus memenuhi adanya ikatan atom yang berarah dan susunan yang rapat. Ditinjau dari struktur atom penyusunnya, benda padat dibedakan menjadi tiga yaitu kristal tunggal, polikristal dan amorf.

     Pada kristal tunggal, atom atau penyusunnya mempunyai struktur tetap karena atom-atom atau molekul-molekul penyusunnya tersusun secara teratur dalam pola tiga dimensi dan pola-pola ini berulang secara periodik dalam rentang yang panjang tak berhingga. Polikristal dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari kristal-kristal tunggal yang memiliki ukuran sangat kecil dan saling menumpuk yang membentuk benda padat.


Rumusan Masalah

A.    Apa yang dimaksud dengan Molekul kristal ?

B.    Jelaskan jenis – jenis zat padat !

 

Tujuan

A.    Untuk mengetahui pengertian Struktur kristal

B.    Untuk memahami dan mengetahui jenis – jenis kristal


Pembahasan

A.    Struktur kristal

     Susunan khas atom-atom dalam kristal disebut struktur kristal. Struktur kristal dibangun oleh sel satuan (unit cell) yang merupakan sekumpulan atom yang tersusun secara periodik berulang di dalam kisi ruang. Pada suatu sel satuan, tiga buah sumbu merupakan sumbu kristal teratur yang berhubungan dengan atom atau ion yang sama. Struktur kristal dapat dianggap sebagai tingkat keteraturan tertinggi yang ada pada bahan padat.

     Susunan ini dapat disebut sebagai struktur kisi kristal. Ini terdiri dari komposisi kimia yang dapat ditentukan dan struktur teratur pada tingkat mikroskopis yang menciptakan material 3 dimensi. Seringkali, bentuk geometris 3D dari kisi kristal akan menentukan bentuk kristal bagi mata manusia. Contohnya adalah pada kasus NaCl (garam meja), dimana ikatan ionik antara ion natrium dan klorida bergabung membentuk struktur kisi kristal isometrik pada tingkat mikroskopis, yang secara kolektif membuat mineral tersebut terlihat berbentuk isometric. Oleh karena itu, bentuk struktur kristal pada tingkat mikroskopis sering kali mempengaruhi bentuk 3D keseluruhan material yang kita lihat tanpa mikroskop, contohnya mineral seperti halit (garam meja).




A.    Jenis – jenis zat padat

Zat padat dibagi menjadi 2 jenis yaitu

Ø  Struktur amorfus (amorphous), mempunyai titik lebur yang tidak tegas

Contohnya : kaca, karet, dan plastik

Ø  Struktur kristal (crystalline), mempunyai titik lebur yang tegas dan susunannya teratur.

Kristal non metal : es, karbon, diamond, Nacl, KCL Gula

Kristal Metal : Tembaga, perak, aluminium, magnesium


Kesimpulan

     Struktur kristal merujuk pada tata letak atau susunan atom, ion, atau molekul dalam suatu materi kristalin. Materi kristalin memiliki susunan yang teratur dan terulang, menciptakan pola tiga dimensi yang khas. Struktur kristal ini memainkan peran penting dalam menentukan sifat-sifat fisik dan kimia dari suatu materi.

 

Daftar Pustaka

Vlack, Lawrence H. Van. 2001. Elemen-Elemen Ilmu dan Rekayasa Material, Edisike-6. Jakarta. Erlangga.

Smallman R.E. dan R.J. Bishop,1999. “ Metalurgi Fisik Moderen dan RekayasaMaterial’ Erlangga. Jakarta.

https://fiqrotul.wordpress.com/2011/12/13/logam-lebih-dalam-mengenai-material-logamdiakses pada tanggal 6 November 2023 pukul 18.28

https://www.scribd.com/doc/36253489/PENGERTIAN-LOGAM diakses pada tanggal 6 November 2023 pukul 17.15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.