.

Minggu, 05 November 2023

STRUKTUR MOLEKUL KRISTAL ZAT PADAT

 

Struktur Molekul Kristal Zat Padat

Oleh : Adhitiya Putra Wardhana

(@Z01-ADHITIYA)




Abstrak

            Bahan yang tersusun oleh deretan atom-atom yang teratur letaknya dan berulang(periodik) yang tidak berhingga dalam ruang disebut bahan kristal Kumpulan yang berupaatom atau molekul dan sel ini terpisah sejauh 1 Å atau 2 Å. Kristal dapat dibentuk dari larutan,lelehan, uap, atau gabungan dari ketiganya. Bila proses pertumbuhannya lambat, atom-atomatau pertikel penyusun zat padat dapat menata diri selama proses tersebut untuk mrenempatiposisi yang sedemikian sehingga energi potensialnya minimum. Keadaan ini cenderungmembentuk susunan yang teratur dan juga berulang pada arah tiga dimensi, sehinggaterbentuklah keteraturan susunan atom dalam jangkauan yang jauh.

Pendahuluan

            Bahan padat diklasifikasikan berdasarkan keteraturan antar atom. Susunan antar atom yang berulang dengan jarak atom yang sama besar di sebut kristal. Dimana struktur kristal yang dibentuk oleh zat padat juga dapat dipandang sebagai pola tiga dimensi yang berulang, dengan antar atom terikat satu sama lain. Bentuk kristal yang dibentuk zat padat juga mempengaruhi sifat – sifat yang dimiliki oleh padatan kristal itu sendiri. Terdapat banyak jenis dari struktur kristal, struktur kristal dapat membentuk susunan relatif simple yang kompleks sehingga dapat membentuk kristal padatan yang utuh seperti keramik dan polimer.

Rumusan Masalah

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan struktur kristal!

2. Jelaskan perbedaan kisi bravais dan non - bravais! 

3. Apa yang dimaksud sel satuan?

4. Jelaskan jenis - jenis zat padat!

Tujuan

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami struktur apa saja yang terdapat di dalam strukur kristal zat padat.

Pembahasan

1. Struktur Kristal

        Susunan khas atom-atom dalam kristal disebut struktur kristal. Struktur kristal dibangunoleh sel satuan (unit cell) yang merupakan sekumpulan atom yang tersusun secara khusus,secara periodik berulang dalam tiga dimensi dalam suatu kisi kristal (crystal lattice). Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa sebuah Kristal Ideal disusun olehsatuan-satuan struktur yang identik secara berulang-ulang yang tak hingga didalam ruang.Untuk menggambarkan struktur kristal ini dapat digambarkan/dijelaskan dalam istilah – istilah : Lattice (kisi) dan sebuah Basis yang ditempelkan pada setiap titik lattice (titik kisi). Kisi kristal : adalah sebuah susunan titi-titik yang teratur dan periodik di dalam ruang. Basis : sekumpulan atom, dengan jumlah atom dalam sebuah basis dapat berisi satuatom atau lebih. Atau secara singkatnya adalah struktur kristal terdiri dari kisi dan basis, Struktur kristal akan terjadi bila ditempatkan suatu basis pada setiap titik kisi sehingga struktur kristalmerupakan gabungan antara kisi dan basis. Apabila dinyatakan dalam hubungan dua dimensiadalah sebagai berikut:




2. Perbedaan Kisi Bravais dan Non Bravais

        Terdapat 2 kisi yaitu, kisi bravais dan non – bravais. Dalam kisi bravais, seluruh titik kisi adalah ekivalen, artinya kisi bersifat invariant terhadap operasi simetri translasi. Dengan demikian semua atom dalam kristal harus sejenis, Sedangkan kisi non bravais terdapat beberapa titik kisi yang tidak ekivalen.

        

3. Sel Satuan

        Ketika menerangkan struktur kristal, atom (atau ion) dilukiskan sebagai bola padatdan model ini disebut dengan model bola keras atom dimana setiap bola akan menyinggung bola terdekat. Susunan atom pada kristal padat memperlihatkan bahwa sekelompok kecilatom membentuk pola yang berulang. Karena itu dalam menerangkan struktur kristal, lebihmudah untuk membagi struktur ke dalam kesatuan kecil yang berulang yang disebut selsatuan. Sel satuan pada sebagian besar struktur kristal berbentuk jajaran genjang atau prismayang mempunyai tiga set permukaan yang sejajar, dimana dalam hal ini sebuah kubus.



4. Jenis - Jenis Zat Padat

        Zat padat dibagi menjadi 2 jenis yaitu

·       Struktur amorfus (amorphous = noncrystalline), mempunyai titik lebuy tang tidak tegas

·       Struktur kristal (crystalline), mempunyai titik lebur yang tegas dan susunannya teratur.


    

Contoh amorfus yaitu

·       Kaca, plastic, gelas dan fleiglas

Contoh kristal yaitu

·       Kristal non metal : es, karbon, diamond, Nacl, KCL Gula

·       Kristal Metal : Tembaga, perak, aluminium, magnesium

Kesimpulan

            Berdasarkan uraian artikel diatas dapat disimpulkan bahwa Struktur kristal dibangun oleh sel satuan (unit cell) yang merupakan sekumpulan atom yang tersusun secara khusus,secara periodik berulang dalam tiga dimensi dalam suatu kisi kristal (crystal lattice). Struktur kristal terdiri dari kisi dan basis, kisi kristal dibagi menjadi 2 yaitu kisi bravais dan non bravais.

Daftar Pustaka

Cahya, V. (2014). Struktur kristal zat padat. Retrieved from https://www.slideshare.net/vincentcahya/struktur-kristal-zat-padat (Diakses pada 5 November 2023)

DRS. PARNO, M. (2006). FISIKA ZAT PADAT. Retrieved from https://www.slideshare.net/IfanBachdim/zat-padat-parno (Diakses pada 5 November 2023)

Kristanto, D. (2017). STRUKTUR KRISTAL. Retrieved  from https://www.academia.edu/32575902/STRUKTUR_KRISTAL (Diakses pada 4 November 2023)

Oktafiani, M. E. (2014). PENGANTAR FISIKA ZAT PADAT (struktur Kristal). Retrieved from https://www.academia.edu/6402506/PENGANTAR_FISIKA_ZAT_PADAT_struktur_Kristal_ (Diakses pada 4 November 2023)

Sirmas Munte, S. M. (2016). STRUKTUR KRISTAL PADATAN. Retrieved from https://abdulkadir.blog.uma.ac.id/wp-content/uploads/sites/260/2019/10/Pertemuan-5-MT-Struktur-Kristal-Padatan.pptx  (Diakses pada 5 November 2023)

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.