.

Senin, 09 Oktober 2023

 Ikatan Ionik

 

 
oleh : Aisyah Imelia Wardhani (41623010020)

ABSTRAK

    Ikatan kimia adalah jenis gaya yang mengikat dua atom menjadi satu. Bentuk daya tarik ini menciptakan gaya tarik-menarik antara inti dua atom, yang menghasilkan pembagian atau pemindahan elektron di antara keduanya. Ikatan kimia dapat bervariasi dalam kekuatannya dan dapat berupa ikatan kovalen atau ikatan ionik. Ikatan kovalen melibatkan pembagian elektron antar atom, sedangkan ikatan ionik melibatkan pertukaran atau transfer elektron dari satu atom ke atom lainnya. 

Kata kunci: ikatan kimia ikatan ionik

PENDAHULUAN

Definisi ikatan ionik adalah salah satu jenis ikatan kimia yang terbentuk oleh adanya tarikan elektrostatik antara dua atom dengan muatan yang berbeda. Seperti yang kita tahu bahwa pada keadaan normal, atom memiliki muatan netral. Namun beberapa jenis atom memiliki kemampuan untuk melepaskan elektron atau menangkap elektron lain.

Atom yang melepaskan elektron akan menjadi bermuatan positif atau disebut sebagai kation. Sedangkan atom yang menangkap elektron akan menjadi bermuatan negatif dan disebut sebagai anion. Kedua atom bermuatan ini dapat saling tarik menarik karena adanya muatan yang berbeda pada kedua atom tersebut. Ketika tarik menarik mendekatkan kedua atom dan menghubungkan kedua atom, maka ikatan yang terjadi antara atom tersebut adalah ikatan ionik.

RUMUSAN MASALAH

1. Apa itu devinisi ikatan ionik?

2. Sebutkan ciri-ciri ikatan ionik!

TUJUAN

1. Memahami apa itu ikatan ionik

2. Memahami ciri-ciri ikatan ionik

PEMBAHASAN

A. Pengertian 

Ikatan ionik , disebut juga ikatan elektrovalen , jenis ikatan yang terbentuk dari gaya tarik elektrostatis antara ion-ion yang bermuatan berlawanan dalam suatu senyawa kimia . Ikatan seperti itu terbentuk ketika elektron valensi (terluar) dari satu atom ditransfer secara permanen ke atom lain. Atom yang kehilangan elektron menjadi ion bermuatan positif (kation ), sedangkan yang memperolehnya menjadi ion bermuatan negatif (anion ). Ikatan ion biasanya terbentuk ketika perbedaan keelektronegatifan kedua atom sangat besar, sedangkan ikatan kovalen terbentuk ketika keelektronegatifan serupa.  Ada syarat tertentu yang harus dipenuhi suatu atom untuk membentuk suatu ikatan ionik. Jika suatu jenis atom tidak memenuhi persyaratan tersebut maka atom tersebut tidak dapat membentuk ikatan ionik dan mungkin dapat membentuk ikatan kovalen ataupun ikatan logam.

B. Sifat Ikatan Ion

Adapun untuk sifat-sifat ikatan ion, diantaranya;

1. Ikatan ion adalah yang terkuat dari semua ikatan

2. Ikatan ion memiliki pemisahan muatan, sehingga ikatan ini paling reaktif dari semua ikatan di media yang tepat

3. Molekul ikatan ion memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi

4. Molekul ikatan ion dalam larutan airnya atau dalam keadaan cair adalah konduktor dalam energi listrik yang baik. Hal ini disebabkan adanya ion yang berperan sebagai pembawa muatan

5. Ikatan ion memiliki sifat keras dan mudah patah

C. Ciri-ciri ikatan ionik

1. Senyawa ikatan ion mempunyai titik didih dan titik leleh yang tinggi. 

Akibatnya adanya gaya tarik antar molekul yang kuat hal tersebutlah yang menyebabkan ikatan ion memiliki titik leleh dan titik didih yang lebih tinggi dibandingkan dengan senyawa lain yang terbentuk dengan selain ikatan ion.

2. Lelehan dan larutannya dapat menghantarkan arus listrik

Senyawa yang terbentuk akibat adanya ikatan ion memiliki ciri khas yang unik yaitu dlam bentuk atau wujud larutan (aquos) dan wujud lelehan (liquid) ternyata dapat menghantarkan listrik. Namun dalam bentuk padat senyawa yang terbentuk dari ikatan ion tidak dapat menghantarkan listrik.

3. Terjadi serah terima elektron, atom yang satu melepaskan elektron dan yang lain menerima elektron

Terjadi serah terima elektron dalam ikatan ion untuk mencapai posisi elektron stabil (kaidah gas mulia) dengan adanya serah terima elektron pada ikatan ion tersebut.

4. Pada umumnya unsur pembentuknya adalah unsur logam dan nonlogam

Ikatan ion merupakan ikatan yang terjadi transfer elektron atau serah terima elektron antara unsur satu dengan unsur lain, yaitu pada logam atau ion positif (kation) dengan ion negatif (anion).

5. Senyawa berbentuk kristal 

senyawa ion ketika berbentuk padatan atau solid memiliki bentuk kristal yang teratur seperti senyawa hidrat namun dalam bentuk padatan tidak dapat menghantar arus listrik.


D. Berikut contoh ikatan ionik dan senyawa ionik :

NaBr : natrium bromida

KBr         : kalium bromida

NaCl : natrium klorida

NaF     : natrium fluorida

KI     : kalium iodida

KCl     : kalium klorida

CaCl 2 : kalsium klorida

K 2 O : kalium oksida

MgO : magnesium oksida

Perhatikan bahwa senyawa ionik diberi nama dengan kation atau atom bermuatan positif yang ditulis sebelum anion atau atom bermuatan negatif. Dengan kata lain, lambang unsur logam ditulis sebelum lambang bukan logam.

KESIMPULAN 

Pada arikel ini dapat disimpulkan bahwa ikatan ionik adalah salah satu jenis ikatan kimia yang terbentuk oleh adanya tarikan elektrostatik antara dua atom dengan muatan yang berbeda. Seperti yang kita tahu bahwa pada keadaan normal, atom memiliki muatan netral. Namun beberapa jenis atom memiliki kemampuan untuk melepaskan elektron atau menangkap elektron lain.

Memiliki ciri-ciri:

1. Senyawa ikatan ion mempunyai titik didih dan titik leleh yang tinggi. 

2. Lelehan dan larutannya dapat menghantarkan arus listrik

3. Terjadi serah terima elektron, atom yang satu melepaskan elektron dan yang lain menerima elektron

4. Pada umumnya unsur pembentuknya adalah unsur logam dan nonlogam

5. Senyawa berbentuk kristal 

SOAL

1. Mengapa ikatan ion lebih kuat dibandingkan dengan iktan kovalen? Jelaskan secara singkat

2. Iktan ionik sering disebut juga sebagai?

Jawab

1. Ikatan ion terjadi karena adanya gaya tarik-menarik elektrostatis antara ion positif dengan ion negatif sedangkan ikatan kovalen terjadi karena pemakaian bersama pasangan elektron.

2. Ikatan elektrovalen

DAFTAR PUSTAKA

Britannica, T. Editor Ensiklopedia (2023, 8 Agustus). ikatan ionik . Ensiklopedia Britannica .  https://www.britannica.com/science/ionic-bond 

Pangestu. Aji. 2022, 5 Maret. Pengertian ikatan  ionik, ciri, sifat, dan contohnya. https://www.pakarkimia.com/ikatan-ionik/ 

Helmenstine, Anne Marie, Ph.D. "Contoh Ikatan dan Senyawa Ionik." ThoughtCo, 28 Agustus 2020. https://www.thoughtco.com/examples-of-ionic-bonds-and-compounds-603982#  

Majid, Al Naufal. Ciri Ikatan Ion Berserta Penjelasannya. Tugassains.com.  21 Juni 2021. https://www.tugassains.com/2020/12/ciri-ikatan-ion-beserta-penjelasannya.html

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.