.

Minggu, 10 September 2023

PROSES ANALISIS MATERI (UNSUR & SENYAWA, SIFAT FISIKA & SIFAT KIMIA

RIZKY APRILIA SUDRAJAT
@Z16-RIZKY,Tugas Pekan 1

PROSES ANALISIS MATERI

(Unsur & Senyawa, Sifat Fisika & Sifat Kimia)

Unsur

Unsur adalah zat yang tidak dapat diuraikan menjadi zat yang lebih sederhana secara kimia biasa. Unsur terdiri atas satu macam atom. Lambaang unsur menurut Jons Jacob Berzelius, diambil dari huruf depan ilmiah, huruf pertama unsur yang bersangkutan. Ada dua macam penulisan lambang unsur sebagai berikut.
a. Menggunakan satu huruf terdepan dari nama ilmiah ditulis dengan huruf capital. Contoh unsur karbon dilambangkan C.
b. Menggunakan dua huruf nama ilmiah, huruf pertama ditulis dengan huruf capital, huruf kedua ditulis dengan huruf kecil. Contoh unsur natrium dilambangkan Na.

Contoh tabel:

Senyawa

Senyawa adalah gabungan dari dua macam atau lebih unsur yang berbeda melalui reaksi kimia. Ciri-ciri senyawa sebagai berikut.
a. Senyawa dapat terbentuk dari unsur-unsur melaui reaksi kimia.
b. Unsur-unsur penyusun senyawa kehilangan sifat asalnya setelah membentuk senyawa.
c. Senyawa dapat dipisahkan menjadi unsur-unsur kembali dengan cara reaksi kimia, tetapi tidak dapat dipisahkan secara fisika.
d. Komponen-komponen (unsur) penyusun senyawa mempunyai perbandingan tetap .
e. Pembentukan senyawa melibatkan energi.
Contoh senyawa yaitu Natrium Klorida (garam dapur) yang dilambangkan dengan NaCI.

Campuran

Campuran adalah materi yang terdiri atas beberapa zat yang berbeda dan masih memiliki sifat-sifat asalnya. Ciri-ciri senyawa sebagai berikut.
a. Terdiri atas dua jenis zat tunggal atau lebih.
b. Mempunyai sifat asalnya.
c. Tidak mempunyai komposisi tetap.
d. Komponen-komponen penyusunnya dapat dipisahkan secara fisika Contoh campuran adalah baja yang merupakan campuran antara besi dengan karbon. Contoh lainnya, bila garam dapur dilarutkan dalam air, maka akan terbentuk campuran antara air dengan garam yang disebut larutan garam.

Campuran antara zat terlarut dengan zat pelarut dapat dibedakan menjadi homogen (larutan), koloid, dan campuran heterogen (suspensi). Ukuran partikel koloid berada diantara larutan dan suspensi. Larutan mempunyai ukuran partikel kurang dari 10-7cm. Koloid mempunyai ukuran partikel antara 10-7 -10-5 cm.

¬¬

SIFAT-SIFAT FISIKA & KIMIA SERTA PERUBAHANNYA

Sifat Fisika zat

Sifat fisika zat adalah ciri khas yang dimiliki suatu zat, tetapi tidak berhubungan dengan pembentukan zat baru. Sifat ini di peroleh dari hasil pengamatan dan pengukuran. Sifat fisika zat sebagai berikut.
a. Kelarutan Kelarutan adalah kemampuan suatu zat untuk melarut dalam suatu pelarut. Contoh garam dapat larut dalam air.
b. Kemagnetan Kemagnetan adalah kemampuan suatu logam untuk dipengaruhi oleh medan magnet. Jenis logam yang dapat ditarik oleh medan magnet dengan baik disebut feromagnetik, contoh besi. Jenis logam yang kurang dapat ditarik oleh medan magnet disebut paramagnetik, contoh alumunium. Jenis logam yang menolak medan magnet disebut diamagnetik, cotoh emas.
c. Daya Hantar Daya hantar adalah kemampuan suatu zat untuk menghantarkan arus listrik atau panas disebut daya hantar listrik atau daya hantar panas. Zat yang dapat menghantarkan arus listrik disebut konduktor. Zat yang tidak dapat atau sulit menghantarkan arus listrik atau panas disebut isolator.
d. Kekerasan Ukuran untuk menentukan keras lunaknya diukur dengan sekala Mohs disebut kekerasan. Kemampuan zat untuk bertahan terhadap goresan juga dapat disebut kekerasan, contoh intan memiliki kekerasan lebih tinggi dibanding emas.
e. Titik Didih Titik didih adalah suhu terandah saat zat mulai mendidih, contoh titik didih air 100oC.
f. Titik leleh Titik leleh adalah suhu terndah saat suatu zat meleleh, contoh titik leleh emas 1.064,18oC.
g. Bau Bau adalah gas yang dikeluarkan oleh suatu zat, contoh hidrogen sulfida berbau telur busuk.
h. Warna Warna berhubungan dengan besar panjang gelombang yang dipantulkan oleh permukaan zat kemata kita, contoh arang berwarna hitam.
i. Rasa Rasa berhubungan dengan komposisi didalam zat, contoh gula berasa manis.

Sifat Kimia Zat

Sifat kimia suatu zat adalah ciri khas yang yang dimiliki suatu zat dan berhubungan dengan terbentuknya zat baru. Sifat kimia sebagai berikut.
a. Keterbakaran Keterbakaran merupakan sifat dapat tidaknya suatu zat terbakar, contoh kertas dapat dibakar membentuk gas dan abu, sedangkan air tidak dapat dibakar.
b. Pembusukan Pembusukan adalah peristiwa membusuknya suatu zat akibat reaksi kimia. Contoh sampah dedaunan membusuk menjadi pupuk kompos.
c. Kereaktifan Kereaktifan adalah mudah tidak suatu zat breaksi dengan zat lain, contoh besi dengan oksigen menjadi karat besi.
d. Daya Ionisasi Daya Ionisasi adalah mudah tidaknya suatu zat ionisai menjadi partikel-partikel bermuatan listrik saat dilarutkan kedalam air.

Perubahan Fisika

Perubahan Fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat baru. Perubahan fisika meliputi perubahan bentuk dan ukuran, perubahan wujud, perubahan karena pelarutan dan pengeringan, perubahan karena adanya pemanasan atau arus listrik, dan perubahan volume. Contoh perubahan fisika yaitu kayu diubah menjadi lemari, kursi, atau meja. Meskipun telah berubah bentuk dan ukuran, sifat zat-zat penyusun kayu tetap sama.

Perubahan Kimia

Perubahan Kimia adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat baru. Perubahan kimia meliputi proses pembakaran, pencampuran zat, peragian, pembusukan, proses biologis makhluk hidup dan perkembangan. Contoh singkong jadi tapai. Tapai yang terbentuk dari peragian singkong memiliki zat-zat penyusun yang berbeda dengan zat-zat penyusun singkong.

LATIHAN SOAL!!!

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi di atas, kerjakanlah latihan berikut!
1) Manakah diantara zat-zat ini yang tergolong unsur:
a) emas b) Perak c) Perunggu d) Aluminium e) udara f) air g) karbon h) Karet i) besi j) belerang
2)Apakah yang dimaksud dengan senyawa?Sebutkan contoh senyawa yang ada disekitar Anda!
3) Apakah larutan garam termasuk campuran?

Petunjuk jawaban!

1) Zat yang termasuk unsur adalah emas, perak, aluminium, karbon, besi dan belerang, sedangkan udara merupakan campuran air, karet adalah senyawa
2) Senyawa adalah gabungan dua atau lebih unsur, dimana perbandingan antara atom-atom penyusun selalu tetap.Contoh: Air-H2O; amoniak- NH3; pupuk urea- CO(NH2)2
3) Garam adalah termasuk campuran homogen atau larutan.

Daftar pustaka:

http://infostudikimia.blogspot.com/2023/09/tugas-pekan-1.html?m=1 https://pustaka.ut.ac.id/
http://www.chem.qmul.ac.uk/iupac/2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.