.

Minggu, 17 September 2023

MODEL ATOM TERKINI

Muhammad Reza Gunawan                                                                                                                            NIM: 41623010022                                                                                                                                @Z11-Reza


Pengertian Atom

Pada dasarnya, setiap material yang ada didunia ini pasti mempunyai bagian yang paling kecil, lalu jika bagian kecil itu dibelah lagi, maka akan terdapat bagian yang lebih kecil lagi. Nah, bagian kecil dari bagian yang terkecil itulah disebut dengan atom.

Atom itu sendiri bisa dikatakan sebagai penyusun materi yang ada. Secara sederhana atom bisa diartikan seperti itu. Selain itu, dalam dunia sains, atom memiliki perkembangan pada atom merupakan hasil evaluasi dari teori atom sebelumnya.

Pengertian pasti diawali dengan katanya. Sama halnya dengan atom, kata atom itu sendiri berasal dari kata yunani, atomos. Atomos berarti tidak dapat dibagi-bagi. Sementara itu, pengertian atom berbeda-beda.

Struktur Atom: kompleksi dalam skala kecil

Struktur atom melibatkan inti atom yang terdiri dari pohon dan neutron di pusat, dikelilingi oleh orbital elektron. Model ini sering disamakan dengan tata surya, di mana inti atom mirip dengan matahari dan elektron bergerak mengelilinya seperti planet. Elektron berada dalam level energi tertentu yang disebut kulit.


5 Macam model atom dan perkembangannya

 

  • Model Atom Dalton
Model atom yang paling sederhana adalah model atom dalton, yang dikemukakan oleh John Dalton, seseorang ilmuwan berkebangsaan inggris. Menurut model atom ini, atom merupakan bola pejal yang tidak bermuatan. Selain itu, menurut teori atom ini,  atom merupakan kesatuan terkecil yang tidak bisa di bagi-bagi lagi. Unsur kimia yang berbeda akan memiliki jenis atom yang berbeda-beda.

Sayangnya, teori Dalton tidak dapat menjelaskan bagaimana dalam sebagai bola pejal dapat menghantarkan arus listrik. Teori Dalton dianut hingga ratusan tahun kemudian hingga akhirnya dipatahkan oleh ilmuwan setelahnya.

Secara garis besar, teori atom John Dalton:

  • Atom adalah bagian terkecil dari suatu materi yang sudah tidak bisa dibagi-bagi.
  • Partikel-partikel penyusun atom mempunyai zat yang sama.
  • Atom unsur tertentu tidak bisa berubah menjadi unsur lain.
  • Dua atom atau lebih dapat bersenyawa atau bereaksi membentuk molekul.


  • Model Atom Thomson 
Model atom ini ditemukan oleh Joseph John Thompson. Model atom Thompson berbentuk seperti roti kismis. Hal itu dikarenakan atom merupakan bola padatbermuatan positif dengan partikel negatif (elektron) yang tersebar didalamnya. Selain itu, muatan positif dan negatif pada atom tersebut jumlahnya sama. Model atom ini dibuktikan dengan penelitian Thomson yang menggunakan sinar tabung katoda.

Sayangnya, model atom Thomson ini tidak dapat menjelaskan susunan muatan positif dan negatif dalam atom.

Secara garis besar, teori atom yang diungkapkan oleh Joseph John Thomson dapat disimpulkan menjadi beberapa hal, yaitu:

  • Atom bukanlah bagian terkecil dari suatu partikel.
  • Secara keseluruhan, atom mempunyai sifat yang netral.
  • Massa elektron lebih kecil dari pada massa atom.
  • Atom yang bermuatan positif akan tersebar seluruh atom, lalu dinetralkan oleh elektron-elektron.


  • Model Atom Rutherford
Model atom Rutherford dikemukakan oleh Ernest Rutherfod pada tahun 1911. Dalam teori ini, setiap atom mengandung inti atomyang bermuatan positif dengan elektron yang mengelilingi dalam lintasannya. Selain itu, massa atom ini terpuas di inti atom dan sebagaian besar volume atom tersebut merupakan ruang hampa, hal ini dibuktikan dari hasil percobaan penembakan logam oleh sinar alpha, yang dikenal juga dengan Percobaan Geiger-Mersden.

Secara garis besar, teori atom Rutherford dapat dibagi menjadi beberapa poin, yaitu:
  • Atom tersusun dari inti atom (nukleus) dan elektron yang mengitarinya.
  • Muatan positif atau massa atom terpusat didalam inti antom.
  • Atom bersifat netral. Hal ini dikarenakan jumlah muatan yang ada pada inti atom sama dengan jumlah muatan elektron.
  • Penyebaran partikel alfa tidak dipengaruhi oleh awan elektron.



  • Model Atom Bohr

Model atom Bohr dicetuskan oleh Nais Bohr dan Ernest Rutherford pada tahun 1913. Dalam model atom Bohr, dinyatakan bahwa atom terdiri dari intti atom yang mengandung proton dan neutron dan dikelilingi oleh elektron yang beputar dalam orbitnya (tingkat energi tertentu). Orbit ini dikenal sebagai kulit atom.

Namun model atom Bohr memiliki radius dan orbit. ini tidak sesuai dengan prinsip ketidakpastian Heisenberg yang menyatakan radius tidak bisa ada bersamaan dengan orbit. Selain itu, model atom Bohr juga tidak menjelaskan Efek zeeman adalah ketika garis spektrum terbagi karena adanya medan magnet.

Jika diambil secara garis besar, teori atom Niels Bohr terdapat beberapa poin-poin penting, diantaranya:

  • Adanya lintasan stasioner yang memiliki energi tertentu. Lintasan stasioner adalah lintasan-lintasan tertentu tanpa membebaskan energi yang diputari oleh atom.
  • Tidak ada energi dalam bentuk radiasi yang dipancarkan atau diserap ketika elektron berada dalam lintasan stasioner.
  • Apabila elektron menyerap energi dari luar, maka elektron itu akan naik ke kulit yang lebih tinggi, lalu akan kembali pada kulit yang semula dengan memancarkan energi radiasi.
  • Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan lainnya. Jika elektron berpindah dari lintasan dengan energi tinggi. Saat terjadi perpindahan, elektron akan menyerap energi.


  • Model Atom Mekanika Kuantum

Atom Mekanika Kuantum merupakan model atom yang paling modern. Atom terdiri dari inti atom bermuatan positif dan awan-awan elektron yang mengelilinya daerah kebelahjadian ditemukannya elektron orbital.

Prinsip tersebut kurang lebih berbunyi "Tidak mungkin dapat ditentukan kedudukan dan momentum suatu benda secara seksama pada saat bersamaan. Yang dapat ditentukan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti atom".

Awan elektron di sekitar inti menunjukan tempat kebolehjadian elektron. Orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama atau nyaris sama akan membentuk sub-kulit. Dengan demikian, kulit terdiri dari beberapa orbital. Menurut teori ini, ada empat jenis orbital s, p, d, f.   

Secara ringkas, teori atom Erwin Schrodinger atau "model atom modern" memiliki beberapa hal penting, yaitu:

  • Atom mempunyai kulit yang dimana setiap kulitnya dan subkulit.
  • Lintasan elektron adalah sebuah ruang bukan berupa garis.
  • Gelombang adalah pergerakan elektron dalam lintasannya.
  • Kedudukan elektron tidak bisa ditentukan dengan pasti.


PERTANYAAN:

  1. Apa dsar atom?
  2. Seperti apa bentuk atom?

JAWAB:

  1. Atom adalah suatu satuan dasar materi, yang terdiri atas inti atom serta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinya.
  2. Model atom yang paling sederhana adalah model atom dalton, yang dikemukakan oleh John Dalton, seseorang ilmuwan berkebangsaan Inggris. Menurut model ini, atom merupakan bola pejal yang tidak bermuatan. Selain itu, menurut teori atom ini, atom merupakan kesatuan terkecil yang tidak bisa dibagi lagi.


DAFTAR PUSTAKA:

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-atom/

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/perkembangan-model-atom-dalton-thompson-rutherford-bohr-dan-mekanika-kuantum

https://umsu.ac.id/artikel/teori-atom-pengertian-struktur-dan-perkembangan-4-macam-model-atom/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.